Sukses

11 Cara Melebatkan Rambut dengan Cepat, Bisa Pakai Teknik Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara melebatkan rambut merupakan salah satu trik yang sering dicari oleh banyak orang. Hal ini karena rambut tipis dan kerontokan rambut dapat dialami oleh siapapun dari semua golongan usia baik perempuan maupun laki-laki.

Rambut tipis dan kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal seperti hormone, penyakit hingga lingkungan dan stress yang dialami. Untuk penyebab kerontokan rambut dan rambut tipis yang berbeda memerlukan cara melebatkan rambut yang berbeda pula.

Untuk penyebab yang berasal dari luar, maka cara melebatkan rambut yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi dampak hingga mengatasi faktor yang menyebabkan kerontokan rambut seperti menangani stress yang dialami.

Sedangkan untuk penyebab dari dalam seperti hormon, genetic atau penyakit, maka cara melebatkan rambut yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pemeriksaan untuk mendapat penanganan yang sesuai seperti dengan menggunakan obat yang dapat merangsan pertumbuhan rambut.

Tidak hanya dengan mengkonsumsi obat atau mengatasi penyebab masalah kerontokan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara melebatkan rambut secara medis dan non medis yang dapat dicoba sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jumat (8/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Melebatkan Rambut dengan Cara Alami (Non Medis)

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara melebatkan rambut yang pertama yaitu makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah, sayuran, dan protein yang berbeda dapat mencegah rambut yang menipis karena mengalami kerontokan. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi struktur dan pertumbuhan rambut.

Konsumsi salmon, alpukat, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang lebih kuat. Seperti seng, zat besi, dan protein dapat berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat. Disarankan juga menjalani diet untuk mengurangi asupan kalori Anda.

2. Kurangi atau Berhenti Merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, merokok juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi tipis. Sehingga cara melebatkan rambut yang bisa dicoba berikutnya adalah mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi rokok.

Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa merokok telah terbukti merusak DNA folikel rambut, yang kemudian menyebabkan peradangan pada jaringan parut hingga akhirnya menyebabkan kerontokan parah pada rambut.

3. Melindungi Rambut dari Polusi

Sama seperti melindungi kulit dari kerusakan dengan tabir surya, cara melebatkan rambut yang penting dilakukan adalah dengan melindungi rambut dari unsur-unsur yang dapat merusak kesehatan rambut seperti polusi.

AAD merekomendasikan penggunaan kondisioner. Dimana selain kondisioner dapat meningkatkan kekuatan dan kilau rambut, kondisioner juga dapat melindungi rambut dari sinar UV. Atau bisa juga dengan menggunakan tabir surya langsung di kulit kepala untuk melindungi rambut.

4. Jangan Mencuci Berlebihan

Terlalu banyak mencuci rambut juga dapat membahayakan rambut. Menurut Lucy Flora, stylist di Frédéric Fekkai di SoHo New York City, kesalahan nomor satu yang dia lihat dilakukan klien adalah terlalu banyak mencuci. Sehingga cara melebatkan rambut yang berikutnya adalah mencucu rambut secukupnya saja dan tidak melakukannya secara berlebihan.

5. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Cara melebatkan rambut yang selanjutnya adalah dengan memastikan telah menggunakan jenis shampo dan Kondisioner yang tepat, karena jenis rambut yang berbeda juga memerlukan produk berbeda yang memenuhi kebutuhan rambut.

6. Pastikan Membaca Daftar Bahan dalam Produk Perawatan Rambut

Tidak hanya makanan yang dikonsumsi saja yang perlu diperhatikan kandungannya, namun juga produk perawatan yang kita gunakan juga harus teruji kandungannya.

Sebagai cara melebatkan rambut, sangat direkomendasikan untuk menghindari produk yang mengandung silikon, pewarna buatan, atau pewangi karena bahan-bahan ini dapat menyebabkan masalah kulit kepala mulai dari dermatitis, folikulitis hingga kerontokan rambut permanen.

7. Hindari Produk Rambut Kimia Seperti Pewarna Rambut, Minyak, atau Pelurus Kimia

Cara melebatkan rambut berikutnya yaitu dengan menghindari menggunakan produk rambut berbahan dasar kimia. Jika anda menggunakan produk rambut di rumah, seperti pewarna rambut , minyak panas , atau pelurus rambut kimia, sebaiknya anda menghentikan pemakaian produk tersebut. Karena produk ini dapat menyebabkan rambut anda menjadi lebih rapuh.

3 dari 3 halaman

Cara Melebatkan Rambut dengan Medis

8. Menjalani Operasi Penggantian Rambut

Cara melebatkan rambut secara medis yang bisa dilakukan adalah operasi penggantian rambut untuk menebalkan rambut Anda. Transplantasi rambut melibatkan dokter yang memindahkan rambut dari satu tempat di tubuh, seringkali bagian belakang kepala di mana rambut lebih tebal, ke area yang menipis di kulit kepala.

Ini dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan menggunakan anestesi lokal, tetapi kulit kepala mungkin terasa sakit setelah transplantasi. Sehingga anda mungkin juga memerlukan lebih dari satu prosedur untuk mencapai ketebalan rambut yang diinginkan.

9. Melakukan Perawatan Plasma Trombosit

Cara melebatkan rambut secara medis berikutnya adalah dengan prosedur Plasma Trombosit. Plasma trombosit (PRP) adalah perawatan yang melibatkan pengambilan darah untuk memisahkan plasma dari sel darah merah dan kemudian menyuntikkan bahan kaya trombosit ini kembali ke kulit kepala. PRP digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis, dan baru-baru ini diketahui juga dapat digunakan untuk mengobati kerontokan rambut dan memacu pertumbuhan rambut baru.

10. Mencoba Perawatan Mikropigmentasi Kulit Kepala

Cara melebatkan rambut secara medis lainnya adalah dengan prosedur mikropigmentasi kulit kepala. Prosedur ini mirip dengan microblading alis, di mana titik-titik mikro pigmen diterapkan langsung ke kulit. Prosedur perawatan ini tidak menebalkan rambut secara nyata. Namun menciptakan ilusi agar kepala terlihat memiliki rambut lebih tebal dengan mengisi bagian yang lebih tipis dengan pigmen.

11. Menggunakan Suplemen Rambut dengan Resep Dokter

Cara melebatkan rambut secara medis yang terakhir adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk memilih suplemen rambut yang tepat. Kenyataannya memilih suplemen untuk rambut tidaklah mudah.

Anda perlu terlebih dahulu berbicara dengan dokter tentang kondisi rambut dan kandungan vitamin atau mineral apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini karena terlalu banyak konsumsi zat besi atau seng dari suplemen rambut juga dapat menyebabkan keracunan atau efek samping lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS