Sukses

9 Manfaat Sarang Burung Walet, Baik untuk Kulit dan Kecantikan

9 Manfaat sarang burung walet bagi tubuh manusia yang penting untuk kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sarang burung walet ataupun sarang burung yang dapat dimakan lainnya bagi kesehatan telah lama dikenali di masyarakat, khususnya di negeri Tiongkok. Mengutip dari situs goldennest.com, di negara tirai bambu tersebut, sarang burung walet sangat mempercayai manfaat sarang burung walet bagi kesehatan, terutama bila disajikan dalam bentuk sanjian yang paling terkenal, yaitu sup sarang burung walet.

Di sana, manfaat sarang burung walet biasa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti tuberculosis, asma, dan masalah pencernaan. Hingga saat ini, di berbagai wilayah di Asia, sarang burung walet dipercaya sebagai makanan yang kaya akan nutrisi yang juga bisa untuk mengobati penyakit.

Sarang burung walet sendiri terbuat dari air liur burung walet yang memadat. Sarang ini biasanya dibuat oleh burung walet yang berpasangan. Mereka akan menggunakan sarang ini sebagai tempat pertemuan, biasanya di musim semi. Biasanya, burung walet bersarang di gua-gua yang gelap. Akan tetapi, burung walet juga dapat membuat sarangnya di rumah-rumah yang kondisinya menyerupai gua, atau yang sering disebut sebagai rumah walet. Rumah walet banyak digunakan oleh para peternak walet untuk budidaya burung ini.

Tingginya manfaat sarang burung walet membuat harga sarang burung ini menjadi mahal. Harga sarang burung walet dapat mencapai jutaan rupiah perkilogramnya. Untuk konsumsi, sarang burung walet biasanya disajikan dalam bentuk sup ataupun es sarang burung.

Berikut ini adalah 9 manfaat sarang burung walet bagi kesehatan yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sarang Burung Walet

1. Sumber Asam Amino dan Antioksidan.

Salah satu manfaat sarang burung walet adalah sebagai sumber antioksidan bagi tubuh manusia. Zat antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan zat-zat radikal bebas di dalam tubuh. Zat-zat radikal bebas adalah zat yang berpotensi untuk menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Mengutip dari artikel berjudul "Ulasan Sarang Burung Walet sebagai Pangan Fungsional" karya Dede Sriwahyuni dkk. yang diterbitkan oleh Jurnal Acta Veterinaria Indonesiana, sarang burung walet mengandung asam amino aromatik dan asam amino hidrofobik yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Tingginya kandungan antioksidan dalam sarang burung walet juga disebut dapat menunda proses penuaan.

2. Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat sarang burung walet yang lain adalah dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa glikoprotein yang terkandung di dalam sarang burung walet baik bagi kesehatan jantung memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sarang burung walet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya pengentalan darah dan hiperkoagulasi yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat sarang burung walet yang selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes. Sarang burung walet disebut-sebut dapat membantu mencegah resistensi insulin yang menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa sarang burung walet dapat mencegah stres oksidatif, hasilnya ia dapat menurunkan kadar insulin, leptin, dan kolesterol total secara signifikan. Selain itu, sarang burung walet dapat membantu menjaga kinerja metabolisme tubuh dan mencegah produksi insulin secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sarang Burung Walet

4. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Mengutip dari situs healthline.com, sarang burung walet diduga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dengan meredakan peradangan dan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana radikal bebas merusak sel tubuh manusia dengan mengubah struktur kimianya. Stres oksidatif ini dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan manusia. Kemampuan sarang burung walet untuk mencegah peradangan dan stres oksidatif dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti Alzheimer, Parkinson, stroke, dan juga cedera otak yang diduga disebabkan oleh peradangan otak. Penelitian menemukan bahwa sarang burung walet berpotensi digunakan untuk melindungi manusia dari gangguan neurodegenereatif.

5. Mengobati Penyakit

Sarang burung walet telah lama digunakan pada pengobatan tradisional di berbagai wilayah di Asia. Manfaat sarang burung walet untuk mengobati dan mencegah penyakit juga telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Mengutip dari jurnal IPB yang sama, ekstrak sarang burung walet yang dihidrolisa dengan enzim pankreas dapat menghambat infeksi virus influenza secara signifikan dengan mengikat virus secara langsung. Selain itu, tiga studi laboratorium awal menduga bahwa komponen-komponen yang terkandung di dalam sarang burung walet dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker yang tumbuh dengan cepat.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Selain sebagai obat, sarang burung walet juga telah lama digunakan untuk perawatan kecantikan. Sarang burung walet disebut-sebut dapat membantu melembabkan, memutihkan, dan menjaga kulit dari oksidasi. Mengutip dari artikel di jurnal Acta Veterinaria Indonesiana, kandungan epidermal growth factor (EGF) di dalam sarang burung walet dapat membantu pembelahan sel, serta pertumbuhan dan peningkatan generasi jaringan yang membantu untuk meremajakan kulit. Protein yang terkandung di dalam sarang burung walet juga dapat melindungi kulit. Selain itu, menurut penelitian terbaru sarang burung walet juga dapat memperbaiki tekstur kulilt. Di samping itu, beberapa orang juga percaya bahwa sarang burung walet dapat membantu memperkuat kolagen wajah dan memperbaiki kulit yang kendur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sarang Burung Walet

7. Baik untuk Pencernaan

Mengutip dari jurnal Acta Veterinaria Indonesiana, sarang burung walet disebut-sebut memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan manusia. Sarang burung walet memiliki sifat prebiotik. Prebiotik adalah bahan yang terkandung dalam makanan yang sulit dicerna yang membantu pertumbuhan mikroorganisme yang baik di usus manusia. Bakteri-bakteri baik yang ada di dalam usus tersebut membantu untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bekerja dengan baik. Mereka membantu tubuh untuk melawan bakteri-bakteri buruk yang masuk ke dalam tubuh dan membuat tubuhmu terasa lebih baik.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Mengutip dari situs web goldennest.com, sarang burung walet memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang manusia. Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa konsumsi ekstrak sarang burung walet dapat meningkatkan kekuatan tulang serta ketebalan dermal. Sarang burung walet juga dipercaya memiliki komponen aktif yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit Osteoarthritis dan membantu regenerasi tulang rawan..

9. Baik untuk Anak dan Lansia

Sarang burung walet kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. Konsumsi sarang burung walet secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, membuat tubuh kita lebih sulit untuk terinfeksi berbagai penyakit seperti flu, membuat sarang walet baik untuk dikonsumsi oleh lansia, anak-anak, maupun orang dewasa. Selain itu, kekayaan nutrisi yang terkandung di dalam sarang burung walet dapat membantu proses regenerasi sel tubuh manusia, serta menjaga metabolisme tubuh manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.