Sukses

5 Cara Hapus Akun Instagram di HP yang Cepat dan Tanpa Ribet

Mengahapus akun Instagram di HP dapat dengan mudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Cara hapus akun Instagram di hp dapat dilakukan oleh semua orang. Cara hapus akun Instagram juga dapat dihapus secara permanen atupun sementara. Hal ini tentunya menjadi solusi terbaik bagi anda yang masih ragu-ragu.

Instagram merupakan platform berbagi foto dan video pendek yang memiliki jutaan pengguna di dunia. Meski bermain Instagram terbilang seru dan menyenangkan, namun sayangnya beberapa orang ada yang ingin menghapus akun Instagram karena beberapa hal. Seperti memakan banyak memori telepon, kuota internet, ingin mengurangi aktivitasnya di media sosial, dan bahkan sudah bosan.

Dengan berbagai alasan tersebut, anda dapat menghapus akun Instagram baik dengan sementara dan permanen. Apabila nanti anda merasa masih ingin bermain lagi, anda bisa mengaktifkan akun Instagram tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara hapus akun Instagram di Hp yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Hapus Akun Instagram di HP untuk Sementara

Cara hapus akun Instagram di Hp bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Hanya saja penghapusan akun tersebut tidak bisa dilakukan via aplikasi terkait, melainkan perlu dilakukan lewat browser kemudian mengunjungi website instagram. Berikut cara hapus akun Instagram di Hp untuk sementara, yaitu:

1. Buka browser lalu kunjungi website instagram.com

2. Pilih menu “Profil”

3. Ketuk ikon baut atau menu “Setting/Pengaturan” di bagian kiri atas

4. Ketuk menu “Edit Profil”

5. Gulirkan layar ke bagian paling bawah dan tekan tulisan “Nonaktifkan sementara akun saya”

6. Pilih alasan mengapa anda menonaktifkan akun, dan masukan pula kata sandi akun anda sebagai verifikasi

7. Ketuk tombol “Akun dinonaktifkan sementara”

3 dari 6 halaman

Cara Hapus Akun Instagram di HP secara Permanen

Apabila anda ingin menghapus akun Instagram di Hp secara permanen juga bisa. Berikut ini cara hapus akun Instagram di Hp secara permanen, antara lain:

1. Buka browser lalu kunjungi laman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

2. Pilih alasan mengapa anda menghapus akun secara permanem

3. Masukan kata sandi akun untuk verifikasi

4. Lakukan konfirmasi ulang penghapusan akun

4 dari 6 halaman

Cara Hapus Akun Instagram Secara Permanen di HP dengan Langkah Lain

Cara ini hampir sama dengan cara di atas, bedanya hanya terletak paa pengaturannya. Berikut cara hapus akun Instagram secara permanen di HP, yaitu:

1. Buka aplikasi Instagram di handphone anda, lalu masuk ke profil Instagram milik anda.

2. Pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

3. Selanjutnya, anda akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

4. Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

5. Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

6. Pilih salah satu alasan kenapa anda ingin menghapus akun Instagram.

7. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram anda, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

5 dari 6 halaman

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Ketika anda menonaktifkan Instagram atau menghapus akun Instagram secara sementara, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan sampai anda mengaktifkannya kembali. Anda bisa menonaktifkan akun dan mengaktifkannya kembali di kemudian hari bila mengambil cara hapus akun Instagram secara sementara.

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram sangatlah mudah. Anda cukup login dengan username dan kata sandi seperti biasa. Jika berhasil login, secara otomatis akun Instagram anda akan kembali dan bisa digunakan seperti semula.

Namun, untuk menonaktifkan akun Instagram ini tidak bisa dilakukan secara berkala alias berulang dalam waktu dekat. Anda memiliki batas waktu seminggu dari masa mengaktifkan akun jika ingin kembali menonaktifkannya kembali.

6 dari 6 halaman

Cara Menghapus Instagram karena Lupa Sandi

Berikut ini adalah cara hapus akun Instagram lama yang sudah lupa password, yaitu:

1. Masuk ke Aplikasi Instagram

Sebelum hapus akun instagram, pengguna harus masuk ke halaman Instragram miliknya. Untuk masuk ke Instagram, ikuti langkahnya di bawah ini:

a. Buka aplikasi Instagram melalui komputer.

b. Pilih 'Get help logging in' di menu login.

c. Masukkan username Instagram atau email yang digunakan untuk membuat akun tersebut.

d. Pilih verifikasi melalui email atau SMS.

e. Tunggu hingga kamu menerima kode yang akan digunakan untuk login ke akun Instagram

2. Atur Ulang Password

Selanjutnya, anda harus mengatur ulang password Instagram dengan cara memilih menu 'Security' di menu 'Setting'. Setelah itu memasukkan password, kemudian anda akan menerima tautan melalui email untuk mengatur ulang sandi.

3. Menghapus akun instagram

Berikutnya, anda disarankan untuk login dan mengunduh berbagai informasi yang bersifat privasi atau penting.  Berikut adalah cara hapus akun Instagram yang lupa password-nya:

a. Buka halaman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ dari browser seluler atau komputer. Jika belum login ke Instagram, anda akan diminta untuk login terlebih dahulu

b. Setelah itu, pilih opsi dari menu di samping tulisan “Mengapa Anda menghapus akun Anda?” dan masukkan kembali kata sandi. Pilihan untuk menghapus akun secara permanen akan muncul setelah anda memilih alasan dari menu tersebut

c. Klik atau ketuk 'Hapus Akun Saya Secara Permanen'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.