Sukses

8 Minuman untuk Redakan Batuk Kering, Kurangi Ketidaknyamanan

Liputan6.com, Jakarta Batuk kering sering menimbulkan ketidaknyamanan, terutama pada malam hari. Batuk merupakan cara sistem pernapasan membersihkan iritan dan infeksi. Batuk kering terjadi ketika batuk tidak disertai dengan cairan lendir. 

Batuk kering dapat menyebabkan sensasi menggelitik dan seringkali disebabkan oleh iritasi pada tenggorokan. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya peradangan atau gangguan pada sistem pernapasan. Batuk kering juga menjadi salah satu gejala khas dari COVID-19.

Batuk yang terus menerus bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, ada beberapa cara untuk meredakan batuk kering. Selain obat-obatan, ada jenis minuman yang bisa membantu menenangkan pernapasan dan meredakan batuk kering.

Minuman ini sangat mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi dengan aman. Berikut 8 minuman untuk meredakan batuk kering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(11/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Minuman untuk redakan batuk kering

Madu

Untuk orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering pada siang dan malam hari. Melansir Healthline, madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi. Madu bisa diminum satu sendok teh beberapa kali sehari, atau bisa ditmbahkan ke teh atau air hangat untuk diminum.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Ia juga bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk batuk kering.

3 dari 7 halaman

Minuman untuk redakan batuk kering

Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Jahe juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dengan cara merebus rimpang jahe atau memotongnya, kemudian menyeduhnya dengan air panas. Menambahkan madu dapat membuatnya lebih bermanfaat untuk batuk kering.

Peppermint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Ini dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi keinginan untuk batuk. Peppermint juga membantu mengurangi kemacetan, plus memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint. Ini termasuk minum teh peppermint atau mengisap pelega tenggorokan peppermint. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meringankan batuk di malam hari.

4 dari 7 halaman

Minuman untuk redakan batuk kering

Licorice

Menyeruput teh yang terbuat dari akar licorice memiliki efek menenangkan pada tenggorokan. Akar licorice kering dapat dibeli secara online dan digunakan untuk membuat teh dengan merendam 2 sendok makan akar serut dalam 8 ons air mendidih selama lima hingga 10 menit.

Thyme

Thyme mengandung senyawa yang disebut timol yang diyakini memiliki efek antispasmodik yang dapat membantu mengendurkan otot polos tenggorokan. Ketika dikonsumsi sebagai teh, thyme kemungkinan aman untuk digunakan sesekali. Pemanis dengan madu untuk manfaat pereda batuk tambahan.

5 dari 7 halaman

Minuman untuk redakan batuk kering

Air lemon

Minum air lemon hangat yang dicampur dengan madu adalah cara lama untuk meredakan sakit tenggorokan. Lemon memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru. Minuman ini juga dapat membersihkan saluran udara untuk meredakan batuk kering. Lemon juga kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat sakit.

Jus nanas

Nutrisi dalam jus nanas dapat membantu meredakan gejala batuk atau pilek. Jus nanas mengandung campuran enzim yang disebut bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Selain pada batuk kering, jus nanas juga bisa membantu meredakan batuk berdahak dengen memecah lendir.

6 dari 7 halaman

Cara mengatasi batuk kering lainnya

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat akan membantu meringankan ketidaknyamanan dan iritasi yang disebabkan oleh batuk kering. Air garam juga membantu membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan. Larutkan 1 sendok teh garam meja dalam segelas besar air hangat. Kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

Aromaterapi dengan kayu putih

Aromaterapi adalah praktik menggunakan minyak esensial untuk menenangkan dan menyembuhkan. Minyak esensial kayu putih dapat membantu meredakan batuk kering dengan bekerja sebagai dekongestan. Coba tambahkan kayu putih ke dalam diffuser, spritzer, atau inhaler. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air panas ke dalam mangkuk dan menghirup uapnya.

 

 

 

7 dari 7 halaman

Cara mengatasi batuk kering lainnya

Minum cukup air

Jika mengalami batuk kering, maka cairan adalah kuncinya. Tetap terhidrasi akan membantu memastikan tenggorokan tetap lembap sehingga bisa sembuh dengan baik. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, tetapi lebih banyak lebih baik.

Humidifier

Humidifier adalah mesin yang menambahkan kelembapan ke udara. Udara kering, yang biasa terjadi di rumah yang panas, semakin memperburuk jaringan tenggorokan yang meradang. Coba gunakan pelembab udara di kamar tidur di malam hari untuk membuat tubu lebih nyaman dan membantu sembuh lebih cepat.

Pembersih udara

Pembersih udara dapat membantu membersihkan rumah dari iritan di udara, seperti debu dan asap. Mereka juga mengurangi alergen, seperti bulu hewan peliharaan dan serbuk sari. Menghirup udara bersih dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan keinginan untuk batuk.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS