Sukses

Viral Satpam Cikarang Jago Berbahasa Korea, Suaranya Disebut Mirip Oppa

Liputan6.com, Jakarta Demam K-Pop dan Drama Korea sukses menjadikan masyarakat Indonesia antusias dengan gaya orang Korea. Tak ketinggalan bahasa Korea yang makin banyak orang mempelajarinya. Salah satunya sosok satpam yang tengah viral, satpam muda itu terlihat jago mengucapkan bahasa Korea.

Lewat unggahan video Tik Tok @mb2pt, satpam berbaju seragam cokelat muda itu fasih berbahasa Korea. Tak heran jika pemilik akun yang juga penanya sempat ngobrol singkat dan cukup antusias. Diketahui pria berprofesi satpam pada video tengah bekerja di sebuah kedai kopi di Cikarang. 

Uniknya, meski bekerja di dalam negeri, ia mahir berbahasa Korea hanya karena nonton film dan drama Korea. Pria bernama Muhammad Ivan Nugraha ini juga menyebut dalam akun Tik Tok pribadinya @nfr_killua bahwa ia belajar bahasa Korea secara otodidak. 

Jadi gua bisa bahasa itu dari otodidak sih, gua sering nonton, film, nonton drakor, tapi no subtitle, gua memulainya saat masih kecil,” ucap satpam berbahasa Korea yang tengah viral. 

Seperti apa keseruan percakapan satpam berbahasa Korea itu? Berikut Liputan6.com merangkumnya melansir dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fasih Perkenalan Diri Berbahasa Korea

Video Tik Tok unggahan @mb2pt yang sudah ditonton lebih dari 8.1 juta kali itu memperlihatkan Ivan Nugraha memperkenalkan diri. Perkenalan menjadi hal yang mudah bagi Ivan. Ia bahkan mampu menanggapi dengan cepat setiap pertanyaan yang dilontarkan perekam. Ia nampak tak kesulitan sama sekali. 

Berikut percakapan mereka dalam bahasa Korea yang sudah diterjemahkan:

Kamu bisa berbahasa Korea?,” kata pengunggah video.

Nama Saya Muhammad Ivan Nugraha,” kata Ivan.

No no no bukan salam, bosen aku dengan salam perkenalan diri, ngomong yang lain dong,” kata pengunggah video. 

Soalnya saya suka orang Korea, makanya saya bisa bahasa Korea,” tanggap Ivan dengan cepat. 

3 dari 4 halaman

Belajar Bahasa Korea sejak 12 tahun lalu

Lewat video yang diunggah akun TikTok pribadi Ivan, ia mengungkapkan kini umur 21 tahun. Lewat klarifikasinya, satpam di Cikarang ini juga terlihat mahir berbahasa Inggris. Ia mengaku menyukai drama korea hingga film yang membuatnya makin mahir berbahasa Korea. 

Perjuangannya untuk bisa bahasa Korea tak serta merta instan, ia menyebutkan sudah 12 tahun dari awal mula ia menggeluti pelafalan aksara Hangul itu. 

“Mungkin sekitar 12 tahun yang lalu lah, itu sih gua cuma dari film otodidak, ngga bisa baca tulis, ya gua buta huruf sih,” kata Ivan satpam berbahasa Korea. 

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Melihat video percakapan satpam Indonesia yang lancar berbahasa Korea ini, tak sedikit netizen yang takjub. Seketika pujian membanjiri kolom komentar unggahan Tik Tok @mb2pt.

Wkwkwkkwkw keren bgt dah” kata warganet.

Bisa alih profesi baru nih security nya jadi translater bhs korea hebat mas nya,” kata netizen lain.

Suaramu tiba2 mirip oppa2 bang” ungkap warganet lain, sambil menyertakan stiker tertawa.

Satpam bukan sembarang satpam” kata warganet.

@mb2pt

next level security #bahasakorea #한국어 #cikaranglife #cikarang

♬ original sound - mba2pt - mb2pt
@nfr_killua

Klarifikasi🥲 #cikarang #cikarangpeople #한국어 #korea #koreandrama #fyp #like

♬ Left and Right (Feat. Jung Kook of BTS) - Charlie Puth & Jung Kook & BTS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS