Sukses

27 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Minuman Aman dan Berkhasiat

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang wajib disimak.

Liputan6.com, Jakarta Temulawak merupakan salah satu tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman Ini adalah salah satu rempah yang paling sehat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan, membantu untuk mencegah kanker juga menjaga fungsi hati.

Temulawak ini juga sering digunakan sebagai rempah dalam masakan maupun teh herbal. Kandungan serta manfaat temulawak untuk kesehatan dapat meredakan mual dan muntah serta menjaga sistem pencernaan. Antioksidan serta nutrisi temulawak, dapat mencegah atau mengobati radang sendi, peradangan, hingga berbagai jenis infeksi. 

Temulawak juga bisa digunakan segar, kering, bubuk, atau sebagai minyak serta jus. Manfaat temulawak untuk kesehatan tidak hanya berkhasiat untuk mencegah penyakit, namun membantu merawat kulit wajah, serta menyamarkan noda hitam pada wajah. Kandung kurkumin yang terdapat pada temulawak bisa Anda peroleh dengan rutin mengonsumsi racikan temulawak. 

Berikut ini manfaat temulawak untuk kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

1. Sistem Imun

Manfaat temulawak untuk kesehatan memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun. Temulawak sangat aman untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan antioksidan, yang membantu dalam menjaga sistem imun, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya, termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman.

2. Kanker

Manfaat temulawak juga membantu menyembuhkan tubuh dari penyakit kanker, karena memiliki sifat anti radang sehingga membantu mencegah perkembangan sel-sel yang menjadi pemicu kanker. Manfaat temulawak untuk kesehatan, memiliki peran penting mencegah jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan payudara. Dengan mengolah temulawak untuk dikonsumsi secara teratur, maka dapat mencegah penyakit berbahaya.  

3. Kolesterol

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga membantu menurunkan kadar kolesterol, karena terdapat kandungan kurkumin dalam tanaman temulawak. Dengan kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung, sehingga memicu dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung. 

4. Osteoarthritis

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan juga dapat mengurangi Osteoarthritis atau peradangan yang terjadi pada persendian. Saat sendi terasa sakit dan kaku, maka dengan mengonsumsi temulawak membantu mengurangi radang pada sendi. Osteoarthritis juga pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine yang menyatakan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen untuk menyembuhkan sakit pada sendi. 

5. Kurangi Lemak

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga sangat berpengaruh dengan metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri adalah salah satu proses penguraian asam lemak, hingga menjadi energi tubuh. Dengan mengonsumsi temulawak, maka kandungan yang dimiliki membantu mengurangi lemak pada tubuh.

6. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan nselanjutnya juga sangat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Dengan khasiat yang dimiliki oleh temulawak, diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Temulawak memiliki efek antioksidan dan anti radang yang dapat menekan stres oksidatif serta peradangan, juga mampu serta berperan penting dalam meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

7. Mencegah serangan jantung

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga bisa mencegah serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Kerusakan yang terdapat pada endotelium membuat peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga mengalami pembekuan darah. Oleh sebab itu, kandungan kurkumin pada temulawak memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

8. Sebagai obat diuretik alami

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga bisa menjadi obat diuretik secara alami. Dalam temulawak, terdapt zat yang bisa membersihkan tubuh dari garam berlebih dan merangsang ginjal untuk melepaskan natrium ke urin yang dikeluarkan tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi temulawak, membuat tubuh dapat mencegah penyakit gagal jantung juga masalah pada hati.

9. Meringankan nyeri haid

Manfaat temulawak untuk kesehatan salah satunya meringankan nyeri haid yang dialami oleh hampir kebanyakan wanita. Temulawak yang diolah menjadi minuman ini, menjadi obat diuretic alami, juga meringankan nyeri haid. Temulawak yang dingin, membuat tubuh terasa rileks dan perlahan-lahan nyeri haid akan hilang. 

10. Mengatasi masuk angin

Ketika mengalami perut kembung akibat masuk dapat diatasi dengan mengonsumsi temu awak.  Temulawak untuk kesehatan dapat mampu mengatasi masuk angin karena memiliki kandungan piridoksin yang membantu mencegah masuk angin.

11. Demam

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi demam. Selain mengatasi masuk angin, bisa juga untuk mengatasi demam, hanya dengan merebus temulawak, dan mengonsumsi maka sangat membantu dalam mengatasi demam yang berlebihan pada tubuh.

12. Radang Rahim

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga sangat berfungsi mengurangi serta mencegah radang yang terjadi di rahim.Selain mengatasi demam, khasiat temulawak juga bisa membantu rahim yang terkena radang, hanya dengan mengonsumsi temulawak secara teratur setelah melahirkan.

13. Dispepsia

Saat mengalami dispepsia, maka konsumsi temulawak secara teratur untuk terhindar dari kondisi tubuh yang tidak nyaman. Diketahui temu lawak memiliki khasiat untuk mengatasi keluhan dispepsia atau rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa penuh.

14. Mengatasi sakit jangka panjang

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya, dapat mengatasi sakit jangka Panjang akibat sindrom iritasi. Dengan mengonsumsi temulawak secara rutin saat sakit, maka kondisi perut yang tidak nyaman dalam jangka panjang pada usus besar, yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar atau IBS dapat teratasi dengan baik.

15. Fungsi hati

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh dalam menjalankan fungsi hati juga organ hati. kandungan kurkumin yang terdapat dalam temu lawak mencegah sel-sel hati berlemak, dan dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati. Tidak heran jika kemudian, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

4 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak Lainnya

Selain membantu tubuh mencegah kanker dan dapat menjalankan fungsi hati, manfaat temulawak lainnya yang bisa Anda peroleh adalah: 

- Dengan mengonsumsi temulawak, dapat melembapkan kulit.

 

- Temulawak juga membantu meremajakan kulit wajah.

- Dengan konsumsi temulawak, maka akan mengatasi jerawat membandel.

- Temulawak memiliki khasiat mencerahkan kulit wajah. 

- Manfaat temulawak juga membuat kulit tampak lebih halus.

- Manfaat temulawak juga membantuk untuk samarkan noda hitam. 

- Temulawak juga membantu mengatasi peradangan

- Temulawak juga membantu menambah nafsu makan.

- Manfaat temulawak juga melancarkan sistem pencernaan. 

- Manfaat mengonsumsi temulawak dapat mencegah penyakit maag.

- Manfaat temulawak juga menjaga stamina.

- Manfaat temulawak membantu untuk mengatasi penyakit pada sendi. 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Temulawak

Temulawak dapat diolah menjadi minuman yang berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya dengan membuat jamu. 

Adapun bahan:

- 100 gram temulawak

- 40 gram asam kawak tanpa biji

- 200 mililiter air matang

- 4 lembar daun pandan

- 200 gram gula aren

- 20 gram jintan

- 50 gram kencur

- Siapkan 2 liter air

Cara membuat jamu:

- Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah siapkan temulawak dan kencur kemudian diris tipis-tipis agar keluar sarinya.

- Setelah diiris, jangan lupa untuk sangrai temulawak dan kencur hingga beberapa saat.

- Temulawak dan kencurbisa  dicampurkan denga asam kawak, jinten dan 200 mililiter air matang, lalu haluskan dengan menggunakan blender.

- Langkah selanjutnya, rebus gula aren dan daun pandan sampai gula menjadi larut, kemudian masukkan campuran temulawak ke dalam rebusan air gula dan pandan.

- Setelah itu, aduk sampai benar-benar rata, lalu saring campuran tersebut dan hidangkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini