Sukses

12 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pontianak adalah salah satu tempat yang bisa jadi agenda liburan yang menarik. Pontianak merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal akan wisata yang unik serta bentang alamnya yang sungguh indah menawan saat berkunjung ke Pontianak bisa jadi pengalaman liburan yang menyenangkan. 

Pontianak merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat, di mana sebagian daerahnya dilalui oleh garis khatulistiwa, yang menjadikan tempat ini lebih istimewa dibanding daerah lainnya di Indonesia. Tak heran bila kemudian Pontianak kerap disebut sebagai kota khatulistiwa. Selain itu, tempat wisata di Pontianak juga memiliki banyak destinasi sejarah juga budaya yang masih dijaga sampai sekarang.

Ada banyak sekali tempat wisata di Pontianak yang dapat pengunjung jumpai bersama keluarga, teman hingga orang-orang tersayang lainnya. Mulai dari wisata bernuansa alam, edukasi bahkan wisata sejarah. 

Berikut ini tempat wisata di Pontianak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Pontianak

1. Taman Alun Kapuas

Tempat wisata di Pontianak berikut ini adalah Taman Alun Kapuas. Taman yang terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, berada tepat di depan kantor wali kota Pontianak. Memiliki lokasi yang strategis, menjadikan Taman Alun Kapuas bisa dikunjungi oleh siapa saja. Tempat wisata di Pontianak tidak pernah sepi akan pengunjung baik warga Pontianak maupun wisatawan luar daerah. Taman Alun Kapuas merupakan salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak. Di tempat ini juga terdapat air mancur yang sangat indah juga dilengkapi dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat.

Taman yang sebelumnya hanya berkisar kurang lebih 1,5 hektar, kini sudah meluas hingga mencapai kurang lebih sekitar tiga hektar. Saat berkunjung, pengunjung bisa memandangi keindahan sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasi sungai. Para pengunjung juga bisa bersantai, serta menikmati sajian kuliner khas Pontianak yang dijajakan di sekitar taman.

2. Tugu Khatulistiwa

Jika berkunjung ke Kota Pontianak, tidak akan lengkap jika tidak menyambangi Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ini, berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata di Pontianak ini berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak. Destinasi wisata ini paling terkenal ini tak pernah sepi pengunjung, karena Tugu Khatulistiwa merupakan ikon kota Pontianak. Jika pengunjung sedang beruntung, dapat menyaksikan peristiwa menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari. Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa.

Peristiwa titik kulminasi Matahari terjadi dua kali dalam setahun. Oleh sebab itu, untuk menyaksikan fenomena alam ini antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini yang unik ini menjadi acara tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan domestik dan luar negeri.

3. Taman Nasional Gunung Palung

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Palung yang diperkirakan memiliki luas kurang lebih 90.000 hektar. Taman Nasional ini memiliki cukup banyak ekosistem lengkap, dimulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hingga pegunungan. Destinasi wisata ini juga tersedia beragam spesies flora dan fauna yang eksotis. Pengunjung juga bisa menjumpai spesies Anggrek Hitam yang hampir punah di sekitar sungai Matan. Tempat wisata Pontianak ini terletak di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Pontianak

4. Museum Provinsi Kalimantan Barat

Museum Provinsi Kalimantan Barat merupakan sebuah museum yang berlokasi di Jalan Jenderal Achmad Yani, Kota Pontianak. Museum ini menyimpan berbagai benda-benda yang bernilai historis, salah satunya peninggalan sejarah dari peradaban beberapa jenis suku bangsa yang ada di Kalimantan Barat, seperti Suku Melayu, Suku Dayak, hingga Suku Tionghoa. Terdapat juga Ruang Pameran yang dibagi atas tiga ruangan, diantaranya Ruang Pengenalan, Ruang Budaya Kalimantan Barat juga Ruang Keramik. Museum ini dibuka pada Selasa-Minggu 08.00-14.00, Jumat 08.00-11.00 dan 12.30-14.00 dan tutup pada hari Senin dan libur nasional. Tiket masuk ke museum ini sangat terjangkau yaitu Rp 1.000.

5. Rumah Radakng

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Rumah Radakng Rumah panjang suku Dayak Kanayatn di provinsi Kalimantan Barat, merupakan satu di antara ciri khas Provinsi Kalimantan Barat. Di Pontianak, pengunjung bisa menjumpai Rumah Radakng sebagai destinasi wisata di Komplek Perkampungan Budaya di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak, berdampingan dengan Rumah Melayu Kota Pontianak. Rumah Radakng juga dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Pasalnya rumah adat ini memiliki tinggi 7 meter dengan panjang bangunan 138 meter. Tempat ini menjadi rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi saat musim liburan.

6. Keraton Kadariah

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya, merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung. Keraton Kadariah merupakan istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada tahun 1771 sampai 1778 masehi yang menjadi cikal-bakal lahirnya Kota Pontianak. Keraton ini berada di dekat pusat Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Struktur bangunan Keraton Badariah terbuat dari kayu pilihan, dan pada bagian depan, tengah, dan kiri depan Keraton akan terlihat 13 meriam kuno buatan Portugis dan Perancis. Tempat ini juga terdapat sebuah ruangan berupa mimbar yang menjorok ke depan, dan dulunya digunakan Sultan sebagai tempat peristirahatan atau sekadar untuk menikmati keindahan pemandangan sungai kapuas dan sungai landak.

Keraton Kadariah sampai sekarang memiliki koleksi benda- benda bersejarah yang cukup lengkap, diantaranya beragam perhiasan yang digunakan secara turun temurun. Terdapat juga benda-benda kuno seperti benda pusaka dan artefak, barang pecah belah, foto keluarga Sultan dan arca- arca. Untuk dapat menjelajah sejarah dari Keraton Kadariah ini Anda cukup datang ke Keraton Kadriyah di Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kota Pontianak. Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis untuk menikmati tempat wisata di Pontianak ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Pontianak

7. Rumah Betang

Rumah adat Suku Dayak ini disebut juga Rumah Panjang yang dibangun menggunakan kayu ulin.  Untuk memasuki rumah, masyarakat perlu menggunakan sebatang pohon kayu kelapa utuh yang dipahat menjadi tangga. Di dalam Rumah Betang ini terdapat ruang serba guna yang juga disewakan untuk acara-acara. Rumah adat ini tinggi, besar serta memiliki arsitektur yang kental dengan corak Suku Dayak, juga didominasi warna merah, sehingga bisa menjadi spot foto yang menarik. Pengunjung bisa memasuki komplek rumah betang ini pukul 07.00-17.00 WIB hari Senin-Sabtu.

8. Taman Burung Singkawang

Tempat wisata di Pontianak yang berikut  adalah Taman Burung Singkawang. Taman ini juga kerap digunakan oleh masyarakat sekitar, untuk dijadikan tempat bersantai di kala sore hari menjelang. Taman ini kerap disebut warga sekitar sebagai Taman Mess Daerah, sebab letaknya berdekatan dengan Mess Daerah Singkawang. Tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau yakni 10 ribu saja dan buka selama 24 jam setiap hari. Lokasinya di Jalan Merdeka, Tengah, Singkawang. Tempat ini juga cocok bersantai Bersama keluarga, teman juga orang tersayang.

9. Aloe Vera Center

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Aloe Vera Center yang merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya yang kerap menjadi daya tarik wisata Pontianak. Selain pengunjung bisa menemui hamparan kebun lidah buaya, Kamu juga bisa mengintip proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti dodol, permen, hingga berbagai kosmetik. Jika kamu berencana berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Pontianak

10. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah pantai Pasir Panjang. Pantai yang masuk dalam kawasan Selat Nasik ini memiliki lokasi yang benar-benar terletak di balik hutan. Tak heran jika akses ke pantai ini pun masih tergolong susah. Jika kamu ingin singgah ke pantai ini maka kamu perlu berjuang keras untuk sampai di tempat ini. Namun rasa lelah akan tergantikan dengan pemandangan alam yang ada. Hal yang unik lagi dari pantai ini adalah tekstur pasir yang keras, yang jarang kamu temui di pantai lainnya. Tempat ini sangat cocok untuk foto dan mengisi feed Instagram.

11. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata di Pontianak berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Danau Biru Singkawang. Danau Biru Singkawang merupakan salah satu danau yang tercipta dari bekas penambangan emas. Uniknya lagi, tempat wisata Pontianak berupa danau ini disebut-sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota Singkawang, karena memang terbentuk secara tidak sengaja.

Pengunjung akan melihat pemandangan airnya yang berwarna biru mencolok, juga menciptakan kesan keunikan tersendiri di mata wisatawan. Ditambah lagi dengan keadaan alam sekitarnya terlihat masih sangat alami, membuat pikiran menjadi lebih rileks. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp 5.000,- Jam Buka 24 jam setiap hari, pengunjung bisa mengeksplor keindahan yang ada di tempat ini.

 

12. Kampung Betin

Tempat wisata Pontianak selanjutnya adalah Kampung Betin. Kampung Betin cukup unik, karena berada di atas tepian sungai Kapuas. Pengunjung juga bisa menjelajahi kawasan di sekitar kampung, dengan melewati jembatan gertak sebagai sarana penghubung tiap rumah yang berada di permukiman ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.