Sukses

35 Wisata di Kota Bandung Paling Populer, Lengkap Dengan Tiket Masuknya

rekomendasi tempat wisata di Kota Bandung yang cocok untuk menghabiskan liburan, lengkap dengan harga tiket masuknya

Liputan6.com, Jakarta Wisata di kota Bandung memang tidak ada habisnya. Menjadi salah satu kota besar di Indonesia, tempat wisata di kota Bandung menyajikan beragam atraksi liburan yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi, sambil melepas penat setelah seminggu penuh bekerja.

Terkenal dengan keindahan alamnya, tempat wisata di kota Bandung menyajikan beragam destinasi mulai dari pegunungan, air terjun, perkebunan, pemandian air panas, kawah hingga gua. Setiap destinasi memiliki keindahan dan keunikan yang belum tentu bisa dilihat di tempat wisata lain.

Setelah melewati minggu yang panjang dengan bekerja dan sekolah, menghabiskan waktu liburan di tengah-tengah alam yang asri dan menyenangkan menjadi salah satu pilihan favorit bagi banyak orang. Memiliki keindahan alam yang memukau, tempat wisata di kota Bandung menjadi salah satu pilihan yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai referensi bagi anda yang berkunjung ke Bandung, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022). Rekomendasi tempat wisata di kota Bandung yang cocok untuk healing bersama keluarga dan teman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah sebuah taman hiburan yang membentang di atas lahan seluas 4,2 hektar. Ada lebih dari 20 wahana yang akan membuat perjalanan anda di sini akan sangat menyenangkan. Salah satu wahana teratas di taman hiburan ini adalah Yamaha Race Coaster. Roller coaster ini melaju dengan kecepatan 200 km/jam, bergerak maju dan mundur, memberikan waktu yang menyenangkan bagi pengendaranya.

Harga Tiket: Rp280.000

 

2. Mal Paris Van Java

Mal Paris Van Java adalah mal paling terkenal di Bandung yang terletak di Jalan Setiabudi. Mal berkonsep modern ini membentang di atas tanah seluas 5.000 meter dan merupakan rumah bagi hampir 200 merek lokal maupun internasional. Mal ini juga memiliki area jalan terbuka yang sangat menyenangkan untuk jalan-jalan sore sambil melihat-lihat toko.

Harga Tiket: Gratis

 

3. Taman Konservasi Rusa

Taman Konservasi Rusa ini adalah taman berukuran sedang yang terletak di Kampung Cai Ranca Upas. Anda akan masuk ke area tertutup di mana anda bisa memberi makan dan bersama hewan-hewan ini dari dekat. Selain itu pengunjung juga dapat berfoto bersama dengan hewan-hewan disini.

Harga Tiket: Rp10.000

 

4. Air Terjun Cimahi

Air Terjun Cimahi adalah air terjun tertinggi di Bandung dengan ketinggian 87 meter. Terletak tepat di sebelah jalan raya, untuk sampai kesini, anda harus menuruni 500 anak tangga. Pada malam hari, air terjun ini berubah warna menjadi technicolor karena lampu led yang terintegrasi ke dalam air yang mengalir,

Harga Tiket: Rp25.000

 

5. Taman Rekreasi Dusun Bambu

Dusun Bambu Leisure Park adalah taman dengan konsep unik yang akan membuat orang tenggelam dalam budaya Sunda. Di dalam taman, anda akan menemukan pasar, resor, tempat berkemah, dan berbagai bangunan yang dibangun untuk kegiatan di luar ruangan.

Harga Tiket: Rp25.000

3 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

6. Grafika Cikole

Merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di kaki gunung. Grafika Cikole terletak di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Disini pengunjung dapat mencoba berbagai wahana mencakup flying fox 250 m, jembatan tali, jembatan goyang, dan tebing setinggi 15 m.

Harga Tiket: Rp20.000

 

7. Tahura Juanda

Tahura atau Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda merupakan Taman Wisata Alam (TWA). Awalnya hutan ini merupakan bagian dari Hutan Lindung Gunung Pulosari.Di kawasan Tahura banyak terdapat tempat wisata. Ada Tebing Keraton, Curug Omas, Gua Jepang, Gua Belanda, dan Ir. H. Juanda. Selain mengunjungi spot-spot tersebut, pengunjung juga bisa berwisata kuliner dan melakukan trekking di kawasan ini.

Harga Tiket: Rp15.000

  

8. Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan pusat sentra alat musik tradisional bambu. Tempat ini memfasilitasi pertunjukan musik tradisional, sentra produksi kerajinan bambu serta laboratorium pendidikan bagi mereka yang tertarik mempelajari dan melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda.

Harga Tiket: Rp40.000

 

9. Chinatown

Chinatown Bandung adalah salah tempat wisata di kota Bandung yang wajib dikunjungi. Terletak di pusat kota Bandung, situs ini akan membawa anda ke merasakan nuansa budaya Cina, dengan arsitektur Cina, kuil-kuil cantik dan museum dengan berbagai lentera tergantung di halamannya. Tempat ini juga merupakan surga makanan yang menaungi beberapa masakan Cina terbaik di Bandung.

Harga Tiket: Rp30.000

 

10. Rabbit Town

Rabbit Town adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Bandung. Atraksi utama disini adalah rumah bagi 30 lebih set indoor dan outdoor yang dibuat untuk lokasi berfoto para pengunjung bersama keluarga. Ada juga bagian yang cocok untuk anak-anak, di mana mereka dapat berinteraksi dan memberi makan ikan, monyet, burung dan tentunya kelinci.

Harga Tiket: Rp45.000

4 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

11. Taman Impian Dago

Dengan lahan seluas 13 hektar, Dago Dream Park menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi di Bandung. Terinspirasi oleh budaya Jawa, Bali dan Sunda, ada banyak atraksi dan spot berfoto di sekitarnya. Ada satu wahana yang harus anda coba yaitu karpet ajaib terbang.

Harga Tiket: Rp20.000

 

12. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang adalah taman unik dengan bangunan-bangunan Eropa yang dibangun di sekitar area. Sebagai taman hiburan alam pertama di Bandung, tempat ini memiliki berbagai restoran, toko barang dagangan, toko kostum, dan banyak latar belakang yang indah untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp25.000

 

13. Kawah Putih

Wisata di kota Bandung berikutnya adalah kawah putih. Terbentuk dari letusan Gunung Patuha, kawah besar ini terletak 2.430 meter di atas permukaan laut dengan suhu yang sedikit dingin. Dikelilingi oleh hutan lebat, danau ini sesekali diselimuti kabut putih yang menciptakan suasana mistis dan memukau.

Harga Tiket: Rp75.000

 

14. Kota Mini

Kota mini adalah tempat wisata di Kota Bandung yang harus dikunjungi selanjutnya. Dipenuhi dengan bangunan bergaya Eropa, ada banyak hal yang dapat dilakukan dan dilihat di sini. Anda juga bisa menyewa kostum Belanda dan bermain peran dengan anak-anak atau teman anda.

Harga Tiket: Rp25.000

 

15. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya yang juga dikenal sebagai Curug Maribaya oleh penduduk setempat. Terletak di tengah tanaman hijau subur, air terjun maribaya menyajikan keindahan alam yang berbeda. Tempat ini juga dikenal dengan sumber air panas alaminya, yang memungkinkan orang untuk berenang santai di air setelah capek mendaki ke air terjun.

Harga Tiket: Rp35.000

5 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

16. Taman Pelangi

Wisata di Kota Bandung selanjutnya adalah taman Pelangi. Disini pengunjung akan dikelilingi pegunungan dan deretan petak bunga warna-warni. Yang mana tentu menjadi pengalaman yang sangat menyegarkan untuk anda yang menyukai menghabiskan waktu di alam.

Harga Tiket: Rp10.000

 

17. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan adalah salah satu hidden gem Bandung dan tempat yang populer di kalangan wisatawan. Banyak orang akan datang jauh untuk melihat sungai berwarna pirus dengan mata kepala sendiri. Lengkapi diri anda dengan alas kaki yang tepat karena jalur menuju sungai bisa sangat licin.

Harga Tiket: Rp10.000

 

18. Sendang Geulis Kahuripan

Nama Sendang Geulis Kahuripan berarti 'kolam pemberi kehidupan'. Dimana kolam ini membawa kehidupan bagi alam sekitarnya dan juga bagi penduduk setempat yang bergantung pada sumber air ini. Meskipun tempat ini tidak mudah untuk ditemukan, tetapi begitu anda sampai di sana, Anda akan terpesona oleh pemandangan dan air yang biru.

Harga Tiket: Rp10.000

 

19. Taman Lembah Dewata 

Taman ini menampilkan nuansa alam dengan danau di tengahnya dan dikelilingi oleh pemandangan gunung yang sangat indah. Tempat ini adalah tempat favorit penduduk setempat untuk bersantai dan menghilangkan stres setelah seminggu bekerja. Ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di sini, seperti piknik, berperahu, dan juga menunggang kuda.

Harga Tiket: Rp10.000

 

20. Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu terletak di antara pegunungan kapur Singgalang dan akan membutuhkan perjalanan 30 menit untuk sampai ke sana. Gunung Hawu adalah formasi batuan yang indah dan diklaim memiliki salah satu pemandangan matahari terbit terbaik. Aktivitas lain yang harus anda coba selama berada di sini adalah beristirahat di hammock yang bertengger di kedua ujung tebing yang menjulang tinggi.

Harga Tiket: Gratis

6 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

21. Landmark Braga

Landmark Braga adalah simbol dari sejarah Bandung, yang juga menjadi tempat menyimpan sejarah dan budaya Bandung. Landmark Braga juga dikenal sebagai Bandoeng Tempo Doeloe (Bandung Versi Lama). Gedung-gedung tua yang kokoh berdiri hingga saat ini membawa pengunjung kembali ke masa lalu.

Harga Tiket: Gratis

 

22. Gedung Sate

Gedung Sate juga merupakan bangunan tua karena dibangun pada tahun 1920-an. Saat itulah bangunan ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Belanda dan biasanya disebut sebagai Gouvernements Bedrijven. Gedung Sate sekarang dikenal sebagai Gedung Putih Bandung. Alhasil, orang-orang kini berkunjung ke Gedung Sate untuk melihat sejarah dan budayanya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Harga Tiket: Gratis

 

23. Museum Geologi

Museum Geologi merupakan salah satu tempat wisata di Kota Bandung yang wajib dikunjungi. Museum ini menampilkan fosil beberapa makhluk purba mulai dari Homo Erectus, fosil replika Tyrannosaurus Rex Osborn dan batuan mineral.

Harga Tiket: Rp10.000

 

24. Museum Konferensi Asia-Afrika

Kunjungan anda ke Bandung tidak akan lengkap sebelum pergi ke Konferensi Monumen Asia-Afrika. Dibangun menggunakan arsitektur Deco Art, museum ini menggunakan marmer Italia di lantainya dan diterangi oleh lampu kristal di seluruh bagiannya. Sentuhan klasik museum ini terlihat jelas dari kayu Cikenhout-nya.

Harga Tiket: Gratis

 

25. Hutan Anggrek

Orchid Forest adalah tempat wisata di Bandung yang fokus memperkenalkan dan membudidayakan berbagai tanaman anggrek. Di sini setidaknya ada 157 jenis anggrek yang dikembangkan. Orchid Forest menyuguhkan berbagai wahana dan aktivitas menarik bagi para wisatawan. Mulai dari berbagai permainan hingga pertunjukan. Beberapa atraksi di Orchid Forest adalah: Wood Bridge, Garden Of Light, permainan Balad Lodaya, dan Eagle Camping Ground.

Harga Tiket: Rp40.000

7 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

26. Pasar Terapung Lembang

Floating Market Lembang menghadirkan sensasi hiburan di atas kapal. Tempat ini mengadaptasi konsep pasar terapung yang ada di Kalimantan atau Thailand sehingga anda akan mendapatkan pengalaman baru berbelanja dengan menggunakan kapal.

Harga Tiket: Rp15.000

 

27. Ladang Mini Laktasari

Laktasari mini farm menawarkan konsep farm baru berupa simulasi pertanian tradisional di mall modern yaitu mall Paris Van Java. Umumnya pengunjung utama tempat ini adalah anak-anak karena memberikan edukasi dan hiburan tentang cara bertani. Ada empat area utama yang bisa dinikmati anak-anak, yaitu area kambing, sapi, domba, dan kelinci.

Harga Tiket: Rp60.000

 

28. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Tempat wisata di Kota Bandung yang selanjutnya adalah Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Tempat wisata edutainment ini memungkinkan orang tua dan guru untuk mengajarkan anak-anak tentang rambu lalu lintas dan etika berkendara. Dirancang khusus berdasarkan konsep edutainment, semua properti diatur dengan aman sehingga tidak membahayakan anak-anak saat melakukan simulasi berkendara.

Harga Tiket: Rp5.000

 

29. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata legendaris yang terletak di utara pusat kota Bandung. Sebuah rumor Legendaris mengatakan bahwa gunung berapi ini berasal dari kapal terbalik di cerita lama Sangkuriang. Selain sisi legendarisnya, Tangkuban Perahu juga menawarkan pemandangan yang bagus, udara segar dan pengalaman yang luar.

Harga Tiket: Rp20.000

 

30. Situ Patenggang

Situ Patenggang menawarkan destinasi wisata di Kota Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Situ Patenggang sendiri merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh taman pohon besar dan beberapa air terjun kecil. Di tengah danau, anda akan menemukan sebuah pulau kecil yang indah yang disebut Pulau Cinta (Pulau Cinta) di mana masyarakat setempat percaya itu adalah tempat pertemuan antara dua kekasih.

Harga Tiket: Rp15.000

8 dari 8 halaman

Wisata di Kota Bandung Paling Populer,

31. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah atau Village of Elephant merupakan pusat wisata terpadu. Disini anda dapat bermain dan menikmati berbagai permainan di dalamnya yang berjumlah sekitar 20 jenis utama. Spot kuliner dan gerai fashion juga tersedia di sekitar. Kampung Gajah Wonderland adalah tempat hiburan yang lengkap yang cocok untuk wisata keluarga.

Harga Tiket: Rp15.000

 

32. Pemandian Air Panas Sari Ater

Pemandian Air Panas Sari Ater adalah satu lagi tempat wisata di Kota Bandung yang sayang jika tidak dikunjungi. Mandi air hangat dari mata air alami gunung berapi akan membuat tubuh dan jiwa menjadi segar kembali. Anda dapat memilih satu atau lebih dari lima kolam renang umum, tetapi jika anda ingin lebih banyak kolam pribadi, anda dapat membayar lebih untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Harga Tiket: Rp30.000

 

33. Punclut

Puncak Ciumbuleuit atau Punclut. Merupakan salah satu tempat wisata di bandung yang menjadi favorit masyarakat. Punclut terletak sekitar 7 km dari pusat kota Bandung. Di kawasan Punclut terdapat berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Kebanyakan adalah kafe yang menawarkan pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Harga Tiket: Gratis

 

34. Kebun Stroberi Ciwidey

Kebun Stroberi Ciwidey terletak di Jalan Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung. Hamparan kebun strawberry yang tertata rapi sangat indah untuk dinikmati pengunjung. Selain itu, sajian strawberry segar dengan berbagai ukuran juga sangat menggoda untuk dipetik. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar. Pengunjung hanya perlu membayar jika ingin memetik dan membawa strawberry.

Harga Tiket: Gratis

 

35. Taman Begonia

Taman Begonia merupakan tempat wisata di Kota Bandung yang memadukan wisata alam, wisata selfie, dan edukasi. Daya tarik utama Taman Begonia adalah taman bunga yang mempesona. Yang akan memanjakan mata pengunjung. Di taman ini setidaknya ada sekitar 50 jenis bunga. Membuatnya sangat indah untuk dilihat.

Harga Tiket: Rp30.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.