Sukses

5 Tahap Perjalanan Karier Chris Rock dari Putus Sekolah Hingga Jadi Komedian Terkenal

Saat ini tiket tur komedi Chris Rock ludes terjual.

Liputan6.com, Jakarta Christopher Julius Rock, komedian asal Amerika Serikat yang saat ini sedang menjadi pusat perhatian dunia. Chris Rock yang tampil menghibur sebagai komika di Piala Oscar 2022 mendapatkan tamparan keras dari aktor Will Smith. Tamparan tersebut didapatkannya usai bercanda menyinggung istri Will Smith bernama Jada Pinkett Smith.

Terlepas dari kejadian tersebut, kini nama Chris Rock sedang ramai diperbincangkan. Banyak yang merasa penasaran akan latar belakang komedian kelahiran 7 Februari 1965. Perjalanan karier Chris Rock pun dicari warganet untuk mengetahui sepak terjang dari komedian Afrika-Amerika paling ikonik di dunia.

Dalam satu dekade terakhir, Chris Rock memang mendedikasikan diri di bisnis hiburan stand up komedi. Ia sangat menikmati kariernya sebagai komika dan kerap membuat penonton tertawa dengan guyonannya. Puncak karier komika dari Chris Rock yakni saat bergabung sebagai pemeran Saturday Night Live. Acara Saturday Night Live yang sukses besar membawa Rock tampil di serial In Living Color" dan sitkom Everybody Hates Chris.

Jauh sebelum menjadi komika terkenal, Chris Rock pernah mengalami pengalaman hidup yang pahit. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tahapan perjalanan karier Chris Rock hingga menjadi terkenal seperti sekarang, Selasa (29/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Masa kecil jadi korban bully

Chris Rock lahir di Andrews, Carolina Selatan pada 1966. Masa kecil Rock terbilang sangat pahit karena ia kerap mengalami intimidasi dan menjadi korban bully karena ras kulit hitam. Dilansir dari wawancara di CBS Sunday Morning, Rock merasa awal masuk sekolah menjadi masa paling merugikannya.

Meski merasa dirugikan, Rock dengan berbesar hati ia memaafkan orang yang menjadikannya korban bully. Ia bersikap lapang dada dan meyakini bahwa orang yang akan sama-sama belajar dari masa lalu termasuk para perundung yang ia yakini bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

 

3 dari 6 halaman

2. Bekerja paruh waktu dari SMA

Perjuangan hidup Chris Rock sudah dimulai sedari SMA. Ketika anak seumurannya fokus belajar, ia harus berusaha memenuhi kebutuhan hidup dengan bekerja paruh waktu. Adapun pekerjaan paruh waktunya juga bergaji rendah.

Dilansir dari Rolling Stone, Rock tercatat pernah bekerja di toko Odd Lots. Toko tersebut memasok rantai makanan laut Red Lobster. Selain itu, Rock juga tercatat sebagai pekerja paruh waktu di McDonald's dengan job desk membuat burger.

4 dari 6 halaman

3. Memilih putus sekolah dan bekerja

Chris Rock muda harus memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja. Sewaktu ia duduk di kelas sepuluh, ia memutuskan untuk putus sekolah. Alasan memperpendek pendidikannya ini karena Rock lebih memilih bekerja di Red Lobster. Rock berhasil mendapatkan SIM truk yang membuatnya mendapatkan izin mengemudi truk layaknya pekerjaan sang ayah.

5 dari 6 halaman

Awal karier Stand Up Komedi

Awal karier Chris Rock terjun di stand up komedi yakni saat ia menginjak usia 17 tahun. Ketika itu, Rock tercatat masih bekerja di Red Lobster. Rock pergi menonton penampilan Eddie Murphy yang saat itu menjadi komika terkenal. Dilansir dari Rolling Stone, Rock mengantre tiket pertunjukan Eddie Murphy di Radio City Music Hall.

Beberapa tahun setelah itu, Rock memutuskan untuk terjun ke dunia stand up komedi dan berhasil tampil legal pertama di atas panggung meski harus berbohong terkait usianya. Ia mengaku usia 18 tahun meskipun saat itu ia cukup berumur untuk tampil secara legal.

Perlahan tapi pasti, Rock mulai mempelajari pola komedia bersama dengan Colin Quinn. Keduanya terus menganalisis penampilan mereka hingga akhirnya mimpi mereka jadi stand up hebat dunia benar-benar terwujud.

6 dari 6 halaman

5. Datang tawaran film pertama untuk Chris Rock

Usaha pantang menyerah akhirnya berbuah hasil. Titik baliknya saat Chris Rock berhasil menjadi anggota pemeran sketsa komedi terkenal, Saturday Night Live (SNL) pada 1990 hingga 1993. Ketenarannya sangat melejit di SNL sehingga tawaran film pun datang.

Tawaran film yang datang tak disia-siakan Rock dengan mengambil peran di film berjudul New Jack City tahun 1991. Film itu berhasil meraup USD 47,6 juta dari seluruh dunia. Setelah itu, Rock keluar dari SNL dan mulai melebarkan sayapnya dengan menulis film komedinya berjudul CB4.

Tak hanya populer sebagai aktor, ia nyatanya terus berkembang dengan menjadi sutradara dan produser. Meski sukses besar di dunia film, Chris Rock nyatanya juga masih sangat menikmati sebagai komika. Terbukti, tur komedi stand up nya yang terbaru luder terjual habis. Kini banyak orang semakin antusias untuk menonton pertunjukan Chris Rock yang semakin dikenal oleh dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.