Sukses

6 Penyebab Runtuhnya Uni Soviet Menurut Sejarah, Ketahui Lebih Dalam

Penyebab runtuhnya Uni Soviet dapat terjadi karena beberapa faktor, baik dari internal maupun eksternal.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab runtuhnya Uni Soviet dapat terjadi karena beberapa faktor. Uni Soviet merupakan salah satu negara adikuasa pemenang Perang Dunia II. Pada 1947-1991, Uni Soviet menjadi pusat dari aliansi negara komunis Blok Timur selama Perang Dingin.

Hingga awal tahun 1991, Uni Soviet adalah negara dengan wilayah kekuasaan terbesar di dunia. Uni Soviet dulunya memiliki luas wilayah sekitar 8.650.000 mil persegi (22.400.000 km persegi), hampir seperenam dari permukaan bumi. Populasinya berjumlah lebih dari 290 juta, dan 100 kebangsaan berbeda tinggal di dalam perbatasannya. 

Bahkan negara ini juga membanggakan gudang puluhan ribu senjata nuklir dan lingkup pengaruhnya, yang diberikan melalui mekanisme seperti Pakta Warsawa, ke seluruh Eropa timur. Namun, masa kejayaan Uni Soviet tidak mampu bertahan lama. Setelah 69 taun berdiri, Uni Soviet mengalami keruntuhan pada Desember 1991. Ada sejumlah faktor internal dan eksternal yang berperan dalam penyebab runtuhnya Uni Soviet.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai penyebab runtuhnya Uni Soviet yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Runtuhnya Uni Soviet

1. Faktor Politik

Tak bisa dipungkiri, faktor politik merupakan salah satu penyebab runtuhnya Uni Soviet yang paling utama. Ketika Mikhail Gorbachev diangkat menjadi sekretaris jenderal Partai Komunis Uni Soviet (CPSU) pada 11 Maret 1985, tujuan domestik utamanya adalah untuk mulai menghidupkan ekonomi Soviet yang hampir mati dan untuk merampingkan birokrasi pemerintah yang rumit.

Ketika upaya awalnya dalam reformasi gagal memberikan hasil yang signifikan, ia melembagakan kebijakan glasnost ("keterbukaan") dan perestroika ("restrukturisasi"). Yang pertama dimaksudkan untuk mendorong dialog, sedangkan yang kedua memperkenalkan kebijakan pasar bebas semu untuk industri yang dijalankan pemerintah.

Alih-alih memicu kebangkitan dalam pemikiran Komunis, glasnost membuka pintu air untuk kritik terhadap seluruh aparat Soviet. Negara kehilangan kendali atas media dan ruang publik, serta gerakan reformasi demokratis mulai berkembang di seluruh blok Soviet.

Sedangkan kebijakan perestroika juga menunjukkan yang terburuk dari sistem kapitalis dan komunis yakni kontrol harga dicabut di beberapa pasar, tetapi struktur birokrasi yang ada dibiarkan. Yang berarti bahwa pejabat komunis dapat melawan kebijakan yang tidak menguntungkan mereka secara pribadi.

Pada akhirnya, reformasi Gorbachev dan pengabaiannya terhadap Doktrin Brezhnev mempercepat kehancuran kekaisaran Soviet. Pada akhir tahun 1989, Hongaria telah membongkar pagar perbatasannya dengan Austria, Solidaritas telah menguasai Polandia, negara-negara Baltik mengambil langkah nyata menuju kemerdekaan, dan Tembok Berlin telah diruntuhkan. Tirai Besi telah jatuh, dan Uni Soviet pun tidak akan bertahan lama.

2. Faktor Nuklir

Sepanjang Perang Dingin, Uni Soviet dan Amerika Serikat berada di ambang kehancuran nuklir bersama. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Uni Soviet ternyata pada akhirnya dihancurkan oleh insiden yang melibatkan pembangkit listrik tenaga nuklir sipil miliknya sendiri.

Gorbachev telah berkuasa selama lebih dari setahun pada tanggal 26 April 1986, reaktor Unit 4 di pembangkit listrik Chernobyl di Pryp'yat (sekarang di Ukraina) meledak. Ledakan dan kebakaran berikutnya melepaskan lebih dari 400 kali jumlah dampak radioaktif seperti bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Tanggapan resmi terhadap bencana itu akan menjadi ujian bagi doktrin keterbukaan Gorbachev, dan dalam hal itu glasnost akan dianggap sangat kurang. Pejabat Partai Komunis bertindak cepat untuk menekan informasi tentang parahnya bencana, bahkan memerintahkan parade dan perayaan May Day di daerah yang terkena bencana harus berjalan sesuai rencana meskipun ada risiko paparan radiasi.

Laporan Barat tentang bahaya tingkat tinggi dari radioaktivitas angin yang diangkut diberhentikan sebagai kabar gosip, sementara apparatchik diam-diam mengumpulkan penghitung Geiger dari ruang kelas sains. Para pekerja akhirnya dapat mengendalikan kebocoran radiasi pada 4 Mei 1986, tetapi Gorbachev tidak mengeluarkan pernyataan resmi kepada publik hingga 14 Mei 1986, 18 hari setelah bencana.

Dia mencirikan insiden di Chernobyl sebagai "kemalangan" dan liputan media Barat yang dipermalukan sebagai "kampanye yang sangat tidak bermoral" dan "kebohongan jahat." Seiring waktu, propaganda Partai Komunis semakin bertentangan dengan pengalaman sehari-hari orang-orang di zona kontaminasi yang berurusan dengan efek fisik dari keracunan radiasi.

Kepercayaan apa pun yang tersisa pada sistem Soviet telah hancur. Beberapa dekade kemudian, Gorbachev menandai peringatan bencana dengan menyatakan, “bahkan lebih dari peluncuran perestroika saya, [Chernobyl] mungkin adalah penyebab sebenarnya dari runtuhnya Uni Soviet lima tahun kemudian.”

3 dari 4 halaman

Penyebab Runtuhnya Uni Soviet

3. Masalah Kebijakan Ekonomi

Penyebab runtuhnya Uni Soviet yang selanjutnya adalah faktor ekonomi. Dengan beberapa ukuran, ekonomi Soviet adalah yang terbesar kedua di dunia pada tahun 1990, tetapi kekurangan barang-barang konsumsi adalah hal yang normal dan penimbunan juga adalah hal biasa.

Diperkirakan bahwa ekonomi pasar gelap Soviet setara dengan lebih dari 10 persen PDB resmi negara itu. Stagnasi ekonomi telah melumpuhkan negara selama bertahun-tahun, dan reformasi perestroika makin memperburuk masalah.

Kenaikan upah didukung oleh pencetakan uang, memicu spiral inflasi. Salah urus kebijakan fiskal membuat negara ini menjadi rentan terhadap faktor eksternal dan penurunan tajam harga minyak membuat ekonomi Soviet terpuruk.

Sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an, Uni Soviet menempati peringkat sebagai salah satu produsen sumber daya energi utama dunia seperti minyak dan gas alam, serta ekspor komoditas tersebut memainkan peran penting dalam menopang ekonomi komando terbesar di dunia.

Ketika minyak jatuh dari $120 per barel pada 1980 menjadi $24 per barel pada Maret 1986, jalur vital bagi modal eksternal ini mengering. Harga minyak untuk sementara melonjak setelah invasi Irak ke Kuwait pada Agustus 1990, tetapi pada saat itu proses keruntuhan Uni Soviet juga sedang berlangsung.

4. Penguatan Militer

Faktor militer juga berperan besar dalam penyebab runtuhnya Uni Soviet. Uni Soviet dipercaya meningkatkan pertahanan militer ketika Ronald Reagan menjadi presiden Amerika Serikat. Peningkatan anggaran bagi riset dan pengembangan militer serta pertahanan saat itu dinilai tidak seimbang dengan peningkatan kekuatan ekonomi. Sementara itu, ahli teknologi dan calon wirausahawan yang seharusnya dapat membantu Gorbachev meningkatkan perekonomian justru ditarik untuk memperkuat industri pertahanan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Runtuhnya Uni Soviet

5. Klonflik Afganistan

Selain masalah anggaran, keterlibatan Soviet di Afghanistan (1979–89) adalah faktor militer kunci dalam penyebab runtuhnya Uni Soviet. Tentara Soviet yang dianggap penting karena perannya dalam Perang Dunia II dan alat vital dalam penindasan Revolusi Hongaria dan Musim Semi Praha, telah mengarungi rawa di wilayah yang dikenal sebagai Makam Kerajaan.

Sebanyak satu juta tentara Soviet berpartisipasi dalam pendudukan 10 tahun, dan sekitar 15.000 tentara tewas dan ribuan lainnya terluka. Lebih dari satu juta warga Afghanistan, kebanyakan warga sipl tewas, dan sedikitnya 4 juta orang mengungsi akibat pertempuran tersebut.

Para tentara Uni Soviet menyuarakan kebuntuan yang dialami 10 tahun tersebut kendati dibungkam pemerintah. Sementara itu, Afgantsy, veteran konflik Afghanistan, menolak konflik yang disebut perang Moskow tersebut. Para tentara yang berasal dari Asia Tengah juga merasakan kedekatan etnis dan agama dengan orang Afghanistan ketimbang Uni Soviet. Demonstrasi di Ukraina lalu pecah seiring konflik di Afghanistan. Konflik tersebut juga memicu negara-negara Baltik melakukan gerakan separatis, sehingga Estonia, Latvia, dan Lithuania merdeka pada 1990.

6. Masuknya Paham Barat

Ada lagi faktor lain yang menjadi penyebab runtuhnya Uni Soviet, yakni masuknya paham Barat. Glasnost (keterbukaan) memicu masyarakat Uni Soviet untuk menjelajahi paham Barat, mulai dari konsep, gagasan, ide, hingga produknya. Pada 1990, warga Uni Soviet kerap mengantri untuk membeli koran-koran liberal dan mengonsumsi bacaan tentang demokratisasi. Antrian juga mengular di McDonald pertama di Uni Soviet pada Januari 1990. Menguatnya masyakarat dan runtuhnya kredibilitas pemerintah Uni Soviet tersebut lantas turut menjadi penyebab runtuhnya Uni Soviet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.