Sukses

Inovasi adalah Bentuk Kreativitas, Begini Cara Membangunnya

Inovasi membuat dunia terus berkembang.

Liputan6.com, Jakarta Inovasi adalah konsep yang membuat dunia terus berkembang. Dengan inovasi, pekerjaan manusia jadi lebih efisien. Inovasi adalah istilah yang erat kaitannya dengan teknologi, atau cara-cara baru dalam melakukan sesuatu.

Inovasi adalah tentang solusi baru atau lebih baik yang menciptakan nilai bagi banyak pihak. Inovasi adalah alat utama untuk memperbarui dan menciptakan nilai-nilai baru. Inti dari inovasi adalah baru dan menciptakan nilai.

Inovasi adalah hasil dari kreativitas. Bekerja dengan inovasi adalah tentang melakukan sesuatu untuk pertama kalinya. Berikut pengertian tentang inovasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian inovasi

Inovasi adalah pengenalan sesuatu yang baru. Inovasi berasal dari bahasa Latin innovare yang berarti memperbaharui. Kata ini berakart dari novus atau baru. Inovasi berarti ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru dalam bentuk perangkat atau metode.

Inovasi dapat digunakan untuk tindakan memperkenalkan sesuatu yang baru. Menurut Forbes, inovasi adalah sesuatu yang berbeda yang menciptakan nilai. Sesuatu ini bisa mencakup produk dan teknologi. Ini juga mencakup layanan, proses, model pendapatan, dan banyak hal lainnya.

Berbeda berarti sesuatu yang baru. Berbeda juga bisa merupakan hasil dari gabungan ide-ide yang sudah ada dan menjadikannya ide yang baru. Sementara menciptakan nilai bisa berarti inovasi memecahkan masalah. Memecahkan masalah inilah yang menciptakan nilai.

3 dari 8 halaman

Bentuk inovasi

Bekerja dengan inovasi adalah tentang menemukan dan mewujudkan sesuatu yang baru. Inovasi adalah ide baru, misalnya produk, solusi, ide bisnis, layanan, rumus kimia, metode atau teknologi matematika, yang ternyata menjanjikan atau berhasil.

Inovasi bisa berupa apa saja. Inovasi tidak hanya direpresentasikan dengan memperkenalkan atau mengimplementasikan ide atau metode baru. Definisi atau makna inovasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang melibatkan berbagai aktivitas untuk mengungkap cara-cara baru dalam melakukan sesuatu.

4 dari 8 halaman

Inovasi dan kreativitas

Secara umum, inovasi dibedakan dari kreativitas dengan penekanannya pada implementasi ide-ide kreatif. Kreativitas adalah produksi ide-ide baru dan berguna oleh individu atau sekelompok kecil individu yang bekerja bersama. Sementara inovasi adalah keberhasilan implementasi ide-ide kreatif dalam suatu organisasi.

Kreativitas adalah tindakan memahami sesuatu yang baru, apakah variasi pada tema atau sesuatu yang sama sekali baru. Inovasi adalah tindakan mempraktekkan sesuatu. Contohnya, kreativitas adalah membayangkan gagasan tentang pesawat yang bisa terbang melintasi ruang angkasa, dan inovasi adalah benar-benar membangun roket yang bisa dikendarai orang ke luar angkasa.

5 dari 8 halaman

Cara menjadi orang yang inovatif

Kejar passion

Orang-orang yang inovatif merasa terdorong untuk mengikuti hasrat mereka. Mereka diberi energi oleh aktivitas yang menantang. Orang-orang yang sangat inovatif dan sukses belum tentu yang paling berbakat dari kelompok itu, tetapi mereka secara konsisten dan terus-menerus mengejar tujuan mereka.

Catat sebisa mungkin

Orang-orang yang paling sukses dan kreatif seringkali adalah pencatat yang obsesif. Mereka memiliki kebiasaan menuliskan sesuatu, entah itu sebuah keajaiban yang datang kepada mereka pada saat inspirasi atau konsep menarik yang mereka baca. Sehebat apa pun ingatan, ketika sebuah wawasan datang, selalu yang terbaik adalah menuangkannya ke dalam bentuk tertulis sehingga kamu dapat kembali dan mengevaluasinya nanti.

6 dari 8 halaman

Cara menjadi orang yang inovatif

Perluas pengalaman

Orang-orang yang inovatif berkembang dalam perjalanan. Mereka suka belajar tentang budaya asing, mengunjungi museum seni, berjalan-jalan di alam, belajar memainkan alat musik atau cara lain yang dapat memperluas pikiran mereka. Ketika pengetahuan dan pengalaman digabungkan, kemampuan pikiran untuk menjadi fleksibel dan memahami ide-ide yang kompleks akan meningkat.

Pertanyakan semuanya

Orang yang sangat inovatif secara alami ingin tahu dan mereka cenderung mempertanyakan banyak asumsi yang diterima orang lain. Semakin banyak bertanya, semakin banyak imajinasi terstimulasi untuk mempertimbangkan kemungkinan lain. Inilah sebabnya mengapa orang-orang kreatif terus-menerus menyelidiki dan memeriksa berbagai hal, termasuk produk mereka sendiri dan kualitas layanan mereka sendiri.

7 dari 8 halaman

Cara menjadi orang yang inovatif

Siapkan lingkungan yang kreatif

rang yang inovatif tahu elemen apa yang akan memicu imajinasi mereka. Mereka memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang tepat yang akan merangsang kreativitas dan membiarkan ide mengalir secara alami. Mereka mengatur ruang kerja dan ruang hidup mereka dengan cara yang nyaman dan santai. Mereka mencari tempat di mana pikiran mereka bebas untuk bersantai dan mengembara.

Bebaskan diri dari kendala

Untuk benar-benar berinovasi, kamu harus membebaskan diri dari hambatan. Kamu harus menghilangkan batasan yang mengurung dan membuang asumsi lama dan keyakinan yang membatasi diri.

8 dari 8 halaman

Cara menjadi orang yang inovatif

Memelihara proses kreatif

Orang yang sangat inovatif memahami bahwa mereka harus membiarkan proses kreatif berjalan dengan sendirinya. Mereka menyadari bahwa ide harus melalui masa inkubasi. Ide sering meresap melalui alam bawah sadar dan perlu "direbus" sebentar sebelum terbentuk sepenuhnya.

Mencari koneksi

Orang-orang yang inovatif elihat hubungan antara orang dan tempat, dan antara titik data. Mereka mencari makna dalam urutan hal-hal, untuk lebih memahami mengapa hal-hal seperti itu dan bagaimana mereka dapat ditingkatkan. Mereka memperhatikan detail kecil: bagaimana orang berperilaku, apa yang membuat mereka bersemangat, apa yang membuat mereka bersemangat, sedih atau bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.