Sukses

15 Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah, Ampuh dan Efektif

Simak beberapa cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan sendiri di rumah. Karang gigi atau yang disebut dengan kalkulus merupakan akumulasi plak dan mineral dari air liur Anda yang mengeras. Karang gigi dapat terbentuk karena kurangnya kebersihan gigi.

Pada umumnya, karang gigi berwarna kuning atau cokelat, yang mengendap di belakang dan di antara gigi. Apabila karang gigi ini dibiarkan, akan menyebabkan masalah gigi yang serius. Untuk itu, penting mengetahui cara menghilangkan karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter. Mulai dari menerapkan kebiasaan sehat seperti membersihkan gigi, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari penyebabnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

1. Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Benang yang digunakan adalah benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.

Mengutip dari Medical News Today, bahkan disarankan untuk membersihkan dengan flossing atau benang gigi sekali sehari. Flossing di awal akan menghilangkan sisa makanan dan plak dari sela-sela gigi dan area yang sulit dijangkau.

Setelah flossing, sikat gigi akan menghilangkan plak pada permukaan gigi. Setelah flossing dan menyikat gigi, bilas mulut dengan obat kumur. Ini sebagai bentuk perlindungan ekstra terhadap plak dan karang gigi.

2. Menggunakan Mouthwash

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

3. Rajin Gosok Gigi

Rajin menggosok gigi 2 kali sehari juga termasuk cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah. Tidak hanya 2 kali sehari saja, sangat dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi telah tersikat dengan baik.

Supaya gigi bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Jika perlu pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

4. Pasta Gigi Flouride

Dalam membiasakan gosok gigi, juga harus memperhatikan kandungan zat yang terdapat dalam pasta gigi. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Bukan hanya itu, kandungan fluoride juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Memperhatikan hal ini, cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah bisa dilakukan lebih efektif.

5. Hindari atau Kurang Merokok

Anda pasti sudah paham bahaya merokok. Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan. Untuk itu, hindari atau berhenti merokok.

6. Hindari Makanan Manis dan Bertepung

Hal lainnya yang dapat dilakukan agar tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah karang gigi. Bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam. Untuk itu, hindari atau kurangi mengonsumsi makanan manis dan bertepung.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Bahan Alami

7. Kunyah Daun Sirih

Daun sirih memang sangat dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak jarang, kita masih menemui kakek nenek dengan gigi yang masih lengkap juga terlihat bersih dan sehat hanya karena kebiasaannya mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi satu ini cukup mudah dilakukan. Tidak rumit, Anda hanya tinggal mengambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung. Bisa juga ditambahkan dengan 1 batang cengkeh haluskan sedikit lalu bisa segara dikunyah.

8. Pasta Baking Soda

Baking soda juga dikenal cukup ampuh dijadikan cara menghilangkan karang gigi. Sifat basa yang dimiliki baking soda sangat bisa membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut.

Kombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Jadikan campuran tersebut sebagai pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi. Terapkan satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

9. Usapkan Kulit Jeruk

Kulit jeruk bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah. Tak hanya menghilangkan karang gigi, kulit jeruk ini bisa sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

Cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau anda bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Bahan Alami

10. Gosokkan Strawberry dan Tomat

Strawberry dan tomat bisa dipadukan sebagai cara menghilangkan karang gigi. Hal ini disebabkan karena keduanya adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan rongga mulut. Produksi air liur bisa dimaksimalkan dan aktivitas bakteri penyebab sakit gigi dan bau mulut ikut mati. Hal ini bisa membantu memaksimalkan kesehatan gigi agar tetap terjaga dengan baik.

Gosokkan kedua buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda.

11. Konsumsi Melon

Melon memang kaya mineral, air, dan vitamin. Selain itu, melon juga bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan karang gigi. Hanya dengan memakan dan mengunyahnya saja bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Bahkan produksi air liur bisa lebih dimaksimalkan dengan melon. Jika air liur banyak, maka bakteri dalam mulut menjadi mudah mati. Sehingga bau mulut dan kesehatan gigi bisa tetap terjaga dengan baik.

12. Kumur Cuka Putih

Cuka putih merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan asamnya yang cukup tinggi pada cuka putih. Jadi ampuh menghilangkan karang gigi secara alami.

Kandungan ini bisa membantu menghilangkan plak dan mencegah kerusakan enamel gigi. Cara mengaplikasikannya adalah larutkan 1 - 2 sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air ruam-ruam kuku, tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur sekali dalam sehari.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Bahan Alami

13. Konsumsi Apel

Buah apel merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah. Hal ini disebabkan karena kandungan asam alami pada buah apel. Kandungan ini bisa bereaksi pada karang gigi dengan baik. Cara ini tergolong cukup mudah dan juga mempunyai manfaat ganda. Pasalnya, selain menghilangkan karang gigi, apel juga memberi manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh.

14. Aloe Vera dan Gliserin

Lidah buaya begitu populer karena kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan dinilai efektif sebagai cara membersihkan karang gigi.

Dikutip dari Abdoney Orthodentics, lidah buaya bisa membunuh bakteri penyebab karang gigi. Sebab memiliki sifat antimikroba. Ini juga mampu melawan bau mulut. Cara meneghilangkan karang gigi dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

a. Campurkan setengah cangkir baking soda dengan secangkir air.

b. Tambahkan satu sendok makan gel atau daging lidah buaya.

c. Tambahkan 4 sendok makan gliserin nabati dan minyak esensial lemon. Gosok gigilah dengan campuran ini.

Cara lain yang bisa Anda coba, ambil lidah buaya dari daun segar. Kemudian gosokkan pada gigi Anda dan biarkan selama 10 menit, lalu dibilas.

15. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur bisa menjadi alternatif cara menghilangkan karang gigi. Serat dan berbagai kandungan yang terdapat di dalam sayur dapat membersihkan gigi secara efektif. Bukan hanya itu, mengonsumsi buah dan sayur juga mampu mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Manfaat ini bisa didapatkan dari konsumsi buah apel, melon, sayur seledri, dan wortel.

Buah yang mengandung banyak vitamin C juga bisa memberikan manfaat sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi. Buah seperti lemon, strawberry dan jeruk bisa dijadikan bahan sebagai pasta gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.