Sukses

Cringe adalah Bahasa Gaul, Pahami Arti dan Penggunaannya Dalam Komunikasi

Cringe adalah bahasa gaul yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan tidak nyaman, jijik, geli dan ngeri. berikut penjelasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Cringe adalah bahasa gaul yang sering kita jumpai dalam meme atau sosial media baik facebook maupun twitter. Pengguna kata cringe sering kali merupakan kaum milenial dan Gen Z yang suka mencampurkan kata-kata Bahasa inggris kedalam kalimat atau obrolannya.

Makna dari cringe adalah ngeri yang mana menjadi ungkapan atas perasaan geli atau takut terhadap suatu topik atau objek yang sedang dibahas. Namun saat ini makna cringe memiliki 3 arti yang berbeda. Yang mana penggunaannya tergantung pada kondisi saat kita memutuskan menggunakan kata cringe.

Makin sering dijumpai, kata cringe adalah salah satu Bahasa gaul yang akan sering ditemui dan digunakan dalam berkomunikasi di media sosial manapun. Namun sebelum menggunakannya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dan penggunaannya yang tepat dalam komunikasi.

Untuk memahami dengan lebih baik makna dan penggunaan kata cringe, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022). Sebagai pedoman dalam penggunaan kata cringe di percakapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Kata Cringe Adalah Ngeri

Makna Kata Cringe Adalah Ngeri

Cringe menggambarkan pengalaman yang sangat meresahkan, seperti pasangan putus di depan anda atau bos menegur karyawan di depan rekan kerja mereka. Istilah ini berasal dari ekspresi wajah meringis ketika bereaksi terhadap sesuatu yang memalukan atau tidak menyenangkan.

Cringe adalah versi singkat dari " cringeworthy ", yang juga mengacu pada sesuatu yang sangat canggung atau tidak menyenangkan. Kebanyakan orang yang mengatakan "cringe" adalah wanita remaja atau dewasa muda. Meskipun anda mungkin mendengar istilah itu diucapkan, kemungkinan besar anda juga akan melihatnya di teks atau media sosial, seperti Instagram atau Twitter.

Karena ngeri mengkomunikasikan rasa jijik, anda juga dapat menggunakannya saat anda ingin menunjukkan ketidaksetujuan. Misalnya, jika teman anda bertanya apakah anda ingin taco malam ini dan tidak, anda dapat menjawab dengan "cringe".

Sedangkan cringeworthy mengacu pada sesuatu yang menjengkelkan dan layak untuk ekspresi wajah ngeri yang sebenarnya. Misalnya, orang yang anda sukai yang menolak ajakan anda di depan teman-teman anda atau usaha anda yang menyedihkan dan gagal untuk membuat makan malam anda serasa cringe atau ngeri.

Sementara "cringeworthy" telah digunakan selama bertahun-tahun, itu tidak digunakan secara luas hingga 2018. Kebanyakan orang yang menggunakan istilah ini adalah remaja. Mereka mungkin mengatakannya dengan keras, tetapi mereka biasanya mengirimkannya di media sosial atau teks ketika menggambarkan sesuatu yang menjijikkan, canggung, atau meresahkan.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Cringe

Penggunaan Kata Cringe

“Cringe” sendiri tergolong ke dalam part of speech yang bisa bermakna dua hal yaitu kata kata kerja dan noun kata benda. Oleh karena itu, ketika menggunakannya kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah kita menggunakannya sebagai kata kerja atau kata benda.

Ikutilah aturan penggunaan kata kerja ketika kita menggunakan “cringe” sebagai kata kerja, dan aturan penggunaan kata benda ketika kita menggunakannya sebagai kata benda.

 

1. Cringe sebagai Kata Kerja

Definisi “cringe” sebagai kata kerja, menurut Merriam Webster adalah “to shrink in fear or servility” (menyusut dalam ketakutan atau ketundukan). Dalam konteks ini, “cringe” bisa diterjemahkan sebagai “gemetar ketakutan”.

Selain itu, Merriam Webster juga mendefinisikan “cringe” sebagai kata kerja dengan “to behave in an excessively humble or servile way” (Bersikap rendah hati yang berlebihan). Kata “cringe” dalam konteks ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang dilakukan untuk mendapat keuntungan, mencari muka, atau menarik belas kasihan orang lain.

Definisi “cringe” sebagai kata kerja selanjutnya yaitu “to recoil in distaste” (mengerut dalam kebencian). “Cringe” dalam konteks ini berarti perasaan jijik, malu, atau tidak nyaman akan sesuatu. Kita dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia sebagai “geli” atau “merinding”.

 

2. Cringe sebagai Kata Benda

Kata “cringe” sebagai kata benda dalam dictionary.com didefinisikan sebagai “an act or instance of shrinking back, bending, or crouching” (tindakan atau kejadian menyusut, membungkuk, atau berjongkok). Dalam konteks ini, “cringe” bisa dideskripsikan sebagai tindakan gemetar atau menyusut, membungkuk, atau berjongkok yang kita lakukan sebagai reaksi atas sesuatu.

Definisi kata “cringe” sebagai kata benda selanjutnya adalah “an instance of being very embarrassed, awkward, or uncomfortable” (kejadian yang memalukan, canggung, atau tidak nyaman). Dalam konteks ini, “cringe” bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “kegelian”.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Cringe Dalam Percakapan

Contoh Kata Cringe Dalam Percakapan

1. Saya mencoba untuk tidak merasa cringe setiap kali Meredith menceritakan tentang hobinya yang aneh.

2. Lagu ini cringe banget. Saya bahkan tidak bisa mendengarkannya sampai akhir

3. Saya bersyukur tidak memiliki nama yang cringe saat kita mengucapkannya dengan lantang.

4. Ada sebuah adegan tertentu dalam film itu yang sangat cringe.

5. Cara mereka bernyanyi membuat aku merasa cringe

6. Kata-katanya membuat aku cringe karena malu.

7. Jack ahlinya membuat orang merasa cringe

 

 

Sinonim Kata Cringe

Inggris - Indonesia

cower - gemetar ketakutan

kneel - berlutut

quiver - gemetar

tremble - gemetar

wince - mengernyit

blench - memutihkan

crawl - merangkak

crouch - mendekam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.