Sukses

Panjang Lapangan Sepak Bola adalah 100-110 Meter, Ini Rincian Lengkapnya

Panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter jika merujuk pada aturan standar internasional yang ditentukan oleh FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter jika merujuk pada aturan standar internasional yang ditentukan oleh FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional. Namun apabila merujuk pada peraturan yang digunakan di Indonesia, panjang lapangan sepak bola adalah 90-120 meter.

Seperti yang telah diketahui, sepak bola memiliki bentuk lapangan persegi panjang dengan dua gawang. Tak hanya itu, di pinggir lapangan juga dilengkapi dengan garis putih yang memiliki fungsi sangat penting di dalam lapangan.

Pertandingan sepak bola resmi harus dimainkan di lapangan dengan ukuran sesuai aturan yang berlaku. Untuk permukaan tanah lapangan untuk pertandingan sepak bola yang umumnya berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ukuran lapangan sepak bola sesuai peraturan standar nasional dan internasional yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Sepak Bola

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan. Dalam permainannya, sepak bola memiliki aturan yang perlu diketahui oleh setiap pemain.

Sepak bola ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.

3 dari 7 halaman

Aturan Permainan Sepak Bola

Seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, aturan main sepak bola adalah sebagai berikut:

1. Durasi totalnya adalah 90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri, diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

2. Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

3. Gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit.

4. Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola, sedangkan posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

5. Bola keluar, apabila bola keluar melewati garis lapangan. Bila terjadi hal demikian, pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

6. Tendangan sudut ini dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai namanya, tendangan ini dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.

7. Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan punya peluang untuk mencetak gol. Penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.

4 dari 7 halaman

Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Aturan PSSI

Peraturan panjang lapangan sepak bola berbeda antara nasional dan internasional. Apabila merujuk pada aturan standar nasional yang ditetapkan oleh PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, maka panjang lapangan sepak bola adalah 90-120 meter. Sementara untuk lebarnya, sebuah lapangan haruslah memiliki lebar 45 hingga 90 meter. Berikut rincian ukuran lapangan sepak bola:

1. Lingkar Tengah Radius: 9,15 m

2. Kotak Penalti: 18,3 x 5,5 m

3. Kotak Kiper: 40,3 x 16,5 m

5 dari 7 halaman

Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Aturan FIFA

Berbeda dengan panjang lapangan sepak bola yang ditentukan oleh PSSI, panjang lapangan sepak bola yang ditentukan oleh FIFA adalah sebagai berikut:

1. Panjang: 100–110 m

2. Lebar: 64–75 m

3. Lingkar Tengah Radius: 9,15 m

4. Kotak Penalti: 40,3 x 16,5 m

5. Luas kotak kiper: 18,3 x 5,5 meter

Jadi, ukuran panjang lapangan sepak bola adalah suatu hal yang perlu kamu perhatikan dari pedoman internasional atau nasional.

6 dari 7 halaman

Posisi Pemain Sepak Bola

Dikutip dari laman Penjasorkes, berikut macam-macam posisi pemain sepak bola yang wajib diketahui setiap pemain:

1. Goal Keeper (Penjaga Gawang)

a. Saving atau menyelamatkan gawang dari kebobolan, merupakan suatu tindakan untuk menghindari atau mencegah terjadinya gol dengan melakukan berbagai usaha. Contohnya menepis, menangkap serta menyundul bola.

b. Clearing atau membersihkan adalah suatu usaha untuk menjaga bola supaya jauh dari area yang berbahaya.

c. Mengarahkan pertahanan yang merupakan pemain paling belakang. Seorang kiper dapat mengarahkan para bek untuk memposisikan diri.

d. Mendistribusikan bola merupakan keputusan kiper untuk menendang bola atau membuang bola setelah melakukan saving.

2. Defender (Pemain Bertahan)

Deffender merupakan posisi pemain sepak bola yang memiliki banyak istilah atau singkatan di dalamnya. Mulai LB, CB, SW, RWB, dan lain sebagainya yang berada di garis pertahanan tim. Tugas permain bertahan dalam sepak bola tentu saja untuk menghalau penyerang tim lawan mendekati gawang. Memiliki defender kuat serta formasi yang solid akan sangat membantu kiper mempertahankan gawangnya.

Hal ini secara otomatis menggaris bawahi bahwa posisi penjaga gawang sangat penting dan harus dijaga secara ketat. Berikut beberapa macam pemain bertahan dalam sepak bola:

a. Center Back (Bek Tengah)

Bek tengah bertugas untuk menjaga daerah pertahanan bagian tengah. Biasanya dalam formasi bersama, center back kedudukannya di bagian belakang bersamaan dengan kiper agar gol dapat dicegah.

b. Wing Back (Bek Sayap)

Bek sayap merupakan nama posisi pemain sepak bola yang bertugas untuk menjaga daerah pertahanan sayap dan membantu serangan tim dengan sesekali maju serta memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.

c. Sweeper (Penyapu)

Sweeper letaknya di depan penjaga gawang atau di bagian belakang garis pertahanan. Seorang sweeper bertugas untuk mendeteksi bahaya, mengawasi dan menyapu bahaya tersebut. Untuk itu skill utama yang harus dimiliki oleh sweeper ialah mahir menyapu dan merebut bola dari serangan lawan.

3. Midfielder (Gelandang)

Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa pembagian posisi gelandang, yaitu:

a. Defending Midfielder (Gelandang Bertahan)

Gelandang bertahan bertugas untuk melakukan pencegahan agar garis pertahanan tidak dapat dicapai oleh bola lawan. Pemain gelandang cenderung memiliki kemampuan memotong serangan lawan yang bagus, dapat memposisikan dirinya secara strategis dan baik, serta mahir dalam merebut bola lawan.

b. Center Midfielder (Gelandang Tengah)

Adapun tugas tugas gelandang tengah yaitu:

- Menjaga daerah sendiri di bagian tengah lapangan.

- Mengatur ritme dalam permainan.

- Membantu pertahanan di bagian sayap maupun tengah.

- Menciptakan peluang bagi striker tim sendiri.

- Memblokir serangan dari lawan.

c. Attacking Midfielder (Gelandang Serang)

Gelandang serang merupakan posisi pemain dalam sepak bola yang dianggap sebagai otak dalam tim karena dapat menciptakan pola penyerangan yang terampil dan strategis, serta bola dapat didistribusikan dengan baik.

d. Winger (Gelandang Sayap)

Gelandang sayap ialah pemain gelandang yang letaknya di bagian sisi lapangan. Winger dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni Left Winger (LW) atau pemain sayap kiri dan Right Winger (RW) atau pemain sayap kanan.

Kemampuan seorang winger harus dapat menguasai dribbling dengan sangat baik, akurat dalam melewati lawan, dan mempunyai kecepatan tinggi. Biasanya gelandang sayap yang modern memiliki sifat yang fleksibel sehingga di bagian tengah lapangan dapat melakukan penyerangan.

7 dari 7 halaman

Posisi Pemain Sepak Bola

4. Forward (Penyerang)

Tugas pemain sepak bola yang cukup krusial terletak pada posisi penyerang atau forward. Pemain ini bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Seorang pemain forward harus memiliki skill dalam bentuk kecepatan, teknik dasar, kemampuan mengambil keputusan, dan bakat. Pemain penyerang dalam permainan sepak bola dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni penyerang tengah dan penyerang sayap. Berikut ini penjelasannya:

a. Center Forward (Penyerang Tengah)

Adapun tugas-tugas penyerang tengah, yaitu:

- Memperoleh umpan dari teman dan mengubahnya menjadi gol.

- Melakukan pengalihan perhatian dalam pertahanan lawan agar dapat memberikan ruang untuk pemain sayap dan gelandang serang.

b. Wing Forward (Penyerang Sayap)

Pemain ini dapat dinamakan dengan pemain second striker atau withdrawn striker. Penyerang sayap ialah pemain yang menjalankan serangan dan dapat ditarik ke posisi belakang.

Penyerang sayap bertugas untuk menghasilkan gol dan membantu serangan di daerah sayap. Selain itu second striker bertugas untuk memberikan ruang untuk striker dan memberikan umpan agar dapat menghasilkan gol.

5. Wasit

Wasit merupakan pengadil lapangan yang sangat penting dalam pengertian sepak bola. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.

6. Pelatih

Pelatih diharapkan mampu membimbing para pemain dari sebuah tim untuk meningkatkan performa dan bermain dengan baik dalam mencapai kemenangan. Tugas yang berat tersebut membuat pelatih juga memiliki tim pelatih tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.