Sukses

Sumber Daya Alam adalah Segala yang Berasal dari Alam, Ketahui Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta - Sumber Daya Alam (SDA) adalah kekayaan milik alam yang memiliki potensi baik untuk dimanfaatkan oleh manusia. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.

Dalam Undang-Undang atau UU tentang Lingkungan Hidup Nomor 4 tahun 1982, dijelaskan sumber daya alam adalah dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam non hayati, dan sumber daya buatan.

Apa sebenarnya manfaat keberadaan sumber daya alam itu? Manfaat sumber daya alam adalah bagian dari sumber energi, mampu menjaga keseimbangan alam, memenuhi kebutuhan makhluk hidup, hingga menjadi sumber ekonomi seperti cadangan devisa negara.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sumber daya alam, pengertian sumber daya alam menurut para ahli, dan jenis-jenis sumber daya alam, Senin (13/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengertian Sumber Daya Alam adalah Segala yang Berasal dari Alam

Memahami pengertian sumber daya alam adalah segala yang berasal dari alam. Pengertian sumber daya alam adalah segala yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Cambridge Dictionary menjelaskan pengertian sumber daya alam adalah galian (tambang), hutan, dan kekayaan alam lain di suatu tempat yang dapat dimanfaatkan manusia.

Pengertian sumber daya alam adalah segala yang berasal dari alam, jumlahnya kekal atau tidak akan pernah habis, bisa diperbaharui, dan ada yang tidak bisa diperbaharui atau jumlahnya terbatas.

Hal yang sama ditegaskann dalam Undang-Undang atau UU tentang Lingkungan Hidup Nomor 4 tahun 1982. Sumber daya alam adalah dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam non hayati, dan sumber daya buatan.

Ini pengertian sumber daya alam menurut para ahli:

1. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Ireland (1974)

Pengertian sumber daya alam adalah suatu keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

2. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Katili (1983)

Pengertian sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

3. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Chapman (1969)

Pengertian sumber daya alam adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, dimana terdapat 3 definisi sumber daya alam yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resources) dan cadangan (reserve).

4. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Isard (1972)

Pengertian sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

5. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Sarintan Erfratani Damanik

Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.

6. Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Suryanegara (1977)

Pengertian sumber daya alam adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Penjelasannya

Ada lima jenis sumber daya alam yang perlu diketahui. Apa saja? Ini penjelasan jenis-jenis sumber daya alam yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan sifatnya. Ini jenis sumber daya alam adalah berdasarkan sifatnya yang dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sedangkan jenis sumber daya alam satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga apabila digunakan terus menerus akan habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan-bahan galian atau barang tambang.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan jenisnya. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hayati ini dibedakan menjadi 2, yaitu :

Sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

- Sumber Daya Alam Non Hayati (abiotik)

Sumber daya alam non hayati ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan lokasinya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

- Sumber Daya Alam Terrestrial

Sedangkan sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan pembentukannya. Ada 4 jenis sumber daya alam berdasar pembentukannya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

- Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam ini bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari

- Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang adalah yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah

- Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam ini keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya air ketika musim kemarau keberadaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Ekonomis

Contohnya seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.

- Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Contohnya sinar matahari, udara, dan air.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS