Sukses

Agresi Adalah Perilaku Menyakiti Orang Lain, Pahami Penyebab Dan Cara Mengatasinya

agresi adalah suatu perilaku yang bertujuan untuk menyakiti orang lain, berikut ini pengertiam, penyebab, tanda, jenis dan cara mengatasi perilaku agresi

Liputan6.com, Jakarta Agresi adalah sebuah perilaku atau tindakan yang dapat menyakiti orang lain baik secara fisik maupun secara verbal, yang mana dilakukan secara sengaja dan terencana untuk menyakiti atau merusak orang lain. Perilaku agresi ini kadang muncul dalam hubungan sosial dan menimbulkan sejumlah masalah.

Agresi adalah perilaku yang berhubungan dengan psikologi dan sosial seseorang. Berkaitan dengan tindakan yang bersifat agresif, agresi seringkali menimbulkan kerugian dalam interaksi sosial yang tengah dibangun atau sedang terjadi.

Agresi dapat dialami oleh siapapun dan dimanapun, perilaku agresi adalah perilaku yang mengacu pada adanya kekerasan, intimidasi baik secara fisik maupun emosional. Sehingga penting untuk mengetahui penyebab perilaku agresi dan cara mengatasinya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang agresi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022) tentang pengertian agresi, penyebab agresi serta cara mencegah dan mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Agresi Adalah

Dilansir dari KBBI, agresi adalah penyerangan suatu negara terhadap negara lain, serangan, perasaan marah atau tindakan kasar akibat kekecewaan atau kegagalan dalam mencapai kepuasan atau tujuan yang dapat diarahkan kepada orang atau benda dan perbuatan bermusuhan yang bersifat penyerangan fisik maupun psikis terhadap pihak lain.

Sedangkan dalam psikologi sosial, agresi adalah suatu tindakan yang menggambarkan setiap perilaku yang ditujukan untuk menyakiti seseorang atau hewan atau merusak properti fisik. Beberapa contoh tindakan agresif diantaranya adalah:

- Tindakan kekerasan fisik

- Teriakan, umpatan, dan bahasa kasar

- Bergosip atau menyebarkan desas-desus tentang teman sekelas

- Dengan sengaja memecahkan mug kesayangan teman sekamarmu

- Memotong ban rekan kerja dan lain sebagianya

Anda akan sering menemukan kata agresi dan kekerasan yang saling berjalan bersama sebagai satu istilah yang tidak terpisahkan. Memang benar bahwa agresi dan kekerasan sering terjadi bersamaan, tetapi sebenarnya keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Kekerasan mengacu pada agresi fisik ekstrem yang dimaksudkan untuk menyebabkan kerusakan serius. Dengan kata lain, agresi tidak selalu melibatkan kekerasan, tetapi kekerasan selalu melibatkan agresi.

Katakan bahwa Anda marah dengan saudara Anda selama pertengkaran dan melemparkan buku Anda ke seberang ruangan dengan frustasi. Anda tidak bermaksud memukulnya, tetapi buku itu memukul kepalanya, meninggalkan memar. Itu akan menjadi tindakan agresi fisik, tetapi tidak harus kekerasan.

Di sisi lain, jika Anda mendorong saudara Anda ke dinding dan kemudian memukulnya dengan tujuan menyakitinya, itu akan menjadi tindakan kekerasan. Perilaku agresif tidak hanya melanggar batas-batas sosial. Ini juga dapat mempengaruhi hubungan dan bahkan memiliki konsekuensi profesional atau hukum.

Mengenali cara agresi muncul dalam hidup anda dapat membantu dalam mengambil langkah untuk mengatasinya, bersama dengan kemarahan dan emosi lain yang mungkin berperan.

3 dari 6 halaman

Jenis Agresi

Agresi adalah perilaku yang dibagi menjadi dua kategori yaitu agresi impulsif dan agresi instrumental. Berikut penjelasan beserta dengan contohnya:

1. Agresi Impulsif

Jenis agresi ini, juga dikenal sebagai agresi emosional atau afektif, cenderung berasal langsung dari emosi yang dialami saat itu. Agresi jenis ini mungkin terasa tidak terkendali atau datang entah dari mana. Jika anda tidak dapat mengakses orang atau hal yang membuat kesal, anda mungkin mengarahkan agresi ini ke sesuatu atau seseorang lain yang dapat anda akses.

Contoh agresi impulsif:

Seorang teman sekelas mengambil buku yang dibutuhkan untuk penelitian anda dari perpustakaan. Ketika mereka pergi untuk menggunakan kamar kecil, anda pergi untuk mengambil buku dan mematikan komputer mereka sehingga mereka kehilangan pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

 

2. Agresi instrumental

Jenis agresi ini, juga dikenal sebagai agresi kognitif, melibatkan perencanaan dan niat, biasanya untuk mencapai keinginan atau tujuan tertentu. Semua agresi melibatkan tingkat niat untuk menyakiti seseorang. Tetapi tindakan agresi instrumental umumnya melibatkan lebih banyak perhitungan dan tujuan, tanpa kehilangan kendali.

Contoh agresi instrumental:

Anda baru saja melamar promosi di tempat kerja ketika anda mendengar atasan akan mempromosikan rekan kerja lain dan mengatakan bahwa mereka sangat cocok. Anda menginginkan posisi itu, jadi anda memberitahu beberapa orang bahwa anda menyebarkan gosip tentang rekan kerja di kantor, berharap rumor itu sampai ke atasan dan membuatnya tidak mendapatkan jabatan tersebut.

4 dari 6 halaman

Tanda Perilaku Agresi

Seperti yang mungkin anda perhatikan, agresi adalah perilaku yang dapat mengambil banyak bentuk. Kadang-kadang lebih tertutup dan halus daripada yang jelas dan langsung. Jadi, anda mungkin bahkan tidak menyadari bahwa perilaku tertentu dianggap sebagai agresi. Agresi seringkali melibatkan kerusakan fisik atau verbal, tetapi juga dapat melibatkan pemaksaan atau manipulasi seperti berikut ini:

1. Agresi fisik termasuk memukul, menendang, meninju, menampar, atau tindakan apa pun yang menyebabkan luka fisik. Ini tidak termasuk cedera yang tidak disengaja, seperti secara tidak sengaja menginjak ekor anjing Anda dalam gelap atau menjatuhkan teman Anda dari teras saat melakukan pekerjaan kasar.

2. Agresi verbal dapat mencakup teriakan, sumpah serapah, penghinaan, dan ucapan kejam dan tidak baik lainnya yang dimaksudkan untuk menyebabkan rasa sakit dan kesusahan. Ujaran kebencian juga termasuk dalam kategori ini.

3. Agresi relasional mengacu pada tindakan yang bertujuan merusak reputasi atau hubungan orang lain. Contohnya termasuk intimidasi , bergosip, dan mempermainkan teman satu sama lain.

4. Agresi bermusuhan menggambarkan tindakan emosional atau reaktif yang melibatkan niat tertentu untuk menyakiti seseorang atau menghancurkan sesuatu.

5. Agresi pasif dapat mencakup ekspresi perasaan negatif secara tidak langsung. Contoh umum termasuk perlakuan diam, komentar sinis atau sarkastik, dan mengarahkan kesalahan.

5 dari 6 halaman

Faktor Penyebab Agresi

Agresi adalah perilaku yang biasanya tidak memiliki satu penyebab spesifik tunggal. Lebih tepatnya terdapat sejumlah faktor yang dapat berkontribusi pada perilaku agresi yang akhirnya muncul. Berikut penjelasannya:

1. Faktor biologis

Perkembangan otak yang tidak teratur.Pakar telah menghubungkan peningkatan aktivitas di amigdala dan penurunan aktivitas di korteks prefrontal dengan agresi. Lesi di otak, yang dapat terjadi dengan kondisi neurodegeneratif, juga dapat menyebabkan perilaku agresif.

Mutasi gen tertentu, termasuk monoamine oksidase juga dapat berkontribusi. Ketidakseimbangan kimia otak dan hormon. Tingkat neurotransmiter tertentu yang sangat tinggi atau rendah, termasuk serotonin, dopamin, dan asam gamma-amino-butirat (GABA), juga dapat menyebabkan perilaku agresif.

Obat-obatan dan zat yang menyebabkan perubahan pada otak terkadang dapat menyebabkan perilaku agresif. Beberapa contoh termasuk kortikosteroid, alkohol, steroid anabolik, dan phencyclidine (PCP). Atau sebagai akibat dari kondisi kesehatan tertentu yang merusak otak anda, termasuk stroke, dementia, dan cedera kepala.

 

2. Faktor psikologi

Perilaku agresif terkadang dapat terjadi sebagai gejala kondisi kesehatan mental tertentu, termasuk gangguan perilaku, gangguan explosif intermittent, gangguan oposisi dan menantang (ODD), gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD), gangguan stres pasca trauma (PTSD), dan autisme.

Kemudian ada gangguan bipolar, skizofrenia, depresi, gangguan penggunaan zat, stres kronis, gangguan kepribadian tertentu, termasuk antisosial dan narsistik. Tentu saja, agresi tidak selalu berarti anda memiliki kondisi kesehatan mental.

 

3. Faktor lingkungan

Keadaan dan tantangan dalam kehidupan dan lingkungan sehari-hari juga dapat berkontribusi pada perilaku agresif. Agresi dapat terjadi sebagai respons alami terhadap stres, ketakutan atau rasa kehilangan kendali. Anda mungkin juga merespons dengan agresi ketika anda merasa frustasi, diperlakukan tidak baik, atau tidak didengarkan.

Anda juga mungkin lebih cenderung berperilaku agresif jika didikan anda membuat anda menjadi agresif dan melakukan kekerasan. Ini bisa terjadi jika anda tumbuh dengan:

- Memiliki orang tua yang kasar dan pengasuh atau saudara kandung yang menindas Anda

- Dibesarkan di lingkungan atau komunitas di mana kekerasan dan agresi sering terjadi

- Mengalami perlakuan kejam atau tidak adil dari guru dan teman sekelas.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Perilaku Agresi

Merupakan suatu hal yang manusiawi untuk menjadi frustasi dan kesal dari waktu ke waktu, dan emosi ini dapat dengan mudah membuat anda merespons dengan perilaku agresif dalam situasi tertentu. Bekerja untuk mengembangkan dan melatih keterampilan pengaturan emosi yang lebih kuat dapat membuat perbedaan besar. Tetapi menghubungi profesional kesehatan mental selalu merupakan pilihan yang baik ketika perilaku agresif berada di tahap yang:

- Sering terjadi

- Menyebabkan masalah dalam hubungan pribadi dan profesional

- Mempengaruhi kehidupan sehari-hari

- Tidak terkendali

Perawatan terbaik untuk perilaku agresif adalah tergantung pada penyebab yang mendasarinya, tetapi terapis selalu dapat menawarkan lebih banyak panduan dengan mengidentifikasi pemicu dan faktor yang berkontribusi. Terapi biasanya menawarkan ruang yang aman dan bebas untuk:

- Berbagi pengalaman yang mengarah pada kemarahan dan perilaku agresif

- Mengeksplorasi trauma masa kanak -kanak yang mungkin berkontribusi pada perilaku agresif

- Mengembangkan metode baru untuk mengatasi emosi yang sulit atau berlebihan

- Berlatih cara alternatif untuk menavigasi situasi yang membuat frustasi

- Belajar mengganti komunikasi agresif dengan komunikasi asertif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.