Sukses

22 Wisata di Penang Malaysia Paling Populer, Jangan Sampai Terlewat

Simak wisata di Penang, Malaysia yang paling populer dikunjungi oleh wisawatan baik lokal maupun internasional.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Penang menjadi salah satu lokasi favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Malaysia. Pulau kecil di barat laut semenanjung Malaysia ini, menghadirkan banyak wisata menarik seperti Georgetown yang dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Wisata di Penang menyuguhkan beragam destinasi dengan keindahan alam dan fasilitasnya yang lengkap. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, bahkan terdapat paket lengkap untuk kamu yang ingin wisata lengkap berupa alam, kuliner, religi, ekstrem, edukasi serta rekreasi.

Tempat wisata di Penang juga menjadi salah satu yang paling terkenal di Malaysia. Budaya yang beragam membuat wisatawan bisa menikmati percampuran budaya yang kental antara komunitas Tionghoa, Tamil dan penduduk asli Melayu. Oleh karena perpaduannya yang beragam, wisatawan juga dapat menikmati kuliner dengan citarasa tinggi hasil perpaduan beragam budaya.

Dengan melakukan perjalanan wisata di Penang, wisatawan bisa mulai dengan menjelajahi bangunan kuno yang cantik seperti museum, kuil, taman dan berkunjung ke destinasi wisata alam serta rekreasi sambil menikmati wisata kuliner di sepanjang perjalanan.

Untuk lebih lengkapnya dan sebagai referensi bagi wisatawan saat berlibur ke Penang, berikut ini Liputan6.com rangkum tempat wisata di Penang paling popular yang wajiib dikunjungi saat berlibur ke Penang, Rabu (20/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata di Penang Paling Populer Untuk Wisatawan

1. Batu Ferringhi Beach

Wisata di Penang yang pertama adalah Pantai Batu Ferringhi. Pantai Batu Ferringhi merupakan tempat petualangan dimana anda bisa memacu adrenalin anda saat liburan. Tersedianya Jet Ski dan olahraga Parasailing di tepi pantai, dua atraksi ini menjadi daya tarik utama yang menarik setiap wisatawan yang berkunjung ke kota di Penang.

Selain hanya berbaring di sekitar pantai dan berjemur, hal lain yang dapat anda lakukan di sini adalah naik kereta untuk mengelilingi pantai, memancing di laut, atau bersenang-senang dengan naik banana boat.

 

2. Taman Kupu-Kupu Penang, Entopia

Wisata di Penang yang kedua adalah Taman Kupu-kupu Penang. Jika anda sudah lama tidak berkesempatan untuk menyatu dengan pesona alam, maka Taman Kupu-Kupu Entopia Penang harus ada dalam daftar tempat yang harus dikunjungi di Penang.

Peternakan ini menampung lebih dari 4.000 kupu-kupu dari sekitar 150 spesies. Anda dapat menyaksikan banyak kupu-kupu beterbangan dengan bebas di alam dan belajar lebih banyak tentang kupu-kupu.

 

3. Museum Kaca Penang

Wisata di Penang yang selanjutnya wajib dikunjungi adalah Museum Kaca Penang. Di sini wisatawan akan dibuat kagum dengan keindahan bangunannya. Terdapat banyak barang-barang yang terbuat dari kaca daur ulang dengan kreativitas yang dipersonifikasikan.

Wisatawan juga bisa mencoba mengikuti kelas kerajinan tangan dari kaca daur ulang dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan selama berlibur di Museum Kaca Penang.

 

4. Rumah Musik Penang

Wisata di Penang yang berikutnya adalah Rumah Musik Penang. Penang terkenal dengan budaya dan warisannya yang kaya, salah satunya adalah Rumah Musik Penang. Penang House of Music adalah salah satu tempat di mana orang dapat melihat dan mendengar tradisi musik mereka. Di sini para penggemar musik dapat belajar lebih banyak tentang sejarah musik Penang.

Selain musik asli tradisi dari Penang, wisatawan juga dapat menyaksikan dan mendengarkan pertunjukan musik musik milik beberapa negara di dunia termasuk folk India dan Opera Cina.

 

5. Taman Komtar Penang

Wisata di Penang yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah taman Komtar. Taman hiburan terbesar di Penang ini menghadirkan berbagai wahana seperti roller coaster dan seluncuran air. Taman Komtar Penang adalah salah satu tempat untuk dikunjungi di Penang yang sangat menghibur.

Gedung tinggi ini mengadakan kegiatan hiburan seperti Magic Mirror Maze, 7D Discovery Motion Theatre, Ocean Explorer, Window of the Top, DanceOki, Rainbow Skywalk, dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat banyak restoran untuk wisatawan yang ingin mencoba kuliner khas Penang atau makanan kekinian.

 

6. Kuil Kek Lok Si

Wisata di Penang yang menenangkan dan bisa dikunjungi bersama keluarga adalah kuil Kek Lok Si. Kek Lok Si adalah kuil Buddha yang indah yang dibangun jauh dari pantai Penang. Struktur arsitekturnya merupakan surga bagi peziarah Buddha dan ajaran Cina.

Kuil ini memiliki patung Buddha besar, ribuan gambar Budha, seratus ukiran Budha dan beberapa patung Budha, hal ini menjadikannya rumah tradisional bagi Buddhisme Mahayana dan Bouddhisme Theravada.

3 dari 5 halaman

Wisata di Penang Paling Populer Untuk Wisatawan

7. Kebun Rempah Tropis

Wisata di Penang selanjutnya adalah kebun rempah tropis. Taman yang dulunya adalah perkebunan karet kini telah berubah menjadi taman rempah-rempah aromatik di mana wisatawan dapat banyak belajar tentang 500 spesies flora dan fauna yang terdapat di taman ini.

Wisatawan juga dapat berjalan di sekitar area taman dan melintasi air terjun sambil menjelajahi seluruh area taman. Pengunjung juga bisa mencoba kelas memasak yang mengajarkan cara memasak menggunakan rempah-rempah untuk membuat hidangan enak ala Penang.

 

8. Museum Teddyville

Wisata di Penang yang popular dikunjungi berikutnya adalah Museum Teddyville. Dunia teddy bear yang mempesona ini memiliki koleksi boneka beruang sebagai media untuk menceritakan sejarah Penang yang luar biasa dengan cara yang paling menyenangkan yang membuat belajar menjadi mudah dan lucu.

 

9. Taman Nasional Penang

Wisata di Penang berikutnya adalah Taman Nasional Penang. Taman nasional terkecil di Malaysia ini adalah tentang menjelajahi alam dengan berjalan di jalan setapak, di mana pengunjung dapat melihat beberapa hewan seperti monyet dan kadal raksasa.

Bagian yang menakjubkan adalah perjalanan anda akan mengarah ke pantai. di mana anda bisa berjemur di pantai yang lebih private, berayun di tepi pantai, mengunjungi mercusuar dan piknik. Pantai Kerachut di Taman Nasional Penang juga merupakan rumah bagi ribuan kura-kura.

 

10. Rumah Cheong Fatt Tze

Wisata di Penang yang juga merupakan warisan dunia dan wajib dikunjungi adalah Rumah Cheong Fatt Tze. Rumah mewah biru dengan infrastruktur sempurna telah memenangkan beberapa penghargaan dan diakui oleh UNESCO karena melestarikan warisan. Bahkan telah memenangkan penghargaan sebagai salah satu tempat wisata Penang terbaik.

Pengunjung juga bisa menggali lebih dalam pesona Rumah Cheong fatt Tze yang penuh sejarah. Seseorang dapat tinggal di salah satu dari tiga puluh delapan kamar dengan desain Anglo-India.

 

11. Dermaga Klan

Wisata di Penang selanjutnya adalah Dermaga Klan. Banyak orang dari Cina telah pindah ke Penang berabad-abad yang lalu, dan Dermaga Klan adalah rumah bagi komunitas Cina yang ada di Penang. Pengunjung akan menemukan enam sisi dermaga yang mengambang di atas air yang menandakan enam desa yang terbuat dari kayu.

Rumah-rumah panggung di dermaga ini menjadi salah satu objek yang menarik wisatawan dan sangat ramah turis. Sebuah kuil di wilayah ini juga merupakan salah satu hal yang bisa anda lihat di sini. Pemukiman abad ke-19 ini seperti desa biasa dengan toko-toko dan makanan lezat yang berdiri di atas air.

 

12. Masjid Terapung Penang

Wisata di Penang yang bernuansa religi selanjutnya adalah masjid Terapung Penang. Masjid Terapung Penang sama seperti masjid pada umumnya tetapi karena keunikannya yang dibangun di atas air laut, membuatnya menonjol dari yang lain. Dibangun belum lama ini pada tahun 2005, ini adalah satu-satunya masjid yang dibangun di atas laut.

Daya tarik lain masjid ini adalah mereka mengizinkan orang untuk berenang di sekitarnya ketika air pasang dapat menahan untuk menyaksikan rekayasa bawah laut yang menahan bangunan keagamaan ini di atas air.

4 dari 5 halaman

Wisata di Penang Paling Populer Untuk Wisatawan

13. Kebun Buah Tropis

Wisata di Penang dengan tema alam selanjutnya adalah Kebun buah tropis. Pengunjung memiliki kesempatan untuk mengunjungi pertanian besar yang tersebar di beberapa hektar yang menanam lebih dari 250 dari 370 buah yang dapat dimakan yang tumbuh di Malaysia.

Seseorang tidak hanya dapat menyaksikan proses menanam buah-buahan organik tetapi juga diizinkan untuk mencoba atau mencicipinya. Jangan ragu untuk bertanya kepada para pekerja di sana tentang apa saja tentang seluruh atraksi yang ada.

 

14. Bukit Penang

Wisata di Penang berikutnya adalah Bukit Penang. Disini pengunjung dapat melihat gugusan beberapa puncak gunung, pemandangan hutan belantara, kota dan garis pantai serta perjalanan kereta api yang merupakan jalur kereta api terpanjang di Asia.

 

15. Kuil Burma Dhammikarama

Kuil Burma Dhammikarama adalah salah satu wisata di Penang yang wajib dikunjungi berikutnya. Kuil Burma Dhammikarama adalah satu-satunya kuil Buddha Burma di luar Myanmar dan memiliki patung-patung pose meditasinya di setiap ujung kuil ini.

Kisah eksentrik Buddha disampaikan melalui lukisan dinding yang akan disaksikan saat pengunjung berjalan di dalam suasana tenang ini di mana juga terdapat Pohon Bodhi dan kolam harapan. Pengunjung juga dapat melihat kehidupan para biarawan karena mereka tinggal di apartemen di dalam kuil ini.

 

16. Museum dan Galeri Seni Negara Bagian Penang

Wisata di Penang selanjutnya adalah Museum dan galeri Seni Penang. Bangunan kolonial tahun 1821 ini membuat pengunjung seperti memasuki pintu zaman dahulu karena setiap sudut dari pintu gerbang dan seterusnya menceritakan sejarah Penang.

Memegang tempat yang signifikan di tempat-tempat wisata Penang, museum ini memiliki harta galeri, artefak, kreativitas, dan kostum yang mengekspresikan peristiwa dari masa lalu. Terdapat juga penambahan struktur di dalam yang menampilkan rumah-rumah tradisional dan pusat pernikahan pada masa lalu.

 

17. Kuil Arulnigu Karumariamman

Wisata di Penang berikutnya adalah Kuil Arulmigu Karumariamman. Kuil besar ini menyajikan keindahan interiornya dan patung yang tersebar di seluruh area kuil. Kuil Arulmigu Karumariamman juga terkenal dengan warna-warna bangunannya yang menarik dan memukau mata para wisatawan yang berkunjung.

5 dari 5 halaman

Wisata di Penang Paling Populer Untuk Wisatawan

18. Penang Wonderfood Museum

Wisata di Penang yang cocok untuk anda yang suka kulineran adalah Penang Wonderfood Museum. Sesuai dengan namanya, Penang Wonderfood Museum adalah 'museum makanan' yang unik dan sangat luar biasa. Bangunan ini didedikasikan untuk memuliakan budaya makanan Penang dengan membuat model plastik besar dari makanan yang terkenal di tempat ini.

Tidak hanya itu, pengunjung juga akan menemukan daftar tempat di mana Anda bisa menemukan hidangan lezat tersebut di sekitar Penang. Pameran ini terlihat sangat menarik, yang pasti akan membuat perut pengunjung kelaparan.

 

19. Taman Burung Penang

Wisata di Penang yang cocok untuk kamu pecinta hewan selanjutnya adalah Taman Burung Penang. Penang Bird Park didedikasikan untuk melestarikan lebih dari 300 spesies burung di habitat alami dengan lingkungan kolam, air terjun, tanaman bambu, dan rumah berkubah geodesik tempat mereka dapat terbang dengan bebas.

Anda dapat melihat burung seperti Angsa, Flamingo, Bebek, dan Pelikan. Selain burung, taman ini juga merupakan rumah bagi buaya, kura-kura, monyet, dan ular sanca. Mereka juga telah menjaga lebih dari 3000 burung yang sakit sampai sembuh dari penyakit dan agar dapat berkembang biak dengan baik.

 

20. Taman Hiburan Escape

Wisata di Penang selanjutnya yang wajib dikunjungi oleh keluarga adalah Taman hiburan Escape. Ini adalah taman hiburan pertama yang diluncurkan di Penang yang menyediakan beragam wahan dan liburan yang mendebarkan dan juga taman air.

Selain kolam dan seluncuran air seperti taman hiburan lainnya, tempat ini juga memiliki wahana petualangan lain seperti flying fox, Go Ape, Gecko Tower, dan Monkey Business yang semuanya merupakan nama lain untuk kegiatan seperti panjat tebing, melintasi jembatan gantung, dan mendaki bukit.

 

21. Museum Seni Trik 3D Penang

Wisata di Penang yang selanjutnya adalah Museum Seni Trik 3D Penang. Museum Seni Trick 3D Penang adalah wisata yang cocok untuk pengunjung yang hobi berfoto. Museum ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga orang dapat mengklik gambar dengan beberapa struktur yang mungkin tampak biasa, tetapi memiliki daya tarik untuk membuat sesuatu menjadi original ketika Anda melihatnya dalam sebuah gambar.

 

22. Three Sixty Rooftop Bar dan Revolving Restaurant

Wisata di Penang selanjutnya yang cocok dikunjungi saat malam adalah Three Sixty Rooftop. Disini pengunjung bisa mendapatkan pemandangan puncak Penang, kota, lampu dan tentu saja laut dari Threesixty Rooftop Bar dan Revolving Restaurant.

Dikenal luas karena suasananya, masakan barat, dan cocktail dan mocktail nya, ini pasti salah satu tempat yang harus dikunjungi di Penang untuk bersantap. Pengunjung juga dapat memilih untuk makan di dalam ruangan ber-AC, yang menawarkan segalanya seperti di teras.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.