Sukses

Handstand Adalah Berdiri Terbalik dengan Dua Tangan, Begini Cara Melakukannya

Handstand adalah gerakan berdiri terbalik menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan.

Liputan6.com, Jakarta Handstand adalah salah satu gerakan dalam senam lantai. Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan gerakan di lantai dan menggunakan matras sebagai alasnya. Matras berguna untuk mengurangi cedera saat melakukan olahraga tersebut.

Handstand adalah gerakan berdiri terbalik menggunakan kedua tangan. Gerakan senam lantai ini dapat bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh. Meskipun begitu, anda perlu menguasai teknik dasarnya sebelum melakukan handstand.

Handstand adalah gerakan senam lantai yang bisa menjadi olahraga harian di rumah. Baik dilakukan sebagai permainan, dalam senam atau latihan yoga. Bagi anda yang masih pemula, penting untuk melakukannya dengan bantuan pelatih supaya tidak salah dalam membuat tumpuan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian handstand beserta cara melakukan dan manfaatnya bagi tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Handstand

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa handstand adalah berdiri terbalik dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuannya. Handstand mengharuskan kalian berdiri memakai kedua tangan yang tegak lurus.  Handstand adalah gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara kepala di bawah dan kaki berada di atas. Hal tersebut tentu menuntut keseimbangan dan kekuatan tangan yang maksimal.

Perlu diingat bahwa handstand ini harus dilakukan di lantai atau permukaan yang keras. Tujuannya agar keseimbangan tubuh dapat terjaga. Tujuan utama latihan gerakan senam handstand adalah melatih keseimbangan tubuh, memperkuat otot lengan, sekaligus otot perut.

3 dari 5 halaman

Cara Melakukan Handstand

Setelah mengetahui handstand adalah berdiri terbalik dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan, anda perlu mengetahui cara melakukannya yang benar. Berikut ini cara melakukan handstand adalah:

1. Sikap permulaan dalam gerakan handstand adalah berdiri tegak, dengan salah satu kaki dimajukan. Dan kedua telapak tangan lurus dengan posisi terbuka.

2. Bungkukkan badan, tangan menumpu pada matras selebar bahu lengan, pandangan sedikit ke depan, pantat didorong setinggi-tingginya, tungkai depan bengkok sedangkan tungkai belakang lurus.

3. Pertahankan sikap dan posisi tersebut, dengan menjaga keseimbangan tubuh.

4. Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut hingga kaki kiri ikut terangkat.

5. Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis dengan badan dan lengan, pandangan di antara tumpuan tangan, badan dijulurkan ke atas.

4 dari 5 halaman

Manfaat Handstand Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui pengertian handstand dan cara melakukannya, anda perlu mengetahui manfaat dari handstand tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Membangun Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Handstand membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas dan ini akan membangun otot-otot besar yang digunakan untuk mempertahankannya. Otot ini termasuk pectoralis mayor dada, bagian depan pundak, anterior deltoids dan bagian belakang bahu, deltoids posterior.

2. Membangun Kekuatan Inti

Salah satu manfaat terbesar yang bisa didapatkan dari melakukan handstand setiap hari adalah membangun kekuatan inti tubuh. Terbalik dan berdiri di atas tangan memaksa tubuh untuk melibatkan inti. Dibutuhkan semua kekuatan yang bisa dikerahkan otot perut serta punggung untuk tetap tegak dan seimbang saat melakukan handstand. Melakukan handstand sama bermanfaatnya dengan sit-up yang dapat menguatkan otot perut.

3. Bantu Menghilangkan Depresi

Handstand membawa darah ke kelenjar adrenalin untuk membantu mengurangi produksi kortisol yang merupakan hormon stres pada tubuh. Handstand adalah obat ampuh di kalangan yoga sebagai pengangkat suasana hati dan dapat membantu mengurangi depresi ringan. Dengan membawa darah ke kepala, gerakan ini sering dapat meringankan sakit kepala ringan, dan meningkatkan pencernaan.

4. Merangsang Sistem Endokrin

Handstand membantu merangsang seluruh sistem endokrin. Setelah tubuh berada dalam posisi terbalik dengan kaki di bagian atas dan kepala paling dekat dengan tanah, darah akan mengalir ke kepala. Hal ini merangsang kelenjar hipofisis di kepala yang membantu titik setel untuk berat badan yang sehat. Pembalikan membawa darah ke kelenjar tiroid untuk membantu mengatur produksi T3 dan T4, yang juga memengaruhi metabolisme.

5. Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Jika pernah mencoba handstand, selain harus kuat untuk melakukannya, Anda juga perlu memiliki keterampilan menyeimbangkan tubuh agar dapat berdiri tegak. Melakukan handstand dapat melatih keseimbangan tubuh yang kuat. Dengan kemampukan menyeimbangkan diri yang baik, otot akan bereaksi secara alami terhadap perubahan posisi agar tetap tegak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Handstand Bagi Kesehatan Tubuh

6. Tingkatkan Kekuatan Genggaman

Ketika berdiri di atas kaki, tumit bertindak sebagai penstabil dan membantu menapak tanah dan tetap tegak. Saat melakukan handstand, Anda perlu menggunakan jari-jari untuk menapak tanah dan tetap seimbang. Gerakan ini bisa melatih jari dan lengan untuk menjadi lebih kuat dan pada akhirnya meningkatkan kekuatan cengkeraman. Kekuatan genggaman penting untuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari seperti mengangkat beban berat.

7. Bantu Kesadaran Spasial

Manfaat handstand juga bisa membantu meningkatkan kesadaran spasial. Ini karena tubuh berada pada posisi terbalik, otak akan mengalami disorientasi. Namun, melakukan handstand secara terus-menerus akan mengurangi kecenderungan otak mengalami disorientasi. Melalui proses ini, Anda sebenarnya melatih diri untuk lebih mampu menghadapi perubahan posisi atau orientasi. Ini sebagian berkaitan dengan ingatan otot, membiasakan diri dengan posisi-posisi baru yang pada akhirnya akan melatih ketangkasan dan kelincahan tubuh.

8. Bantu Sirkulasi dan Pernapasan

Tidak hanya itu, sifat handstand juga dapat meningkatkan sirkulasi ke tubuh bagian atas. Gerakan ini juga mengurangi tekanan pada kaki dan tungkai serta meregangkan diafragma secara bersamaan. Efek ini dapat meningkatkan aliran darah ke paru-paru.

9. Tingkatkan Konsentrasi

Ketika berada dalam posisi terbalik, tubuh meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi mental, dan meningkatkan rasa fokus. Sepanjang dengan membantu mengurangi rasa takut dan khawatir, postur ini akan meningkatkan kemampuan untuk menjaga pikiran tetap tajam dan jernih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.