Sukses

Tak Lebih Besar dari Nyamuk, Begini Penampakan Robot Terkecil di Dunia

Robot terkecil di dunia punya kemampuan unik.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi sudah sepantasnya menunjang aktivitas manusia. Salah satunya teknologi robot yang setiap hari dikembangkan beraneka fungsi, bentuk dan ukurannya. Mulai dari robot besar, hingga robot berukuran paling kecil di Dunia yang dikembangkan oleh Universitas Northwestern.

Benar saja, robot mungil ini ukurannya terpantau tak lebih besar dari seekor nyamuk. Sesuai ukurannya, tim peneliti menciptakan robot mungil ini untuk melakukan tugas-tugas rumit yang tidak dapat dilakukan manusia. Seperti sektor mesin industri yang rumit, hingga ambisi mereka menerapkannya di bidang kedokteran.

“Anda mungkin membayangkan robot mikro sebagai agen untuk memperbaiki atau merakit struktur atau mesin kecil di industri atau sebagai asisten bedah untuk membersihkan arteri yang tersumbat, untuk menghentikan pendarahan internal atau untuk menghilangkan tumor kanker,” kata John A. Rogers, profesor ilmu dan teknik material, teknik biomedis, dan bedah saraf di Northwestern.

Ukuran robot mungil ini bahkan tak kasat mata dan harus menggunakan kaca pembesar untuk melihatnya secara detail. Berikut Liputan6.com merangkum penemuan menakjubkan ini melansir dari Lad Bible, Jumat (15/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Robot Sebesar Mata Pena

Jika nyamuk berukuran umumnya tiga sampai empat centimeter, robot terkecil di dunia ini hanya berukuran setengah milimeter saja. Butuh kaca pembesar untuk melihat secara detail struktur teknis robot paling kecil di dunia ini.

Para peneliti menggunakan laser untuk memanaskan badan robot. Anggota badan yang dipanaskan akan menentukan arah geraknya. Jika kaki kiri robot dipanaskan maka akan bergerak ke kanan sampai kaki menjadi dingin dan kembali ke posisi semula. Meski sangat mungil, robot ini bisa menekuk, memutar, merangkak dan bahkan melompat.

Profesor Universitas Northwestern, Yonggang Huang mengatakan, “Teknologi kami memungkinkan berbagai modalitas gerak terkontrol dan dapat berjalan dengan kecepatan rata-rata setengah panjang tubuhnya per detik. 

3 dari 3 halaman

Berwujud Kepiting

Para peneliti berambisi penemuan inovatif robot terkecil di dunia ini bakal bermanfaat. Mulai dari dunia teknik, hingga dunia medis dalam membantu para dokter melakukan operasi kepada pasien. Robot unik ini didesain khusus mampu bergerak dengan kaki dan tangan. 

Sekilas, robot terkecil di dunia ini punya 6 kaki dan dua capit. Penampakannya justru lebih mirip dengan kepiting daripada laba-laba. Sirkuit tengahnya berwarna kuningan, sedangkan kaki tangannya berwarna hitam. Sangat simpel mengingat ukurannya yang sangat kecil itu. 

Sebelumnya Para insinyur bereksperimen dengan bentuk cacing, jangkrik, dan kumbang. Namun kepiting dipilih karena punya daya gerak dan fitur tangan. Mereka senang dan puas dengan bentuk robot kepiting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.