Sukses

12 Wisata Anak di Bogor yang Bagus dan Menarik, Cocok untuk Liburan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Wisata anak di Bogor menyediakan berbagai atraksi yang menarik dan dapat mengedukasi anak sambil menikmati liburan. Bogor merupakan salah satu destinasi tempat liburan keluarga yang populer di kalangan wisatawan.

Tidak hanya menyajikan wisata alam, kota hujan ini juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang cocok untuk liburan bersama dengan keluarga. Banyak tersedia tempat wisata anak di Bogor yang bisa dikunjungi, yang cocok untuk mengisi waktu liburan sekolah.

Tidak hanya berlibur tempat wisata anak di Bogor juga akan memberi edukasi yang menyenangkan dan menarik, hal ini akan membuat waktu liburan anda dan keluarga akan lebih berkesan dan bermanfaat. Disini orang tua bisa mengajak anaknya berpetualang di alam, bermain air, bermain game, mengenal berbagai flora dan fauna, dan lain sebagainya.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata anak di Bogor yang bagus dan menarik untuk dikunjungi, Jumat (16/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Anak di Bogor yang Bagus dan Menarik

1. Kebun Buah Mekarsari

Wisata anak di Bogor yang pertama adalah kebun buah mekarsari. Kebun Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat konservasi buah tropis terbesar di dunia. Tempat wisata ini cocok untuk mengajak anak-anak berpetualang sambil mengenal berbagai macam buah-buahan.

Kebun buah ini menyediakan fasilitas wisata taman buah dan wisata bermain. Wisata taman buah terdiri dari taman dan perkemahan tropis. Sementara tur bermain menawarkan wahana outbond anak-anak, petualangan ATV, dan istana balon. Ada juga wahana permainan air yaitu Water Kingdom.

 

2. Telaga Warna

Telaga Warna juga dikenal dengan danau warna-warni. Hal ini karena airnya yang bisa berubah warna kapan saja.  Terdapat tempat outbound di sekitar bagi anda yang suka berpetualang dan rumah pohon bagi anda yang ingin melihat danau cantik ini dari atas.

Telaga Warna juga menawarkan penginapan untuk pengunjung, dimana anda bisa merasakan sensasi bangun di pagi hari dengan kicau burung dan angin sepoi-sepoi pegunungan. Pastikan untuk memesan kamar jauh sebelum kedatangan, karena anda mungkin akan kehabisan selama akhir pekan atau musim liburan.

 

3. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata anak di Bogor ini terletak tepat di tengah kota Bogor. Bisa dibilang tempat ini adalah oase di tengah kota. Tempat ini sendiri sangat terkenal tidak hanya di kalangan penduduk lokal saja tetapi juga para wisatawan lain yang datang ke Bogor. Kebun Raya Bogor sendiri menjadi salah satu ikon kota Bogor yang tak terpisahkan.

Selain sebagai oase di tengah kota Bogor, tempat ini juga merupakan tempat bersejarah. Kebun Raya Bogor sendiri merupakan salah satu dari beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi di Kota Bogor. Selain bisa menikmati udara sejuk, anda juga bisa jalan-jalan sambil melihat beberapa situs budaya yang ada di tempat ini.

3 dari 5 halaman

Wisata Anak di Bogor yang Bagus dan Menarik

4. Taman Safari Bogor

Selain menikmati indahnya tanaman bunga di Kebun Raya Bogor, anda juga bisa mengunjungi satwa langka dari Indonesia dan beberapa negara lain di Taman Safari Bogor. Tempat tersebut menghadirkan lebih dari 2.000 spesies hewan, di antaranya Harimau Benggala, Gajah, Singa, Burung, Mamalia, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba sensasi melihat aktivitas hewan di malam hari menggunakan kereta mini. Sepanjang perjalanan anda akan mendapatkan penjelasan dari petugas tentang hewan yang anda lihat. Bagi anda yang penasaran dengan tempat ini, anda bisa mengunjungi kawasan Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

 

5. The Jungle Water Adventure

Bogor juga memiliki objek wisata berupa taman rekreasi air bernama The Jungle Water Adventure. Tempat ini menawarkan banyak wahana permainan yang seru. Taman Rekreasi ini terletak tidak jauh dari gerbang Tol Bogor, lebih tepatnya di Bogor Nirwana Residence Residence, Jalan Dreded Pahlawan, Cibeureum, Bogor, Jawa Barat.

Setelah memasuki objek wisata ini anda akan disuguhi dengan puluhan wahana air yang dijamin bisa memberikan keseruan lebih untuk liburan anda. Selain itu, di tempat ini juga terdapat Bioskop 4D dan Taman Burung yang bisa menjadi alternatif setelah puas bermain air.

 

6. Air Terjun Ciherang Bogor

Bogor juga memiliki beberapa wisata alam yang sayang untuk dilewatkan bersama keluarga. Salah satunya adalah Curug Ciherang. Curug atau Air Terjun Ciherang memiliki daya tarik berupa panorama dan suasana alam yang begitu memukau. Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat jembatan dan rumah pohon yang sangat Instagramable,

Jika anda berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk mengabadikan momen di jembatan dan rumah pohon Curug Ciherang. Kemudian untuk harga tiket masuk, setiap wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah ditambah biaya parkir kendaraan mulai dari 5.000 hingga 15.000 rupiah.

4 dari 5 halaman

Wisata Anak di Bogor yang Bagus dan Menarik

7. Air Terjun Cipamingkis

Curug Cipamingkis menawarkan keindahan alam yang memukau lengkap dengan suasana alam khas pegunungan dan kicauan burung yang mampu membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Tempat wisata ini dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Kota Bogor, sehingga wajar saja jika fasilitas yang tersedia di tempat ini bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari toilet umum, kamar mandi, area parkir yang luas, dan gazebo.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana kolam renang dan outbound yang bisa dicoba oleh anak-anak. Bagi anda yang ingin berfoto selfie, pengelola Curug Cipamingkis juga telah menyediakan berbagai spot foto yang unik dan instagramable untuk berfoto bersama dengan keluarga.

 

8. Little Venice

Wisata anak di Bogor selanjutnya adalah Little Venice. Di area seluas 125 hektar anda akan disuguhi sebuah bangunan yang mengusung konsep kota terapung Venesia. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik bersama pasangan selama berada di Little Venice, salah satunya adalah berkeliling menggunakan perahu gondola.

Harga tiket masuk Little Venice di Bogor adalah 25.000 rupiah, bagi anda yang ingin berkeliling menggunakan gondola boat harus membayar biaya tambahan sebesar 20.000 rupiah. Saat berlibur di tempat ini jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga karena terdapat banyak spot foto menarik di Little Venice.

 

9. Kota Bunga Estate

Kota Bunga Estate merupakan tempat wisata anak di Bogor selanjutnya yang wajib anda kunjungi, ada banyak tipe villa yang bisa disewa. Dari rumah Inggris kuno hingga pondok bergaya Jepang, jangan ragu untuk memilih dari pilihan yang tak ada habisnya. Villa estate ini terletak di Cipanas, Puncak dan juga menyediakan fasilitas untuk menjamin kenyamanan anda.

Disini terdapat sejumlah fasilitas penunjang yang cocok untuk anak-anak anda seperti kolam renang, lapangan tenis, taman hiburan mini, kebun binatang mini, peternakan menunggang kuda, dan banyak fasilitas lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

5 dari 5 halaman

Wisata Anak di Bogor yang Bagus dan Menarik

10. De Ranch Mega Mendung

Tidak hanya di Bandung, anda dan keluarga juga bisa mengunjungi De Ranch Mega Mendung Bogor. Lokasi destinasi wisata ini berada di Jalan Raya Puncak, Cianjur No.428, Leuwimalang, Cisarua, Kopo, Bogor. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, De Ranch Mega Mendung hanya dikenakan biaya Rp 20.000 per orang.

Ada banyak permainan, seperti panahan mini, pacuan kuda, taman kelinci, dan lain-lain. Tak ketinggalan, ada spot keren untuk berfoto. Destinasi wisata Bogor ini juga terkenal dengan bangunan dan tamannya seperti di Belanda. Pastikan datang pada pagi hari agar tidak terjebak macet saat menuju kemari.

 

11. Bukit Ranggon

Destinasi wisata lain yang cocok untuk wisata anak di Bogor adalah Bukit Ranggon. Wisata ini berlokasi di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor. Bukit ini ditata dengan berbagai pilihan spot instagenic untuk berfoto. Oleh karena itu untuk anda yang suka selfie wajib mengunjungi Bukit Rangoon.

Tiket masuknya hanya Rp10.000 per orang. Disini sudah disediakan jasa fotografer yang akan membantu anda mengabadikan gambar. Jangan lupa berpose di atas meja kursi yang mengapung seperti ayunan.

 

12. Devoyage Bogor

Ada banyak tempat wisata anak di Bogor yang wajib anda kunjungi di kota hujan, salah satunya adalah Devoyage Bogor. Ini adalah tempat yang bagus untuk liburan keluarga. Banyak orang menyebut destinasi ini sebagai desa Eropa karena banyak terdapat rumah warna-warni dengan desain yang bagus.

Tempat ini memiliki luas kurang lebih 1,5 hektar dengan banyak spot foto yang instagramable. Anda bahkan dapat menemukan miniatur menara Eiffel di sini. Jika anda merasa lapar, ada banyak restoran yang bagus yang menyediakan makanan enak. Selain kegiatan rekreasi, anda juga dapat menikmati BBQ malam di sini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS