Sukses

Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah dari Orientasi sampai Rangkuman

Teks ulasan adalah memuat opini penulis yang didasarkan pada fakta sesungguhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami urutan struktur teks ulasan yang benar adalah terdiri dari empat hal penting. Sebelum mengetahui seperti apa urutan struktur teks ulasan yang benar adalah, pahami dulu apa itu pengertian dari teks ulasan.

Teks ulasan adalah memuat opini penulis yang didasarkan pada fakta sesungguhnya. Teks ulasan adalah sama dengan teks review yang berisi tinjuan. Teks ulasan adalah biasa dipakai untuk mengupas tuntas tentang karya, seperti buku, film karya sastra, hingga produk tertentu.

Dalam buku berjudul Top Fokus Ulangan & Ujian SMP (2020) oleh Tim Maestro Eduka, teks ulasan adalah tulisan yang memuat tinjauan suatu karya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai.

Lalu seperti apa urutan struktur teks ulasan yang benar? Dijelaskan urutan struktur teks ulasan yang benar adalah terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Memahami urutan struktur teks ulasan yang benar adalah kunci dari cara membuat teks ulasan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam urutan struktur teks ulasan yang benar adalah terdiri dari empat hal penting, Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman

Apabila sudah memahami tentang teks ulasan, kemudian perhatikan urutan struktur teks ulasan yang benar. Masih mengutip dari sumber buku yang sama, dijelaskan urutan struktur teks ulasan yang benar adalah dimulai dari orientasi, kemudian tafsiran, melakukan evaluasi, dan menuliskan rangkuman.

Agar bisa lebih memahami urutan struktur teks ulasan yang benar adalah terdiri dari empat hal itu, simak penjelasannya berikut ini:

1. Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah Dimulai dari Orientasi

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah dimulai dari orientasi. Orientasi dari urutan struktur teks ulasan yang benar adalah berisi gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Paling penting dari urutan struktur teks ulasan yang benar adalah dari orientasi, berupa identitas karya.

Identitas karya dapat ditulis dalam bentuk daftar atau melalui paragraf deskripsi. Contohnya, apabila cerpen atau buku, informasi dari orientasi sebagai urutan struktur teks ulasan yang benar adalah bagian pertama, perlu judul, pengarang, penerbit, dan tahun terbit.

2. Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah Kedua Melakukan Tafsiran

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah kedua berupa tafsiran. Tafsiran sebagai urutan struktur teks ulasan yang benar adalah bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas. Bagian tafsiran dari urutan struktur teks ulasan yang benar adalah memuat atau menjelaskan pandangan penulis terhadap karya yang diulas.

3. Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah Ketiga Melakukan Evaluasi

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah ketiga melakukan evaluasi. Evaluasi sebagai urutan struktur teks ulasan yang benar adalah dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran terhadap hasil karya. Pada bagian evaluasi sebagai urutan struktur teks ulasan yang benar adalah akan menyebutkan kelebihan, keunikan, hingga kekurangan karya secara detail.

4. Urutan Struktur Teks Ulasan yang Benar adalah Terakhir Berupa Rangkuman

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah terakhir berupa rangkuman. Ini urutan struktur teks ulasan yang benar adalah paling penting karena memuat kesimpulan juga. Rangkuman sebagai urutan struktur teks ulasan yang benar adalah berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya

Memahami jenis-jenis teks ulasan adalah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber ada tiga, yakni teks ulasan deskriptif, teks ulasan informatif, dan teks ulasan kritis. Agar lebih memahami, simak penjelasan jenis-jenis teks ulasan berikut ini:

1. Teks Ulasan Deskriptif

Memahami jenis teks ulasan deskriptif adalah berisi gambaran detail tiap bagian karya. Teks ulasan deskriptif adalah sering dilakukan pada karya fiksi untuk mendapat gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, serta kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis pada sebuah karya.

2. Teks Ulasan Informatif

Memahami jenis teks ulasan informatif adalah memiliki gambaran singkat, padat, dan umum sebuah karya. Jenis teks ulasan informatif adalah tidak menyampaikan isi karya secara keseluruhan, melainkan hanya menyampaikan bagian yang penting saja. Kemudian lebih menekankan kelebihan atau kekurangan karya tersebut.

3. Teks Ulasan Kritis

Memahami jenis teks ulasan kritis adalah berisi ulasan suatu karya yang terperinci dan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya jenis teks ulasan kritis adalah ditulis secara objektif dan kritis, serta tidak berdasarkan pada pandangan subyektif dari penulis ulasan.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan yang Mudah Dipahami

Apabila sudah memahami apa itu teks ulasan dan urutan struktur teks ulasan yang benar adalah dari orientasi sampai rangkuman, simak contohnya.

Ini contoh teks orientasi melansir modul yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika di laman website resminya:

1. Contoh Teks Ulasan Puisi

Puisi dengan judul “Ibu” merupakan salah satu karya dari Cantika Ayu yang telah diterbitkan pada majalah kalangan usia menengah. Puisi ini berisi doa dari seorang anak untuk Ibunya. Pencipta juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk jasa seorang ibu. Pada pusisi digambarkan bahwa Ibu merupakan orang yang selalu ada untuk putra-putrinya.

Di bait pertama hingga ketiga, penulis mengungkapkan doa untuk ibu. Penulis mengharapkan senyuman dan kebahagiaan Ibu tidak pernah pudar. Sang anak juga mendoakan agar Ibu selalu berada dalam tuntunan Tuhan. Puisi juga menggambarkan seorang Ibu yang terkadang banyak bicara namun sang anak terus berharap rezeki ibu terus mengalir.

Puisi ini menunjukan rasa kasih sayang seorang anak kepada ibunya. Cinta dan kasih dari Ibu tidak akan pernah terbalaskan, sehingga ungkapan terimakasih saja tidak akan pernah cukup. Hal itu membuat sang anak mendoakan Ibunya dengan tulus tanpa henti. Puisi ini juga menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami Ibu dan anak.

Secara keseluruhan, puisi Ibu layak untuk dibaca. Puisi juga dapat dijadikan sebagai referensi ketika pembaca membutuhkan referensi untuk penulisan puisi dengan tema serupa. Setiap bait puisi ini membuat pembaca sadar bahwa pengorbanan seorang ibu tentu sangat besar. Puisi ini dapat menjadi motivasi agar hati seorang ibu selalu dijaga.

2. Contoh Teks Ulasan Buku

Identitas Buku

Judul Buku: Cinta Brontosaurus

Pengarang: Raditya Dika

Genre: Komedi, Percintaan

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2006

Tebal Buku: 160 Halaman

Sinopsis Buku

Dika merupakan seorang penulis yang baru saja putus dengan Nina dan pacarnya. Sejak putus, dia mempercayai bahwa cinta dapat kadaluarsa. Agen naskah Dika, Kokasih, mencoba untuk membuat Dika yakin kembali pada cinta seperti halnya keyakinan Kokasih pada Wanda, istrinya. Upaya kokasih membuat Dika pada rangkaian perkenalan yang absurd.

Namun, cinta datang tanpa terduka seperti halnya saat Jessica bertemu dengan Dika. Sejak bertemu dengan Jessica, Dika mulai ragu akan kebenaran cinta yang dapat kadaluarsa. Di sisi lain, Mr. Soe Lim tengah menawarkan untuk memfilmkan buku Dika dengan judul Cinta Brontosaurus.

Dika sangat bersemangat dalam menulis skrip film, namun Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horor. Buku ini merupakan kisah dari Dika yang kembali memahami cinta saat bertemu dengan Jessica, teman dan keluarganya.

Tampilan buku cover buku ini sangat menarik dengan dukungan tampilan dalam yang membuat buku tampak lebih ceria. Isi dari buku ini sangat bagus mulai dari kisah komedi, cinta dan kehiudan sehari-hari yang dikemas secara menarik. Kisah sangat sesuai dengan kehidupan remaja masa kini.

Bahasa pada buku ini menggunakan loe, gue, dan sebagainya yang merupakan bahasa gaul dan kekinian. Bahasa yang digunakan tidak seluruhnya mencakup Bahasa Indonesia yang baik namun hal tersebut selaras dengan tema dan isi buku yang mengisahkan remaja.

Kisah dan tema yang ada di buku ini sangat menarik minat pembaca apalagi ditambah dengan kisah lucu yang dapat mengundang tawa. Namun, pembaca akan dibuat penasaran dengan akhir cerita yang mengambang. Ada juga beberapa kata yang vulgar dan perlu disensor.

Cinta Brontosaurus menjadi salah satu buku yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, hadir dengan daya tarik yang besar. Jiwa humoris penulis membuat buku ini tidak membosankan untuk dibaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.