Sukses

Perbedaan Unsur dan Senyawa, Pengertian dan Jenisnya

Unsur dan senyawa adalah bagian kimia dasar.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan unsur dan senyawa penting untuk memahami kimia dasar. Unsur dan senyawa merupakan elemen pembentuk sebuah zat. Sebuah zat diklasifikasikan materinya menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

Ada sejumlah perbedaan unsur dan senyawa. Perbedaan unsur dan senyawa terletak pada bentuk penyusun, pemecahan, dan klasifikasinya. Perbedaan unsur dan senyawa yang paling utama terletak pada penyusunnya.

Contoh unsur termasuk besi, tembaga, hidrogen dan oksigen. Contoh senyawa antara lain air (H 2 O) dan garam (Natrium Klorida - NaCl). Mengenal perbedaan unsur dan senyawa akan membantu mengurai sebuah zat kimia. Memahami perbedaan unsur dan senyawa juga akan membantu mengenali mana unsur dan mana senyawa.

Berikut perbedaan unsur dan senyawa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (24/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian unsur

Unsur adalah zat kimia paling sederhana di mana semua atomnya persis sama. Unsur didefinisikan sebagai atom yang memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atomnya. Unsur ada dalam bentuknya yang paling sederhana dan tidak dapat dipecah lebih lanjut. Unsur bisa hadir dalam bentuk ion, atom, isotop, molekul.

Unsur-unsur diatur berdasarkan nomor atomnya dalam tabel periodik, yang menyoroti unsur-unsur dengan sifat yang serupa. Unsur diwakili oleh simbol yang ditetapkan oleh IUPAC. Misalnya, Oksigen diwakili oleh O, Aluminium diwakili oleh Al, dan lain sebagainya. Unsur-unsur diatur dalam tabel periodik dibagi tergantung pada kelompoknya sebagai logam atau non-logam.

3 dari 6 halaman

Jenis unsur

Unsur diklasifikasikan menjadi 3 jenis logam, metaloid, dan non-logam. Logam. Berikut penjelasannya:

Logam

Dalam kimia, unsur logam adalah unsur yang mudah membentuk ion positif (kation) dan memiliki ikatan logam. Unsur logam adalah unsur yang mendominasi tabel periodik. Lebih dari 75% unsur adalah logam. Unsur logam berada mulai di sisi kiri tabel periodik. Dua baris elemen di bawah tubuh utama tabel juga merupakan unsur logam.

Nonlogam

Nonlogam merupakan penghantar panas dan listrik yang buruk, dan tidak dapat ditempa atau ulet. Nonlogam adalah sekelompok unsur yang terletak di sebelah kanan tabel periodik. Unsur-unsur ini khas karena mereka biasanya memiliki titik leleh dan titik didih yang rendah, tidak menghantarkan panas atau listrik dengan baik, dan cenderung memiliki energi ionisasi dan nilai keelektronegatifan yang tinggi.

Metaloid

Metaloid adalah unsur yang memiliki sifat-sifat antara logam dan nonlogam. Metaloid juga bisa disebut semilogam. Pada tabel periodik, unsur-unsur berwarna kuning, yang umumnya berbatasan dengan garis anak tangga, dianggap sebagai metaloid.

4 dari 6 halaman

Pengertian senyawa

Senyawa adalah zat kimia yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia bersama dalam rasio tetap. Ketika dua atau lebih unsur bergabung secara kimia dalam perbandingan massa yang tetap, muncul materi yang bernama senyawa.

Ketika unsur-unsur bergabung, beberapa sifat individu dari unsur-unsur itu hilang dan senyawa yang baru terbentuk memiliki sifat-sifat baru. Senyawa diwakili oleh rumus kimianya. Rumus kimia adalah representasi simbolis dari proporsi atom yang membentuk senyawa kimia tertentu.

Misalnya, rumus kimia air adalah H 2 O yang menunjukkan dua atom hidrogen dan satu atom oksigen telah bergabung membentuk satu molekul H 2 O.

5 dari 6 halaman

Jenis senyawa

Berdasarkan atom penyusunnya disatukan, senyawa dibagi menjadi 4 jenis. Berikut penjelasannya:

Senyawa molekuler

Senyawa molekuler melibatkan atom yang bergabung dengan ikatan kovalen dan dapat diwakili oleh berbagai rumus. Senyawa molekul terdiri dari atom-atom yang diikat oleh ikatan kovalen. Ikatan ini terbentuk ketika elektron dibagi antara dua atom.

Senyawa ionik

Senyawa ionik terdiri dari ion-ion yang bergabung dengan ikatan ion, dan rumusnya umumnya ditulis menggunakan bilangan oksidasi. Dalam kimia, senyawa ionik adalah senyawa kimia yang terdiri dari ion-ion ​​yang disatukan oleh gaya elektrostatik yang disebut ikatan ion.

Intermetalik

adalah jenis paduan logam yang membentuk senyawa keadaan padat teratur antara dua atau lebih elemen logam. Intermetalik umumnya keras dan rapuh, dengan sifat mekanik suhu tinggi yang baik. Mereka dapat diklasifikasikan sebagai senyawa intermetalik stoikiometrik atau nonstoikiometrik.

Kompleks koordinasi

Kompleks koordinasi terdiri dari atom pusat atau ion yang biasanya logam dan disebut pusat koordinasi. Susunan molekul atau ion terikat di sekitarnya yang pada gilirannya dikenal sebagai ligan atau agen pengompleks. Banyak senyawa yang mengandung logam terutama yang termasuk logam transisi adalah kompleks koordinasi.

6 dari 6 halaman

Perbedaan unsur dan senyawa

Unsur dan senyawa adalah zat kimia murni yang ditemukan di alam. Perbedaan antara unsur dan senyawa adalah bahwa unsur adalah zat yang tersusun dari atom-atom yang sejenis, sedangkan senyawa tersusun dari unsur-unsur yang berbeda dengan perbandingan tertentu.

Bentuk penyusunnya

Perbedaan unsur dan senyawa terletak pada bentuk penyusunnya. Unsur adalah materi yang terdiri dari satu jenis atom. Sementara senyawa terdiri dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia.

Pemecahan

Unsur tidak dapat dibagi menjadi unit yang lebih kecil tanpa energi yang besar. Senyawa, di sisi lain, dapat memutuskan ikatannya dengan sejumlah energi praktis, seperti panas dari api. Unsur kimia murni tidak dianggap senyawa kimia.

Klasifikasi

Unsur diklasifikasikan menjadi logam, metaloid, dan non-logam. Logam, biasanya ditemukan di sisi kiri tabel periodik. Non-logam ditemukan di sisi kanan tabel periodik. Metaloid memiliki beberapa karakteristik logam dan beberapa karakteristik non-logam.

Sementara senyawa diklasifikasikan menjadi 4 jenis. Ia dicirikan oleh cara atom-atom dalam senyawa itu mengikat satu sama lain. Dua jenis seperti itu disebut senyawa molekuler, ionik, intermetalik, dan kompleks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.