Sukses

2 Cara Menghitung Median, Pahami Juga Pengertian dan Contohnya

Simak cara menghitung median, beserta dengan pengertian dan contoh soalnya.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat dua cara menghitung median yang bisa dilakukan, cara menghitung median ini dibagi berdasarkan data yang ada yaitu dengan data tunggal ganjil dan data tunggal genap. Median merupakan salah satu materi dasar dalam ilmu matematika yang menunjukan nilai tengah setelah semua data diurutkan.

Dalam matematika cara menghitung median penting untuk mengukur pemusatan data, dimana nilai median ini memisahkan separuh lebih tinggi dari separuh bawah suatu data, populasi atau distribusi probabilitas. Bersama dengan mean dan modus, median merupakan bagian penting dalam statistika.

Cara menghitung median ini penting untuk pemprosesan data. Umumnya selain cara menghitung median, langkah lain yang perlu dilakukan untuk memproses data adalah dengan mencari nilai mean dan modus dari data yang ada.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara menghitung median, beserta dengan pengertian dan contoh soalnya, Kamis (6/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Median

Median adalah angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan, naik atau turun dan dapat lebih deskriptif dari kumpulan data tersebut daripada rata-rata. Ini adalah titik di atas dan di bawah di mana setengah (50 persen) data yang diamati dan dengan demikian mewakili titik tengah data.

Median adalah angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan dan dapat lebih menggambarkan kumpulan data tersebut daripada rata-rata. Median kadang-kadang digunakan sebagai lawan dari mean ketika ada outlier dalam urutan yang mungkin mencondongkan nilai rata-rata.

Jika terdapat bilangan ganjil, maka nilai tengahnya adalah bilangan yang berada di tengah, dengan jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atas. Jika jumlah angka dalam daftar genap, pasangan tengah harus ditentukan, dijumlahkan, dan dibagi dua untuk menemukan nilai median.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Median adalah angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan. Untuk menentukan nilai median dalam suatu barisan bilangan, terlebih dahulu bilangan-bilangan tersebut harus diurutkan, atau disusun, dalam urutan nilai dari terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah.

Median kadang-kadang digunakan sebagai lawan dari mean ketika ada outlier dalam urutan yang mungkin mencondongkan nilai rata-rata. Median suatu barisan dapat lebih sedikit dipengaruhi oleh outlier daripada mean.

3 dari 4 halaman

Cara Menghitung Median

Cara menghitung median dapat dibagi menjadi du acara tergantung dengan data yang ada, yaitu dengan data tunggal ganjil dan data tunggal genap. Cara menghitung median juga bisa dengan melalui rumus median untuk data yang banyak. Dengan menggunakan rumus median, nilai tengah dari himpunan bilangan yang tersusun dapat dihitung.

Untuk menemukan ukuran tendensi sentral ini, komponen-komponen grup harus ditulis dalam urutan naik. Rumus median bervariasi berdasarkan jumlah pengamatan dan apakah itu ganjil atau genap. Kumpulan rumus berikut akan membantu dalam menemukan median dari data yang diberikan.

1. Median untuk jumlah Pengamatan Ganjil

Sangat mudah untuk menemukan median untuk dataset dengan jumlah kecil, yang memiliki jumlah pengamatan ganjil.

Misalnya. Median dari 2, 5, 8 adalah 5

 

2. Median untuk Jumlah Pengamatan Genap

Jika kumpulan data genap, maka nilai rata-rata atau rata-rata untuk dua angka di tengah disebut median dari kumpulan data yang diberikan.

Misalnya. Median 4, 5, 6 dan 7 adalah mean dari 5 dan 6, yaitu 5,5.

 

3. Rumus Median

Terdapat juga rumus untuk mencari median dengan menggunakan rumus median, rumus untuk mencari median dari dataset yang banyak dengan jumlah data ganjil bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

Median = {(n+1)/2} suku ke

Jika jumlah pengamatan yang diberikan genap, maka rumus untuk mencari median diberikan oleh:

Median = [(n/2) suku ke- + {(n/2)+1} suku ke -]/2

Di mana,"n" adalah jumlah pengamatan.

4 dari 4 halaman

Contoh Soal Median

Contoh 1:

Tentukan median untuk dataset yang diberikan:

5, 7, 4, 8, 6

Cara menghitung median:

Dataset yang diberikan: 5, 7, 4, 8, 6

Di sini, jumlah pengamatan ganjil, yaitu, 5 pengamatan diberikan.

n = 5

Sekarang, atur angka dalam urutan menaik

4, 5, 6, 7, 8

Rumus untuk menghitung median untuk pengamatan ganjil adalah:

Median = {(n+1)/2} suku ke-

Median = {(5+1)/2} suku ke-

Median = suku ke- 3

Di sini, suku ke-3 adalah 6.

Oleh karena itu, median untuk dataset yang diberikan adalah 6.

 

Contoh 2:

Tentukan median untuk dataset yang diberikan:

4, 7, 3, 8, 6, 2

Cara menghitung median:

Dataset yang diberikan: 4, 7, 3, 8, 6, 2

Di sini, jumlah pengamatan genap, yaitu, 6 pengamatan diberikan.

n = 6

Sekarang, atur angka dalam urutan menaik

2, 3, 4, 6, 7, 8

Rumus untuk menghitung median untuk pengamatan ganap adalah:

Median = [(n/2) suku ke- + {(n/2)+1} suku ke -]/2

Median = [(6/2) suku ke- + {(6/2)+1} suku ke -]/2

Median = (suku ke-3 + suku ke-4 ) /2

Di sini, suku ke-3 adalah 4 dan suku ke-4 adalah 6

Jadi, median = (4+6)/2 = 10/2 = 5

Oleh karena itu, median untuk dataset yang diberikan adalah 5.

 

Demikian informasi tentang cara menghitung median, beserta dengan pengertian dan contoh soal untuk menghitung median. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.