Sukses

Taman Wisata Kopeng, Tempat Liburan Murah dan Menyenangkan di Jawa Tengah

Liputan6.com, Jakarta Taman Wisata Kopeng merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kota Salatiga yang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya ini, membuatnya menjadi salah satu daerah yang wajib dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Untuk wisatawan yang ingin berlibur dengan suasana alam namun tidak melupakan fasilitas penunjang yang lengkap, maka tujuan liburan yang bisa dituju adalah Taman Wisata Kopeng. Tidak hanya menyajikan keindahan alam, Taman Wisata Kopeng juga menyediakan berbagai wahana menarik untuk para pengunjungnya.

Taman Wisata Kopeng juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman, harga tiket masuknya yang terjangkau dan fasilitasnya yang lengkap, membuat destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber informasi seputar Taman Wisata Kopeng untuk pedoman bagi anda yang berniat melakukan perjalanan dan berkunjung ke Salatiga. Selasa (2/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kawasan Daerah Kopeng. Tepatnya berada pada ketinggian 1.500 Mdpl di lereng Gunung Merbabu. Saat anda berkunjung, anda dapat merasakan sejuknya cuaca dan alam yang masih asri.

Taman Wisata Kopeng juga sangat nyaman dijadikan destinasi wisata keluarga atau bersama teman. Hal ini karena Taman wisata menyediakan berbagai macam atraksi wisata dan wahana yang berada di kawasan hutan alam.

Pengunjung bisa berkunjung ke Taman Wisata Kopeng setiap hari mulai pagi hari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

 

Lokasi Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng terletak di Jalan Raya Salatiga-Magelang KM 15, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Atau kurang lebih berjarak 1 jam berkendara dengan kendaraan pribadi dari kota Semarang.

Jalan menuju Taman Wisata Kopeng juga terbilang sangat mudah untuk dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jika anda berangkat dari Yogyakarta, hanya perlu berkendara sekitar 2,5 jam dan 1 jam jika anda berangkat dari Solo atau Semarang.

Anda dan keluarga bisa berlibur di Kopeng Jawa Tengah menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil maupun kendaraan umum seperti bus pariwisata. Berada di perbatasan antara Kab. Magelang dan Kota Salatiga, destinasi wisata alam satu ini tak pernah sepi akan pengunjung setiap harinya.

3 dari 5 halaman

Fasilitas Taman Wisata Kopeng

Berikut ini adalah beberapa aktivitas dan wahana yang bisa digunakan untuk mengisi kegiatan selama berlibur di area Taman Wisata Kopeng, yaitu:

1. Camping Ground Taman Wisata Kopeng

Fasilitas yang pertama adalah area Camping Ground. Disini pengunjung bisa merasakan sensasi berkemah di alam pegunungan, lokasinya terletak di lapangan luas yang penuh pepohonan. Untuk pengunjung yang belum berpengalaman berkemah pun tidak perlu khawatir karena segala kebutuhan untuk berkemah telah disediakan pihak pengelola.

 

2. Kolam Renang Dan Kopeng Waterpark

Selain berkemah, pengunjung juga bisa bermain di wahana air yaitu di kolam renan dan kopeng waterpark. Dikelilingi dengan pepohonan hijau, anda dapat menikmati kesejukan pegunungan sembari berenang dan bermain air. Selain itu Kopeng waterpark juga terkenal dengan air nya yang berasal dari sumber mata air murni pegunungan.

Untuk pengunjung yang hanya ingin berenang santai, bisa memilih area kolam renang biasa. Sedangkan bagi yang ingin lebih atraktif terutama bagi anak-anak, bisa bermain di area kolam water park yang mana area waterpark memiliki berbagai wahana seperti perosotan lurus, perosotan spiral, air mancur, dan Giant Water Ball.

 

3. Outbound

Untuk pengunjung yang menyukai tantangan, taman wisata Kopeng juga memiliki area outbound. Terdapat permainan seperti panjat tali, berjalan di jaring, trampolin jaring, spider jumper, hingga flying fox yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Berada di dalam kawasan hutan pinus, menjadikan kegiatan outbound menjadi lebih menyenangkan. Flying Fox misalkan menjadi salah satu yang cukup menantang apalagi buat anak-anak. Ada dua pilihan ketinggian flying fox di area Taman Wisata Kopeng  yaitu 12 meter dan 6 meter.

 

4. Paintball

Wahana popular di Taman Wisata Kopeng selanjutnya yang terkenal adalah atraksi paintball. Paintball menjadi atraksi yang cocok bagi kelompok pengunjung yang suka tantangan. Bermain perang-perangan atau War Game dengan senjata tembakan di hutan belantara tentu membuat permainan semakin seru dan menyenangkan.

Untuk anda yang liburan sendiri dan tidak dalam rombongan, pengunjung juga bisa memilih bermain Shoot Target. Di wahana ini  pengunjung dapat menembak target dengan modal 5 buah peluru. Jika beruntung menembak tepat sasaran, ada hadiah yang akan diberikan.

4 dari 5 halaman

Fasilitas Taman Wisata Kopeng

5. Pasar Buah Dan Sayur Segar

Atraksi yang banyak dikunjungi selanjutnya terutama oleh orang tua adalah area pasar buah dan sayur. Disini terdapat puluhan jenis sayuran dan buah segar yang dijajakan di pasar tradisional tersebut. Buah dan sayur yang dijual dijamin segar karena berasal langsung dari kebun warga setempat. Selain itu harganya pun dijamin lebih murah karena langsung dari petani.

 

6. ATV

Fasilitas popular selanjutnya adalah permainan dengan menggunakan ATV. Bermain mobil ATV menjadi salah satu yang bisa dijajal oleh semua pengunjung dari berbagai kalangan usia. Apalagi, permainan ini mengambil jalur yang dibuat semirip mungkin dengan yang ada di alam liar, sehingga membuatnya menjadi lebih menantang dan seru.

 

7. Staycation di Villa

Untuk pengunjung yang memiliki waktu lebih untuk hiburan juga dapat melepas penat dengan menginap beberapa malam di area Taman Wisata Kopeng. Di dalam area Taman Wisata Kopeng terdapat banyak villa yang bisa pengunjung sewa untuk staycation.

Staycation menjadi kegiatan populer saat ini untuk para wisatawan yang ingin memanjakan diri. Pengunjung bisa memanjakan diri sejenak dari rutinitas harian yang membuatmu stres dengan melakukan aktivitas staycation di area pegunungan.

 

8. Duduk Santai Menikmati Keindahan Alam Pegunungan

Selain mencoba permainan, untuk pengunjung yang ingin liburan santai juga dapat duduk-duduk dan berkeliling di area Taman Wisata Kopeng. Pemandangan di lereng Gunung Merbabu tentu tidak diragukan lagi pesonanya. Setelah seharian melakukan aktivitas seru dan menantang, anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan indah di sekitar.

Fasilitas umum dan penunjang juga terbilang sangat lengkap, seperti Area parkir kendaraan yang luas, Pusat informasi, Penginapan, Toilet, Mushola, Gazebo, Tempat duduk, Warung wisata, Rumah makan dan restoran, Coffee Shop serta Toko Souvenir.

5 dari 5 halaman

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan selama liburan di Taman Wisata Kopeng karena harga tiket masuk Taman Wisata Kopeng tergolong sangat terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung juga bisa memilih wahana yang sesuai dengan budget masing-masing dan harga setiap wahananya pun terbilang sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

Tiket Masuk - Rp20.000,00

Flying Fox - Rp20.000,00

Waterpark - Rp20.000,00

Paintball Shoot Target - Rp20.000,00

ATV untuk 2 putaran - Rp20.000,00

Fun Billiard/jam - Rp25.000,00

Wahana Outbound (9 Trip) - Rp40.000,00

Paintball War Game - Rp75.000,00

Family Karaoke/jam - Rp75.000,00

ATV Trip Gardu Pandang - Rp150.000,00

Resort - Rp350.000,00 – Rp1.500.000,00

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS