Sukses

12 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Cepat, Gunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan batuk berdahak dilakukan dengan berbagai langkah, seperti banyak minum hingga mandi air hangat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan batuk berdahak sangat penting dipahami di musim hujan mendekati pancaroba ini. Pasalnya, banyak orang mengalami penyakit flu dan pilek pada musim ini.  Batuk berdahak biasanya terjadi karena tubuh memang sedang tidak fit.

Batuk berdahak atau batuk produktif dapat terjadi karena berbagai alasan. Sejumlah kondisi terkait sistem pernapasan juga bisa menjadi penyebab batuk berdahak. Penyebab batuk berdahak terjadi ketika cairan di saluran napas memicu refleks batuk.

Cara menghilangkan batuk berdahak dilakukan dengan berbagai langkah, seperti banyak minum hingga mandi air hangat. Biasanya  batuk berdahak menandakan ada cairan di saluran pernapasan. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan mengatasi penyebab batuk berdahak.

Batuk berdahak ini biasanya disebabkan oleh flu, bronkitis, pneumonia, atau asma. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/2/2022) tentang cara menghilangkan batuk berdahak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Perbanyak asupan cairan

Untuk membantu mengencerkan dahak, kamu dapat mengonsumsi banyak cairan yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi gejala adalah air putih hangat, teh hangat, sup, jus buah, dan lainnya.

Tetap terhidrasi sangat penting ketika melawan infeksi. Ini juga menjaga tenggorokan dari kekeringan dan menjadi iritasi atau meradang. Kamu perlu untuk minum setidaknya 10 gelas air per hari.

Mandi air hangat

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya adalah dengan mandi air hangat. Mandilah dengan air hangat agar kamar mandi dipenuhi uap. Berendam atau sekadar diam beberapa menit di dalam ruangan penuh uap bermanfaat bagi tubuh kamu yang tengah mengalami batuk berdahak dan gangguan pernapasan.

Mandi uap dapat membantu melembapkan saluran udara bagian atas. Ini juga dapat membantu memecah lendir di dada. Cobalah untuk tetap mandi atau di kamar mandi beruap setidaknya selama lima menit. Jangan lupa untuk minum segelas air setelahnya untuk "mendinginkan” tubuh dan mencegah dehidrasi.

Hirup uap air panas

Selain mandi air hangat, kamu juga dapat menghirup uap dari mangkuk yang telah dipenuhi air panas. Cara menghilangkan batuk berdahak ini dilakukan dengan memposisikan wajah di atasnya dan tutupi kepala dengan handuk. Hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

Humidifier

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya yaitu dengan menggunakan humidifier. Humidifier akan membantu memproduksi udara yang lembap. Ini sangat membantu di malam hari, ketika tenggorokan mengering secara alami. Tenggorokan kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Dengan humidifier dahak di saluran pernapasan menjadi lebih tipis dan lebih mudah keluar dari paru-paru.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Madu

Menggunakan madu adalah salah satu cara menghilangkan batuk berdahak paling efektif. Selain mengonsumsi banyak air putih, kamu bisa konsumsi madu. Madu adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat batuk berdahak.

Manfaat tersebut dimiliki madu, karena penelitian membuktikan bahwa produk lebah tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Uji klinis kecil juga menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak.

Teh jahe

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya adalah dengan teh jahe. Jahe dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa cangkir teh jahe per hari dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan sekaligus membuat tetap terhidrasi.

Minum air lemon

Salah satu buah yang kerap digunakan untuk meredakan batuk adalah lemon. Jadi, salah satu cara menghilangkan batuk berdahak bisa kamu lakukan dengan minum air lemon. Caranya cukup mudah, kamu bisa memeras lemon dan menuangkannya ke air hangat, lalu minum secara rutin.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menghilangkan dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Larutan garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Vitamin C

Cara menghilangkan batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan vitamin C. Dosis besar vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus lebih cepat. Cobalah makan jeruk atau buah-buahan lainnya dua kali sehari sampai gejala membaik.

Tinggikan kepala ketika tidur

Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, cobalah untuk meninggikan kepala saat rebahan dengan menggunakan beberapa bantal. Cara menghilangkan batuk berdahak ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk, sehingga tidur malam kamu tidak akan terganggu.

Jauhkan bahan kimia

Saat batuk, kamu perlu menghindari bahan kimia iritan. Bahan tersebut merupakan bahan yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan. Biasanya, iritan terdapat pada pengharum ruangan atau asap rokok. 

Konsumsi obat batuk

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan cepat tentunya minum obat batuk yang tepat. Namun, jangan sampai sembarang minum obat, pilihlah obat batuk yang fokus mengobati batuk dengan tepat sasaran yang biasa dikenal dengan OTC drugs. 

Selain itu, pastikan kamu banyak beristirahat untuk membantu tubuh memulihkan diri. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan sekarang juga. Bila sakit batuk terus berlanjut segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.