Sukses

8 Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Orangtua Baru

Cara merawat bayi baru lahir, sebagai panduan untuk orangtua yang baru

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat bayi baru lahir yang perlu diperhatikan orangtua ada beberapa. Mulai dari cara memandikan bayi baru lahir hingga mengurus tali pusar sang bayi. Mengasuh bayi terutama yang baru lahir bukanlah hal yang mudah, mengingat bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian yang lebih karena tubuhnya yang masih lemah.

Apalagi bagi orangtua baru yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang cara merawat bayi baru lahir. Merawat bayi menjadi tantangan tersendiri yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, orangtua perlu untuk mempelajari dengan baik cara merawat bayi baru lahir yang benar.

Agar dapat merawat bayi baru lahir, orang tua terlebih dahulu perlu mencari informasi tentang cara merawat bayi baru lahir, mulai dari cara merawat tali pusar, cara mengurus BAB dan BAK bayi, perlakukan saat bayi bersendawa, cara memandikan, cara membedong dan lain sebagainya.

Sebagai referensi untuk para orangtua, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/8/2022). Tentang cara merawat bayi baru lahir, yang bisa digunakan sebagai panduan bagi orangtua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Dalam merawat bayi yang baru lahir terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan sebagai dasar, hal ini karena bayi yang baru lahir masih sangat rapuh dan membutuhkan perawatan yang lebih aman dari pada orang lain. Berikut adalah beberapa dasar yang perlu diingat:

- Cuci tangan sebelum memegang bayi anda. Bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan yang kuat, sehingga mereka berisiko terkena infeksi. Pastikan bahwa setiap orang yang memegang bayi anda memiliki tangan yang bersih.

- Dukung kepala dan leher bayi anda. Tahan bagian kepala saat menggendong bayi dan dukung kepala saat menggendong bayi pada posisi tegak atau saat anda membaringkan bayi.

- Jangan pernah menggoyang bayi yang baru lahir, baik saat bermain dengannya atau saat merasa frustasi sehabis melahirkan. Getaran yang berlebihan dapat menyebabkan pendarahan di otak dan bahkan kematian. Jika anda perlu membangunkan bayi jangan lakukan dengan menggoyangkan bayi anda namun bisa dengan cara menggelitik kaki bayi atau tiup pipinya dengan lembut.

- Pastikan bayi anda dalam posisi aman di gendongan, kereta dorong, atau kursi mobil. Batasi aktivitas apapun pada bayi yang bisa terlalu kasar.

 

1. Mempererat Ikatan Orangtua dan Bayi

Membangun Ikatan adalah bagian yang paling menyenangkan dari perawatan bayi, terjadi selama waktu sensitif di jam-jam pertama dan hari-hari setelah kelahiran ketika orang tua membuat hubungan yang mendalam dengan bayi mereka.

Dimulai dari kedekatan fisik yang dapat meningkatkan hubungan emosional. Untuk bayi, keterikatan berkontribusi pada pertumbuhan emosional mereka, yang juga mempengaruhi perkembangan mereka di bidang lain, seperti pertumbuhan fisik.

Mulailah menjalin ikatan dengan menggendong bayi dan memeluknya dengan lembut dalam pola yang berbeda. Setiap bayi terutama bayi prematur dan mereka yang memiliki masalah medis, dapat merespons pijatan bayi. Jenis pijatan tertentu dapat meningkatkan ikatan dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bayi juga biasanya menyukai suara vokal, seperti berbicara, mengoceh, bernyanyi, dan mendengung. Bayi anda mungkin juga suka mendengarkan musik. Kerincingan bayi adalah cara lain yang baik untuk merangsang pendengaran bayi anda.

Jika si kecil sedang rewel, cobalah bernyanyi, membacakan puisi dan lagu anak-anak, atau membacakan buku cerita dengan keras saat anda mengayunkan bayi dengan lembut di kursi bayi. Beberapa bayi bisa menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, cahaya, atau suara. Jadi perhatikan tingkat sensitivitas bayi untuk mengetahui cara membangun ikatan yang sesuai.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

2. Cara Membedong

Membedong bayi dapat bekerja dengan baik untuk beberapa bayi selama beberapa minggu pertama mereka, ini adalah teknik menenangkan lain yang harus dipelajari orang tua. Pembedongan yang tepat membuat lengan bayi tetap dekat dengan tubuh sambil memungkinkan beberapa gerakan kaki.

Membedong tidak hanya membuat bayi tetap hangat, tetapi juga memberikan sebagian besar bayi baru lahir rasa aman dan nyaman. Membedong juga dapat membantu membatasi refleks kejut, yang dapat membangunkan bayi. Berikut cara membedong bayi:

- Sebarkan selimut yang akan digunakan untuk membedong, dengan salah satu sudut terlipat sedikit.

- Baringkan bayi menghadap ke atas di atas selimut dengan kepala di atas sudut yang terlipat.

- Bungkus sudut kiri di atas tubuh dan selipkan di bawah punggung bayi, di bawah lengan kanan.

- Bawa sudut bawah ke atas kaki bayi dan tarik ke arah kepala, lipat kain ke bawah jika dekat dengan wajah.

- Pastikan untuk tidak membungkus terlalu erat di sekitar pinggul. Pinggul dan lutut harus sedikit ditekuk dan diputar. Hal ini karena membungkus bayi terlalu erat dapat meningkatkan kemungkinan displasia pinggul.

- Bungkus sudut kanan di sekitar bayi, dan selipkan di bawah punggung bayi di sisi kiri, hanya menyisakan leher dan kepala yang terbuka.

- Untuk memastikan bayi tidak dibungkus terlalu ketat, pastikan Anda dapat menyelipkan tangan di antara selimut dan dada bayi, yang akan memungkinkan pernapasan yang nyaman. Namun, pastikan selimut tidak terlalu longgar sehingga bisa terlepas.

Perlu diperhatikan bahwa bayi tidak boleh dibedong setelah berusia 2 bulan lebih. Karena pada usia ini, beberapa bayi dapat berguling sambil dibedong, yang meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

4 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

3. Cara Memakaikan Popok

Orangtua dapat menentukan ingin menggunakan popok kain atau popok sekali pakai, sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Yang perlu diingat adalah apa pun popok yang digunakan, bayi akan mengotori popok sekitar 10 kali sehari.

Sebelum mengganti popok bayi, pastikan anda memiliki semua perlengkapan dalam jangkauan sehingga anda tidak perlu meninggalkan bayi tanpa pengawasan di meja ganti. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah:

- Popok bersih

- Pengencang jika popok kain yang akan digunakan

- Salep popok

- Tisu popok

Setelah setiap buang air besar atau jika popoknya basah, baringkan bayi anda telentang dan lepaskan popok yang kotor. Gunakan air, bola kapas, dan waslap atau tisu untuk membersihkan area genital bayi dengan lembut.

Saat melepas popok anak laki-laki, lakukan dengan hati-hati karena paparan udara dapat membuatnya buang air kecil. Saat menyeka anak perempuan, usap bagian bawahnya dari depan ke belakang untuk menghindari infeksi saluran kemih.

Untuk mencegah atau menyembuhkan ruam, oleskan salep. Selalu ingat untuk mencuci tangan dengan bersih setelah mengganti popok. Ruam popok adalah masalah umum. Sebagian besar ruam terjadi karena kulit bayi sensitif dan teriritasi oleh popok basah atau kotoran milik mayi itu sendiri.

Untuk mencegah atau menyembuhkan ruam popok, cobalah tips berikut:

- Ganti popok bayi sesering mungkin, dan sesegera mungkin setelah buang air besar.

-  Bersihkan area dengan lembut dengan sabun lembut dan air, lalu oleskan lapisan ruam popok atau krim yang sangat tebal. Krim dengan seng oksida lebih disukai karena membentuk penghalang terhadap kelembaban.

- Jika anda menggunakan popok kain, cuci dengan deterjen bebas pewarna dan pewangi.

- Biarkan bayi tidak memakai popok untuk sebagian hari. Ini memberi kulit kesempatan untuk mengeluarkan udara.

- Jika ruam popok berlanjut selama lebih dari 3 hari atau tampaknya semakin parah, hubungi dokter karena hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur yang memerlukan obat dari dokter.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

4. Cara Memandikan Bayi

Anda harus memandikan bayi baru lahir dengan cara mandi spons sampai tali pusar lepas dan pusar sembuh sempurna atau sekitar 1-4 minggu pertama. Mandi dua atau tiga kali seminggu di tahun pertama diperbolehkan karena mandi terlalu sering dapat mengeringkan kulit bayi.

Siapkan barang-barang berikut untuk memandikan bayi anda, diantaranya adalah kain lap yang lembut dan bersih, sabun dan sampo bayi yang lembut serta tidak beraroma, sikat lembut untuk merangsang kulit kepala bayi, handuk atau selimut, popok bersih dan pakaian bersih.

- Mandi Spons

Untuk mandi spons, pilih permukaan datar yang aman di ruangan yang hangat. Isi wastafel, jika dekat, atau mangkuk dengan air hangat. Buka pakaian bayi dan bungkus dia dengan handuk. Usap mata bayi dengan kain lap yang dibasahi dengan air saja, mulai dari satu mata dan usap dari sudut dalam ke sudut luar.

Gunakan sudut bersih dari waslap atau bola kapas lain untuk mencuci mata lainnya. Bersihkan hidung dan telinga bayi Anda dengan waslap basah. Kemudian basahi kain lagi dan, dengan menggunakan sedikit sabun, cuci wajahnya dengan lembut dan keringkan.

Selanjutnya, dengan menggunakan sampo bayi, buat busa dan cuci kepala bayi dengan lembut dan bilas. Dengan menggunakan kain basah dan sabun, basuh bagian tubuh bayi yang lain dengan lembut, berikan perhatian khusus pada lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher, dan di area genital.

Setelah anda mencuci area tersebut, pastikan area tersebut kering dan kemudian popok dan pakaian bayi.

- Mandi di Bak Mandi

Saat bayi anda siap untuk mandi di bak mandi, mandi pertama harus lembut dan singkat. Jika dia marah maka anda dapat kembali mandi spons selama satu atau dua minggu, lalu coba mandi di bak mandi lagi.

Selain persediaan yang tercantum di atas, tambahkan bak bayi dengan 2 hingga 3 inci dengan air hangat. Bak bayi adalah bak plastik dengan ukuran yang lebih baik dan pas untuk bayi serta dapat membuat mandi lebih mudah diatur.

Buka pakaian bayi anda dan segera letakkan dia di dalam air, di ruangan yang hangat, untuk mencegah kedinginan. Pastikan kedalaman air di bak tidak lebih dari 2 hingga 3 inci, dan air tidak lagi mengalir di bak.

Gunakan salah satu tangan anda untuk menopang kepala dan tangan lainnya untuk membimbing bayi dengan kaki terlebih dahulu. Berbicara dengan lembut, perlahan-lahan turunkan bayi anda se dada ke dalam bak mandi.

Gunakan waslap untuk mencuci muka dan rambutnya. Pijat lembut kulit kepala bayi anda dengan bantalan jari anda atau sikat rambut bayi yang lembut, termasuk area di atas ubun-ubun di bagian atas kepala.

Saat anda membilas sabun atau sampo dari kepala bayi, letakkan tangan anda di dahi sehingga busa mengalir ke samping dan sabun tidak masuk ke mata. Cucilah bagian tubuh bayi yang lain dengan lembut dengan air dan sedikit sabun.

Selama mandi, tuangkan air secara teratur ke tubuh bayi anda agar ia tidak kedinginan. Setelah mandi, segera bungkus bayi anda dengan handuk, pastikan untuk menutupi kepalanya. Handuk bayi dengan tudung sangat bagus untuk menjaga bayi yang baru dicuci tetap hangat.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

5. Memberi Makan

Apakah menyusui bayi anda dengan payudara atau botol, anda mungkin bingung seberapa sering melakukannya. Umumnya, disarankan agar bayi diberi makan kapan pun mereka tampak lapar. Bayi mungkin memberi isyarat kepada anda dengan menangis, memasukkan jari ke mulutnya, atau membuat suara mengisap.

Bayi yang baru lahir perlu diberi makan setiap 2 hingga 3 jam. Jika anda menyusui, beri bayi kesempatan untuk menyusu sekitar 10-15 menit di setiap payudara. Jika anda memberi susu formula, kemungkinan besar bayi anda akan mengonsumsi sekitar 2-3 ons (60-90 milliliter) setiap kali menyusui.

Beberapa bayi baru lahir mungkin perlu dibangunkan setiap beberapa jam untuk memastikan mereka cukup makan. Hubungi dokter bayi jika anda perlu sering membangunkan bayi atau jika bayi anda tampaknya tidak tertarik untuk makan atau mengisap.

Jika anda memberikan susu formula, anda dapat dengan mudah memantau apakah bayi anda cukup makan, tetapi jika anda menyusui, ini bisa menjadi sedikit lebih sulit. Jika bayi anda tampak puas, mengeluarkan sekitar enam popok basah dan beberapa kali buang air besar setiap hari, tidur nyenyak, dan berat badannya bertambah secara teratur, maka ia mungkin cukup makan.

 

6. Membantu Bayi Bersendawa

Bayi sering menelan udara saat menyusu, yang dapat membuat mereka rewel. Untuk membantu mencegah hal ini, sering-seringlah bersendawa pada bayi. Cobalah bersendawa bayi setiap 2-3 ons (60-90 milliliter) jika anda memberi susu botol, dan setiap kali anda mengganti payudara jika anda menyusui.

Jika bayi anda cenderung kembung, mengalami refluks gastroesofageal, atau tampak rewel saat menyusu, cobalah menyendawakan si kecil setelah setiap ons selama pemberian susu botol atau setiap 5 menit selama menyusui. Cobalah tips bersendawa ini:

- Pegang bayi anda tegak dengan kepala di bahu anda. Dukung kepala dan punggung bayi anda sambil menepuk-nepuk punggung dengan lembut dengan tangan anda yang lain.

- Dudukkan bayi anda di pangkuan anda. Dukung dada dan kepala bayi anda dengan satu tangan dengan menggendong dagu bayi anda di telapak tangan anda dan meletakkan tumit tangan Anda di dada bayi. Gunakan tangan yang lain untuk menepuk punggung bayi dengan lembut.

- Baringkan bayi anda telungkup di pangkuan anda. Dukung kepala bayi anda, pastikan lebih tinggi dari dadanya, dan tepuk atau gosok punggungnya dengan lembut.

- Jika bayi anda tidak bersendawa setelah beberapa menit, ubah posisi bayi dan cobalah bersendawa selama beberapa menit sebelum menyusu lagi.

7 dari 7 halaman

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

7. Perawatan Tali Pusat

Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir juga penting. Beberapa dokter menyarankan untuk menyeka area tersebut dengan alkohol sampai tali pusat mengering dan terlepas, biasanya dalam 10 hari hingga 3 minggu, tetapi yang lain menyarankan untuk meninggalkan area tersebut. Bicaralah dengan dokter anak anda untuk melihat apa yang dia sukai.

Area pusar bayi tidak boleh terendam air sampai tali pusat terlepas dan area tersebut sembuh. Sampai terlepas, tunggul tali pusat akan berubah warna dari kuning menjadi coklat atau hitam. Hubungi dokter anda jika area pusar terlihat merah atau jika bau busuk atau keluarnya cairan berkembang.

 

8. Cara Menidurkan Bayi

Bayi baru lahir biasanya tidur selama 2-4 jam. Jangan berharap bayi Anda tidur sepanjang malam - sistem pencernaan bayi sangat kecil sehingga mereka membutuhkan makanan setiap beberapa jam dan harus dibangunkan jika mereka belum diberi makan selama 4 jam.

Banyak bayi tidur sepanjang malam (antara 6-8 jam) pada usia 3 bulan, tetapi jika bayi anda tidak tidur, itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena seperti orang dewasa, bayi harus mengembangkan pola dan siklus tidurnya sendiri terlebih dahulu.

Sangat penting untuk selalu menempatkan bayi telentang untuk tidur untuk mengurangi resiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Praktek tidur yang aman lainnya termasuk tidak menggunakan boks dan berbagi kamar tidur dengan orang tua selama 6 bulan pertama hingga 1 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.