Sukses

4 Cara Membuat Masker Kefir Sederhana, Pahami Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

Berkut ini 4 cara membuat masker kefir yang mudah dan sederhana beserta manfaatnya untuk kecantikan serta kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang cantik, bersih, dan sehat menjadi idaman banyak orang. Beragam perawatan kulit dilakukan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah. Salah satu cara perawatan kulit yang efektif adalah menggunakan masker kefir. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari tahu cara membuat masker kefir untuk merawat wajah mereka.

Kefir adalah produk susu asam kental yang berasal dari wilayah Kaukasus. Hidangan ini telah dikonsumsi masyarakat Pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, sejak lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Meskipun sama-sama produk fermentasi susu, kefir memiliki perbedaan dengan yogurt. Kefir memiliki wujud yang lebih cair sementara yogurt wujudnya lebih kental.

Cara membuat masker kefir juga cukup mudah dan simpel untuk kamu coba sendiri di rumah. Kamu bisa membuatnya dan menggunakannya secara teratur untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu di rumah. Cara membuat masker kefir juga cukup beragam. Kamu bisa mencocokkannya dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/8/2022), cara membuat masker kefir yang mudah dan sederhana

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kefir

Kefir disebut-sebut memiliki beragam kandungan yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kefir bagi kulit:

1. Mencegah Penuaan Dini

Masker kefir dipercaya dapat membantu untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya, di dalam masker kefir terdapat kandungan yang dapat memicu pertumbuhan kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan untuk menjaga kulit supaya tetap kencang dan awet muda.

2. Melembabkan Kulit

Kulit kering adalah masalah yang cukup umum untuk dialami oleh banyak orang. Kamu bisa menggunakan masker kefir untuk mengatasi permasalahan ini. Di dalam kefir terdapat kandungan probiotik yang dapat membantumu untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulitmu menjadi kering.

3 Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker kefir juga dapat kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati di kulit. Kandungan asam laktat yang terdapat di dalam kefir akan bertindak sebagai eksfoliator yang akan mengangkat dan membersihkan sel kulit mati. Dengan hilangnya sel kulit mati, maka proses regenerasi sel kulit baru yang sehat akan lebih lancar, membuat kulitmu kembali cantik dan sehat.

4. Menangkal Jamur dan Bakteri

Bakteri atau jamur dapat menyebabkan kerusakan serta berbagai masalah kesehatan lainnya di kulit. Untuk mencegahnya, kamu dapat menggunakan masker kefir. Tingkat keasaman pada kefir membuatnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri di kulit.

5. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Masker kefir juga dapat kamu gunakan untuk membantu mempercepat proses sembuhnya luka. Di dalam kefir terdapat berbagai kandungan senyawa seperti asam laktat, asam asetat, dan juga polisakarida. Kandungan-kandungan senyawa tersebut dapat membantumu untuk mempercepat proses regenerasi jaringan kulit yang rusak karena luka, membuat lukamu akan sembuh lebih cepat.

6. Mencegah dan Meredakan Peradangan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit seseorang. Untuk mencegah dan mengatasi peradangan di kulitmu, kamu dapat menggunakan masker kefir secara rutin dan teratur. Pasalnya, di dalam masker ini terdapat kandungan senyawa polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab inflamasi seperti jerawat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Sederhana

Cara membuat masker kefir sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk kamu coba sendiri di rumah. Membuat masker kefirmu sendiri dapat membantumu menghemat pengeluaran yang kamu butuhkan untuk merawat kulitmu supaya tetap cantik dan sehat. Hanya saja, proses pembuatan masker ini memerlukan waktu yang sedikit panjang. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan serta langkah-langkah cara membuat masker kefir sendiri di rumah:

Bahan :

- 1 liter susu sapi atau susu kambing murni

- 50 gram bibit kefir

Cara membuat masker kefir:

- Siapkan bahan-bahan dan toples kaca yang bersih terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan susu dan bibit kefir ke dalam toples bersih tersebut. Aduklah hingga semua bahan tersebut tercampur dengan rata dan sempurna.

- Setelah adonan tercampur rata, tutuplah toples tersebut dengan kain bersih lalu taruh dan diamkan di tempat yang gelap selama 2 hari.

- Setelah itu, ambillah toples tersebut. Susu akan terbagi menjadi dua bagian, yakni curd atau cairan kental yang terdapat di bagian atas dan whey atau cairan bening yang terdapat di bagian bawah toples. Saringlah susu tersebut untuk memisahkan kedua bagian itu.

- Bagian curd atau cairan kental hasil fermentasi kefir dapat kamu gunakan sebagai masker. Gunakan secara rutin dan teratur untuk membantumu menjaga supaya kulit tetap cantik dan sehat. Sementara itu, bagian whey dapat kamu konsumsi dengan cara meminumnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Sesuai Kondisi Kulit

Cara membuat masker kefir juga dapat kamu cocokkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Pada umumnya, tahapan cara membuat masker kefir sama saja seperti yang sudah disampaikan di atas. Hanya saja, kamu perlu menambahkan beberapa bahan tertentu yang dapat membantumu untuk mengatasi masalah kulit yang kamu alami. Berikut ini adalah cara membuat masker kefir sesuai dengan kondisi kulitmu:

1. Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Kering

Cara membuat masker kefir untuk kulit kering secara umumnya sama seperti cara di atas. Kamu hanya perlu menambahkan kuning telur dan minyak zaitun ke dalamnya. Kuning telur dan minyak zaitun dapat membantumu untuk melembabkan dan memperbaiki kulit. Kalau kamu mengalami masalah kulit kering, kamu dapat menggunakan masker kefir ini secara rutin dan teratur untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2. Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Kamu bisa menggunakan masker kefir untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara membuat masker kefir untuk kulit berminyak adalah dengan menambahkan putih telur dan madu ke dalamnya. Kedua bahan tersebut dapat membantumu untuk mengecilkan pori-pori dan membantu menyegarkan kulit wajah saat menggunakannya sebagai masker.

3. Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah yang membuatmu menjadi tidak percaya diri dengan penampilanmu. Masker kefir juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Untuk mengatasi jerawat di wajah, kamu tidak perlu menambahkan bahan apapun ke dalam masker kefir yang kamu buat. Masker tersebut justru akan semakin efektif untuk mengatasi jerawat apabila hanya terbuat dari kefir dan susu saja. Kamu hanya perlu mengoleskan masker kefir yang kamu buat sebelum tidur di malam hari. Setelah itu, cucilah wajahmu hingga bersih saat bangun di pagi hari.

4. Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Normal

Meskipun kamu tidak memiliki masalah apapun dengan kulitmu, kamu tetap bisa menggunakan masker kefir untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu. Kamu bisa menggunakan cara membuat masker kefir sederhana yang telah dibahas di atas. Selain itu, kamu juga dapat mencampur bahan lainnya supaya masker tersebut lebih efektif.

Salah satu bahan yang dapat kamu campurkan dalam cara membuat masker kefir untuk kulit normal ialah timun. Kamu perlu memarut dan memeras air timun terlebih dahulu, lalu mencampur air perasan tersebut ke dalam susu kefir. Masker kefirmu siap untuk digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.