Sukses

Penyebab Lupus, Gejala, Jenis, dan Pengobatannya yang Perlu Diketahui

Lupus adalah penyakit autoimun, di mana penderitanya memiliki sistem kekebalan yang keliru menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab lupus perlu diketahui karena penyakit ini sangat berbahaya. Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem imun, dan menimbulkan berbagai macam gejala yang berbeda pada setiap orang. Hal ini menyebabkan penyakit ini disebut juga penyakit seribu wajah. Penting diketahui, lupus adalah penyakit yang tidak menular.

Gejala yang biasanya dialami oleh penderita penyakit lupus ini di antaranya adalah peradangan, pembengkakan, dan kerusakan pada persendian. Selain itu, gejala lainnya seperti gangguan pada kulit, ginjal, darah, jantung, dan paru-paru juga bisa muncul.

Lupus adalah penyakit autoimun, di mana penderitanya memiliki sistem kekebalan yang keliru menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Harusnya, sistem kekebalan melindungi tubuh dan melawan antigen, seperti virus, bakteri, dan kuman. Ini terjadi dengan memproduksi protein yang disebut antibodi, seperti sel darah putih, atau limfosit B.

Namun, pada penderita lupus, sistem kekebalan tidak dapat membedakan antara zat yang tidak diinginkan, atau antigen, dan jaringan sehat. Akibatnya, sistem kekebalan mengarahkan antibodi pada jaringan sehat dan antigen. Ini menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kerusakan jaringan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/1/2022) tentang penyebab lupus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Lupus

Penyebab lupus sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, banyak ahli percaya bahwa penyebab lupus dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti liputan6.com kutip dari lupus.org, banyak (tetapi tidak semua) ilmuwan percaya bahwa lupus berkembang sebagai respons terhadap kombinasi faktor, baik di dalam maupun di luar tubuh. Di antara faktor penyebab lupus ini yaitu hormon, genetika, dan lingkungan.

Berikut faktor penyebab lupus yang perlu diwaspadai:

- Hormon. Hormon manusia mengatur banyak fungsi tubuh. Disebabkan karena sembilan dari setiap 10 kejadian lupus terjadi pada wanita, para peneliti telah melihat hubungan antara estrogen dan lupus. Banyak wanita memiliki gejala lupus sebelum periode menstruasi atau selama kehamilan ketika produksi estrogen sedang tinggi. Ini dipercaya menunjukkan bahwa estrogen entah bagaimana mengatur keparahan lupus.

- Genetika. Seseorang yang memiliki kerabat lupus tingkat pertama atau kedua akan memiliki risiko lebih tinggi terkena lupus. Lupus dapat terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit keluarga, tetapi mungkin ada penyakit autoimun lain dalam keluarga. Contohnya termasuk tiroiditis, anemia hemolitik, dan idiopatik trombositopenia purpura.

Orang-orang dari latar belakang apa pun dapat mengembangkan lupus, tetapi dua sampai tiga kali lebih umum pada orang kulit berwarna, dibandingkan dengan populasi kulit putih. Kelompok etnis tertentu (orang Afrika, Asia, Hispanik / Latino, penduduk asli Amerika, penduduk asli Hawaii, atau keturunan Pulau Pasifik) memiliki risiko lebih besar terkena lupus, yang mungkin terkait dengan gen yang mereka miliki.

- Lingkungan. Agen lingkungan seperti bahan kimia atau virus dapat berkontribusi untuk memicu lupus pada orang yang sudah rentan secara genetik. Sementara elemen lingkungan yang dapat memicu lupus dan menyebabkan suar tidak sepenuhnya diketahui, yang paling sering dikutip adalah sinar ultraviolet (UVA dan UVB), infeksi (termasuk efek dari virus Epstein-Barr), dan paparan debu silika dalam pengaturan pertanian atau industri.

Merokok juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab lupus. Obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin yang peka terhadap sinar matahari dan obat antibiotik dapat memicu perkembangan lupus. Stres emosional juga masuk dalam faktor penyebab lupus.

3 dari 5 halaman

Gejala Lupus

Setelah mengenali penyebab lupus, kamu juga perlu mengetahui gejalanya. Lupus adalah penyakit dengan gejala kompleks. Dilansir dari Medical News Today, American College of Rheumatology menggunakan skema klasifikasi standar untuk mengonfirmasi diagnosis lupus. Jika seseorang memenuhi 4 dari 11 kriteria, dokter akan mempertimbangkan bahwa sesorang mungkin menderita lupus.

Underdiagnosis dapat terjadi karena tanda dan gejala lupus tidak spesifik. Maka dari itu masih diperlukan serangkaian tes lagi untuk mendiagnosis penyakit lupus. Berikut 11 kriteria penyakit lupus:

- Ruam malar: Ruam berbentuk kupu-kupu muncul di pipi dan hidung.

- Ruam diskoid: Peningkatan bercak merah timbul.

- Fotosensitifitas: Ruam kulit muncul setelah terpapar sinar matahari.

- Radang mulut atau hidung: Biasanya tidak menyakitkan.

- Artritis non-erosif: Tidak menghancurkan tulang di sekitar sendi, tetapi ada kelembutan, pembengkakan, atau efusi pada 2 atau lebih sendi perifer.

- Perikarditis atau radang selaput dada: Peradangan memengaruhi selaput di sekitar jantung (perikarditis) atau paru-paru (radang selaput dada).

- Gangguan ginjal: Tes menunjukkan kadar protein atau seluler yang tinggi dalam urin jika seseorang memiliki masalah ginjal.

- Gangguan neurologis: Orang tersebut mengalami kejang, psikosis, atau masalah dengan pemikiran dan penalaran.

- Gangguan hematologis (darah): Anemia hemolitik hadir, dengan jumlah sel darah putih yang rendah atau jumlah trombosit yang rendah.

- Gangguan imunologi: Tes menunjukkan bahwa ada antibodi terhadap DNA beruntai ganda (dsDNA), antibodi terhadap Sm, atau antibodi terhadap kardiolipin.

- ANA Positif: Tes untuk ANA positif, dan orang tersebut belum menggunakan obat apa pun yang dapat menyebabkannya.Namun, bahkan sistem ini terkadang melewatkan kasus awal dan ringan.

4 dari 5 halaman

Jenis lupus

Penyakit lupus adalah kondisi yang bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Keempat jenis penyakit lupus ini punya karakteristik dan tingkat keparahan yang berbeda. Berikut jenis penyakit lupus:

- Lupus erythematosus sistemik. Lupus erythematosus sistemik (SLE) adalah jenis lupus yang paling umum. Lupus ini memengaruhi banyak organ, terutama kulit, persendian dan ginjal. Lupus sistemik edapat berkisar dari ringan hingga berat. Kondisi ini menyebabkan gejala yang mungkin memburuk seiring waktu dan kemudian membaik. Saat-saat ketika gejala memburuk disebut flare, sedangkan periode ketika gejala membaik atau hilang disebut remisi.

- Lupus kulit atau Cutaneous lupus. Cutaneous lupus atau lupus kulit secara umum menyerang kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan ruam dan lesi permanen dengan jaringan parut. Cutaneous lupus bisa dialami dua pertiga dari penderita lupus. Ruam kulit sebagian besar akan muncul pada area yang terpapar sinar matahari seperti wajah, telinga, leher, lengan, dan kaki. Kondisi ini juga bisa diperburuk oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau cahaya buatan.

- Lupus yang diinduksi obat. Penyakit lupus ini disebabkan oleh penggunaan obat resep tertentu. Penggunaan obat resep tertentu dapat menyebabkan lupus yang diinduksi oleh obat. Kondisi ini dapat berkembang melalui penggunaan jangka panjang dari obat-obatan tertentu yang diresepkan, biasanya setelah hanya beberapa bulan minum obat.

- Lupus neonatal. Neonatal lupus adalah jenis lupus yang sangat langka. penyakit lupus ini menyerang bayi yang ibunya memiliki antibodi autoimun tertentu. Antibodi autoimun ini ditularkan dari ibu ke janin di seluruh plasenta. Meskipun sangat jarang, bayi baru lahir dari wanita dengan lupus berada pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa.

5 dari 5 halaman

Pengobatan Lupus

Penanganan untuk masalah lupus bergantung pada gejala dan keluhan yang dialami. Mengutip Klikdokter, pengobatan yang umumnya digunakan untuk mengontrol gejala lupus termasuk:

- Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), digunakan untuk menangani nyeri, pembengkakan, atau demam yang disebabkan oleh lupus.

- Obat kortikosteroid, digunakan untuk menangani peradangan yang disebabkan oleh lupus. Beberapa efek samping tercatat timbul akibat penggunaan obat ini, seperti peningkatan berat badan, lebam pada tubuh, diabetes, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko infeksi.

- Obat imunosupresan, yang merupakan obat untuk menekan sistem daya tahan tubuh. Efek samping mungkin timbul berupa peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, dan penurunan kesuburan. 

Penderita lupus dianjurkan untuk melakukan kontrol rutin sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter. Hal ini bertujuan agar kondisi dan kemajuan pengobatan bisa terpantau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.