Sukses

15 Manfaat Buah Plum yang Kaya Nutrisi, Cegah Penyakit Jantung

Manfaat buah plum didapat berkat kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah plum memiliki banyak manfaat kesehatan. Plum merupakan buah dengan biji keras di tengahnya. Plum sangan umum ditemukan dalam bentuk segar maupun kering. 

Manfaat buah plum didapat berkat kandungan nutrisinya. Manfaat buah plum mengandung anyak vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan. Manfaat buah plum dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Baik kering, segar, atau diolah menjadi jus, manfaat buah plum dikenal baik untuk kesehatan. Manfaat buah plum bisa menjadi alternatif menambah asupan nutrisi untuk tubuh. Berikut manfaat buah plum, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(13/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Redakan sembelit

Buah plum segar, kering, atau jusnya terkenal karena kemampuannya meredakan sembelit. Manfaat buah plum untuk mengatasi sembelit ini berkati tingginya jumlah serat. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang berarti tidak menyatu dengan air. Selain itu, plum mengandung sorbitol, yang merupakan gula alkohol dengan efek pencahar alami.

Kaya antioksidan

Plum kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Plum sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Bantu turunkan gula darah

Plum memiliki sifat yang dapat membantu mengontrol gula darah. Meskipun karbohidratnya cukup tinggi, plum tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang substansial setelah dimakan. Hal ini dikaitkan dengan potensi mereka untuk meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam pengaturan gula darah. Selain itu, serat dalam buah plum mungkin ikut bertanggung jawab atas efeknya pada gula darah.

3 dari 6 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Kuatkan tulang

Manfaat buah plum baik untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi buah plum dengan penurunan risiko kondisi tulang yang melemahkan seperti osteoporosis dan osteopenia, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah. Plum tidak hanya terbukti mencegah pengeroposan tulang, tetapi juga berpotensi membalikkan keropos tulang yang telah terjadi.

Sehatkan jantung

Mengkonsumsi plum dan plum secara teratur dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. Mereka telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Atur tekanan darah

Plum tinggi kalium, rendah sodium dan kolesterol. Flavonoid dan anthocyanin juga meningkatkan kesehatan pembuluh darah, membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol, dan dapat menurunkan risiko masalah seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

4 dari 6 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Baik untuk berat badan

Manfaat buah plum rendah lemak. Ini bisa menjadikannya camilan yang bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa plum dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang. Plum juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang sehat, yang membantu penyerapan nutrisi dan pembuangan racun.

Cegah kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa serat dan polifenol dalam buah plum kering dapat membantu mengubah faktor risiko kanker kolorektal. Dalam tes laboratorium lainnya, ekstrak plum berhasil membunuh bahkan bentuk paling agresif dari sel kanker payudara. Efek ini dikaitkan dengan dua senyawa dalam plum - asam klorogenat dan neoklorogenik. Meskipun asam ini cukup umum dalam buah-buahan, buah plum tampaknya mengandung asam dalam tingkat yang sangat tinggi.

Tingkatkan kesehatan kognitif

Studi menunjukkan bahwa polifenol dalam buah plum Oriental dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi kadar kolesterol otak. Ini juga bisa berarti penurunan risiko penyakit neurodegeneratif. Nutrisi seperti flavonoid dalam buah plum meningkatkan kesehatan otak dan membantu mengurangi risiko stroke.

5 dari 6 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Tingkatkan kekebalan

Manfaat buah plum mengandung antioksidan seperti anthocyanin dan vitamin C, yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi.

Sehatkan gigi dan mulut

Plum kaya akan serat, air, fluoride, dan vitamin C, yang meningkatkan kesehatan gigi dan gusi dan dapat membantu melawan bau mulut.

Sehatkan mata

Antioksidan termasuk vitamin A membantu meningkatkan penglihatan dan dapat menurunkan risiko kondisi mata seperti katarak. Plum adalah sumber vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan penglihatan.

6 dari 6 halaman

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Baik untuk pencernaan

Plum sangat bagus untuk usus karena mengandung serat yang tinggi, mendorong pergerakan usus yang teratur dan pertumbuhan bakteri usus yang baik. Beberapa penelitian juga melaporkan risiko kanker usus besar yang lebih rendah dengan konsumsi plum.

Redakan kecemasan

Manfaat buah plum dapat mencegah kecemasan. Ini berkat antioksidannya yang tinggi. Telah dibuktikan oleh penelitian bahwa efek ansiolitik dan sifat antioksidan dari asam klorogenat yang ada dalam buah akan membantu dalam menyembuhkan perilaku yang berhubungan dengan kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Sumber zat besi yang baik

Jus plum kering adalah sumber zat besi yang baik dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Manfaat buah plum ini bisa membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.