Sukses

Badmood Artinya Suasana Hati yang Buruk, Kenali Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Badmood artinya adalah suasana hati yang buruk. Istilah badmood ini mungkin sudah sering kamu dengar ataupun muncul pada postingan di media sosial. Penggunaannya juga sudah meluas dari hanya digunakan anak muda, sampai sekarang sudah dikenali oleh anak-anak hingga orang tua.

Badmood disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari faktor internal maupun eksternal. Aktivitas yang padat dan kerap bertemu dengan banyak orang tak jarang membuat seseorang mengalami suasana hati yang buruk.

Badmood artinya seseorang sedang tidak dalam suasana hati yang baik. Perasaan ini kerap kali datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu mungkin perlu mengenali cara untuk mengontrol atau menghindarinya agar tidak mengganggu aktivitas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022) tentang badmood artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Badmood artinya

Badmood artinya tentu perlu dikaji dari asal katanya, yaitu dari bahasa Inggris. Penggunaan kata ini sekarang sudah selayaknya kata sehari-hari bagi orang Indonesia. Badmood adalah istilah yang berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu "bad" dan "mood". Kata "bad" berarti 'buruk', sedangkan ‘mood’ berarti 'suasana hati' atau 'emosi'. Jadi, badmood artinya suasana hati atau emosi yang buruk.

Badmood artinya berkaitan dengan suasana hati seseorang. Badmood artinya suasana hati yang buruk. Namun, badmood artinya tak sekadar menjelaskan suasana hati yang buruk saat sedang sedih atau marah. Hal ini bisa ditunjukkan dengan reaksi seseorang yang negatif terhadap suatu hal. Badmood artinya kamu sedang lelah dan tidak bergairah untuk melakukan apapun itu, bahkan terkadang kamu juga tidak menyukai apa yang biasanya kamu sukai.

Suasana hati seseorang tentunya tidak akan baik, tenang, dan bahagia selamanya. Ada kalanya seseorang mengalami hari yang buruk dan melelahkan, berbagai hal yang tak diinginkan terjadi, sehingga membuat suasana hati yang semula baik menjadi buruk. Badmood artinya kurang lebih adalah seperti itu, saat suasana hati kamu sedang buruk.

Suasana hati yang buruk ini sebaiknya tidak diremehkan, karena bisa berdampak besar bagi kehidupan kamu, apalagi jika sering terjadi. Badmood artinya adalah suasana hati yang buruk yang dapat mengaburkan pikiran jernih seseorang. Saat badmood, kamu jadi tidak dapat mengambil keputusan yang tepat, mengurangi produktivitas, bahkan dapat merenggangkan hubungan sosial dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, serta pasangan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Badmood

Secara umum, faktor penyebab seseorang badmood yaitu di antaranya meliputi :

1. Pubertas

2. Pramenstruasi (PMS)

3. Sedang lapar

4. Sedang lelah

5. Masalah pekerjaan

6. Masalah keluarga

7. Masalah percintaan

8. Kenyataan tidak sesuai harapan

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Badmood

Badmood tidak bisa dihindari, namun bad mood bisa diatasi, dicegah ataupun dihilangkan dengan kegiatan-kegiatan yang seru, di antaranya:

- Makan

Makan merupakan salah satu cara menghilangkan badmood. Walaupun demikian, usahakan untuk makan makanan yang bergizi seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya seperti ikan salmon. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Buah dan sayuran juga tak boleh luput dari daftar menu makanan pembangkit mood kamu.

- Minum Kopi atau Teh

Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang di dalamnya terkandung kafein. Adanya kandungan kafein inilah yang menjadikan keduanya ampuh untuk membangkitkan mood. Pasalnya, kafein berperan dalam memblokade senyawa adenosin di dalam tubuh. Aktivitas tersebut lantas membantu tubuh untuk memproduksi dopamin dan glutamin sehingga yang terjadi selanjutnya adalah, tubuh akan merasa rileks, waspada, dan tentu saja menghasilkan mood yang bagus.

- Mendengarkan Musik

Tak jarang mood seseroang kembali baik setelah mendengarkan musik favoritnya. Agar mood kembali membaik, sebaiknya dengarkan musik yang ceria dan penuh semangat alih-alih musik dengan nada yang sendu.

- Olahraga

Efektivitas olahraga dalam mengatasi badmood disebut-sebut sama dengan obat antidepresan. Pasalnya, aktivitas olahraga membantu pelepasan hormon dopamin atau hormon ‘bahagia’ oleh tubuh sehingga memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

- Aromaterapi

Salah satu manfaat dari aromaterapi yakni dapat membantu menenangkan pikiran kamu ketika sedang suntuk ataupun badmood. Para ahli kesehatan sepakat bahwa menghirup aromaterapi menjadi salah satu cara menghilangkan bad mood yang efektif. Saat bad mood melanda, kamu bisa menghirup minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender.

- Pergi ke Alam Terbuka

Menutup mata sembari menghirup udara segar tentunya dapat membantu kamu menghilangkan penat dalam diri ]. Berada di alam terbuka dengan banyak pepohonan rindang selama 90 menit saja, berdasarkan hasil penelitian, efektif untuk meminimalisir bagian otak yang menghasilkan pikiran negatif dan bad mood yaitu subgenual prefrontal cortex (sgPFC).

- Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu cara menghilangkan badmood yang paling mudah dilakukan. Istirahat dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tentunya menjadi lebih tenang. Cara menghilangkan bad mood adalah dengan senantiasa istirahat yang cukup yakni 7-9 jam sehari.

- Buat Ruangan Menjadi Terang

Ketika sedang bad mood, usahakan untuk  berada  di tempat yang terang. Cahaya diklaim dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Berada di tempat yang minim cahaya hanya akan memperpanjang bad mood yang sedang melanda kamu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS