Sukses

Ikhfa Artinya Dibaca Mendengung, Simak Huruf, Macam-Macam, dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Ikhfa artinya apa? Ikhfa bagian dari hukum bacaan tajwid (kaidah dan cara membaca huruf Al-Quran yang baik dan benar).

Dalam buku berjudul Dasar-Dasar Ilmu Tajwid oleh Dr. Marzuki, M.Ag., Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I., ikhfa artinya secara bahasa menyembunyikan atau menyamarkan.

Ikhfa artinya menyamarkan atau menyembunyikan, menjadikannya harus dibaca dengan ghunnah atau dengung.

Dalam buku berjudul Al-Quran Hadis (2020) oleh Ahmad Marzuki, dijelaskan ada lima belas jenis huruf ikhfa, yakni Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam ikhfa artinya dibaca mendengung, 15 hurufnya, macam-macam, dan contoh bacaannya, Kamis (12/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ikhfa Artinya Dibaca Mendengung

Memahami ikhfa artinya menyamarkan atau menyembunyikan. Ikhfa bagian dari hukum bacaan tajwid (kaidah dan cara membaca huruf Al-Quran yang baik dan benar).

Pengertian ini dijelaskan dalam buku berjudul Dasar-Dasar Ilmu Tajwid oleh Dr. Marzuki, M.Ag., Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I., ikhfa artinya secara bahasa menyembunyikan atau menyamarkan.

Ikhfa artinya menyamarkan atau menyembunyikan, menjadikannya harus dibaca dengan ghunnah atau dengung.

Dalam buku berjudul Al-Quran Hadis (2020) oleh Ahmad Marzuki, dijelaskan ada lima belas jenis huruf ikhfa artinya dibaca dengan mendengung. Apa saja jenis huruf ikhfa tersebut?

ت – ث – د - ج – ذ – ز – س – ش – ص – ض – ط – ظ – ف – ق – ك

Ketika dibaca dengan huruf latin, lima belas jenis huruf ikhfa artinya dibaca dengan mendengung seperti di atas adalah Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf.

Dalam Kitab Hidayatush Shibyan, dijelaskan ikhfa artinya dibaca dengan mendengung atau apabila ada tanwin dan nun mati bertemu dengan lima belas jenis huruf ikhfa yang sudah disebutkan di atas.

Apabila sudah memahami lima belas jenis huruf ikhfa, selanjutnya pahami lima macam-macam ikhfa. Ada ikhfa kubra atau ikhfa aqrab, ikhfa haqiqi, ikhfa sughra atau ikhfa ab’ad, ikhfa wusta atau ikhfa ausat, dan ikhfa syafawi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Ikhfa dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami lima belas jenis huruf ikhfa, selanjutnya pahami lima macam-macam ikhfa. Ada ikhfa kubra atau ikhfa aqrab, ikhfa haqiqi, ikhfa sughra atau ikhfa ab’ad, ikhfa wusta atau ikhfa ausat, dan ikhfa syafawi.

Ini penjelasan macam-macam ikhfa yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ikhfa Kubra atau Ikhfa Aqrab

Pengertian ikhfa ini adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih dekat pengeluarannya pada huruf hijaiyahnya, dengan makhraj huruf nun. Huruf-hurufnya antara lain ( ت, د, ط ) (Ta', Dal, Tha'). Suara yang dihasilkan dari ikhfa kubra ini nantinya mendekati bunyi N dan suara berdengung lalu ditahan dua ketukan.

2. Ikhfa Haqiqi

Ikhfa artinya adalah berarti menyamarkan. Hukum bacaan ikhfa haqiqi ini berlaku apabila adanya huruf nun mati ataupun tanwin bertemu dengan huruf-huruf ikhfa yaitu Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf. Jika bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca samar atau antara bacaan Izhar dan bacaan Idgham.

3. Ikhfa Sughra atau Ikhfa Ab’ad

Pengertian ikhfa sugra atau ikhfa ab’ad adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih jauh pengeluaran huruf hijaiyahnya dari huruf nun. Huruf-huruf dari ikhfa sugra ini adalah ( ق, ك ) ( qof dan kaf ). Ikhfa Sughra ini dibaca dengan berdengung tetapi dengan ukuran pendek. Bacaan ikhfa sughra sendiri biasanya akan mengarah kepada bunyi “ng”.

4. Ikhfa Wusta atau Ikhfa Ausat

Pengertian ikhfa wusta adalah jika nun sukun atau tanwin ini bertemu dengan huruf ikhfa yang tidak jauh serta tak dekat dengan huruf nun. Bacaan ikhfa wusta atau ikhfa ausat ini akan mengarah kepada “n-ng” sedangkan huruf fa akan mengarah kepada bunyi “m-f”. Huruf-huruf dari ikhfa wusta yaitu ( ث , ج , ذ , س , ش , ص , ض , ز , ظ , ف ). Ta', Jim, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Zha, Fa').

5. Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi dibaca dengan cara samar-samar pada bibir dan juga dengan didengungkan. Ikhfa syafawi berbeda dengan ikhfa haqiqi. Perbedaannya adalah ikhfa syafawi bukan nun mati yang bertemu dengan huruf ikhfa melainkan huruf mim mati yang bertemu dengan huruf ba'.

4 dari 4 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa dalam Al-Qur’an

Apabila sudah memahami tentang ikhfa artinya dibaca mendengung, kemudian lima belas jenis huruf ikhfa, serta lima macam-macam ikhfa, berikutnya simak contoh bacaan ikhfa yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. QS. An-Naba Ayat 40

إِنَّآ أَنذَرْنَٰكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنظُرُ ٱلْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ ٱلْكَافِرُ يَٰلَيْتَنِى كُنتُ تُرَٰبًۢا

Bacaan latin contoh bacaan ikhfa contoh bacaan ikhfa: "Innā anżarnākum ‘ażābang qarībay yauma yanẓurul-mar`u mā qaddamat yadāhu wa yaqụlul-kāfiru yā laitanī kuntu turābā"

2. QS. Al-Anbiya Ayat 84

فَٱسْتَجَبْنَا لَهُۥ فَكَشَفْنَا مَا بِهِۦ مِن ضُرٍّ ۖ وَءَاتَيْنَٰهُ أَهْلَهُۥ وَمِثْلَهُم مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَٰبِدِين

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Fastajabnā lahụ fa kasyafnā mā bihī min ḍurriw wa ātaināhu ahlahụ wa miṡlahum ma'ahum raḥmatam min 'indinā wa żikrā lil-'ābidīn"

3. QS. An-Naba Ayat 13

وَأَنزَلْنَا مِنَ ٱلْمُعْصِرَٰتِ مَآءً ثَجَّاجًا

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Wa anzalnā minal-mu’ṣirāti mā`an tṡajjājā"

4. QS. Abasa Ayat 17

قُتِلَ ٱلْإِنسَٰنُ مَآ أَكْفَرَهُۥ

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Qutilal-insānu mā akfarah"

5. QS. Al-Falaq Ayat 2

مِنۡ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Min sharri ma khalaq"

6. QS. Al-Maun Ayat 5

الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Al laziina hum 'an salaatihim sahuun"

7. QS. Al-Maidah Ayat 6

فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Fa tayammamụ ṣa'īdan ṭhayyiban famsaḥụ biwujụhikum wa aidīkum min-hu ... "

8. Al-Baqarah Ayat 64

ثُمَّ تَوَلَّيْتُم مِّنۢ بَعْدِ ذَٰلِكَ ۖ فَلَوْلَا فَضْلُ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُۥ لَكُنتُم مِّنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Tsumma tawallaitum mim ba'di żālika falau lā faḍlullāhi 'alaikum wa raḥmatuhụ lakuntum minal-khāsirīn"

9. QS. An-Naba Ayat 13

وَأَنزَلْنَا مِنَ ٱلْمُعْصِرَٰتِ مَآءً ثَجَّاجًا

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Wa anzalnā minal-mu’ṣirāti mā`an tṡajjājā"

10. QS. An-Naba Ayat 34

وَكَأْسًا دِهَاقًا

Bacaan latin contoh bacaan ikhfanya: "Wa ka`san dihāqā"

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS