Sukses

Solidaritas adalah Ketetapan dalam Hubungan, Pahami Jenis-Jenis dan Contohnya

Solidaritas adalah berhubungan dengan sifat satu rasa, senasib, dan perasaan setia kawan.

Liputan6.com, Jakarta Konsep solidaritas adalah bagian dari upaya menciptakan keadaan sosial yang teratur. Dalam kehidupan sehari-hari, solidaritas adalah dijadikan pegangan untuk menyatukan adanya perbedaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan istilah solidaritas adalah sifat satu rasa, senasib, dan perasaan setia kawan.

Secara etimologi, melansir dari laman ppkn.co.id istilah solidaritas adalah berasal dari bahasa Arab “tadhamun” yang artinya ketetapan dalam hubungan. “Takaful” yang artinya saling menyempurnakan atau melindungi.

Dalam sebuah kelompok sosial, sesuai pengertian KBBI solidaritas adalah rasa kebersamaan suatu kelompok yang melibatkan kesetiakawanan untuk mencapai tujuan sama. Ahli dalam bidang ini, Robbert M.Z Lawang solidaritas adalah berpegang pada kesatuan, persahabatan, saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota.

Berikut Liputan6.com ulas tentang solidaritas adalah ketetapan dalam hubungan lebih jauh, Jumat (12/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Solidaritas Menurut Para Ahli

1. Pengertian Solidaritas Menurut Emile Durkheim

Pengertian solidaritas adalah keadaan saling percaya antar anggota kelompok atau komunitas. Jika  orang saling percaya mereka akan menjadi satu atau menjadi sahabat, menjadi saling menghormati, menjadi saling bertanggung jawab untuk saling membantu dalam memenuhi kebutuhan antar sesama.

2. Pengertian Solidaritas Menurut Soerjono Soekanto (1987: 68-69)

Pengertian solidaritas adalah kohesi yang ada  antara anggota suatu asosiasi, kelompok, kelas sosial, kasta, dan antara berbagai individu dan kelompok, maupun kelas-kelas membentuk masyarakat, dengan bagian-bagiannya.

3. Pengertian Solidaritas Menurut Robbert M.Z Lawang (1985: 262)

Pengertian solidaritas adalah berpegang pada kesatuan, persahabatan, saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota.

4. Pengertian Solidaritas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian solidaritas adalah sifat satu rasa, senasib, dan perasaan setia kawan.

5. Pengertian Solidaritas Menurut Doyle Paul Johnson

Pengertian solidaritas adalah merujuk pada suatu hubungan antara individu dan atau kelompok yang berdasar pada moral dan kepercayaan yang dianut bersama, serta pengalaman emosional bersama.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Solidaritas dan Contohnya

Ada dua jenis solidaritas yang selama ini tumbuh di masyarakat sekitar. Hal ini diungkap oleh Emile Durkheim, solidaritas adalah terdiri dari solidaritas organik dan solidaritas mekanik. Berikut penjelasan jenis-jenis solidaritas dan contohnya, mengutip laman ppkn.co.id:

1. Solidaritas Organik

Solidaritas organis adalah solidaritas atau kekompakan yang berdasarkan atas sebuah perbedaan, solidaritas organik timbul karena munculnya pembagian kerja yang semakin besar, solidaritas organik berdasarkan atas jenjang ketergantungan yang sangat tinggi.

Perbedaan skema hubungan atau relasi bisa membentuk jalinan sosial dan persatuan melalui gagasan yang membutuhkan kebersamaan serta diikat dengan asas moral, norma, undang-undang, atau selengkap nilai yang bersifat umum.

Oleh sebab itu, jalinan solidaritas adalah tidak lagi menyeluruh, tetapi terbatas pada kepentingan bersama yang bersifat sebagian-sebagian atau hubungan bagian dari keseluruhan.

2. Solidaritas Mekanik

Solidaritas mekanik adalah berdasarkan pada tingkat homogenitas yang tinggi dalam kepercayaan, emosi dan sebagainya. Solidaritas mekanik biasa ditemukan dalam masyarakat kuno atau masyarakat tradisional yang masih sederhana.

Dalam masyarakat tradisional pembagian kerja jarang terjadi. Seluruh kehidupan diintikan pada seorang kepala suku. Solidaritas mekanis menunjukan berbagai komponen atau indikator penting.

Contohnya yaitu, adanya kesadaran kolektif yang di dasarkan pada sifat ketergantungan individu yang memiliki kepercayaan dan pola normatif yang sama. Individualisme tidak meningkat karena dihilangkan oleh desakan peraturan atau kaidah yang bersifat menekan.

Bagaimana contoh solidaritas yang lain?

Disebuah desa A di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Jawa timur, Ada seorang remaja yang berumur 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA bernama Jojo.

Jojo merupakan seorang anak dari keluarga yang sederhana. Jojo seorang anak yang baik dan pandai namun akibat salah pergaulan, Jojo menjadi anak yang nakal, mabuk-mabukkan dan mengkonsumsi obat terlarang.

Suatu hari Jojo ingin meminta uang kepada orang tuanya untuk dibelikan sebuah motor, Namun karena orang tuanya hanya bekerja sebagai serabutan.

Orang tua jojo pun tidak dapat menuruti permintaan sang anak. Akibat penolakan kedua orang tuanya itu Jojo merasa kesal dan marah.

Karena merasa jengkel dan marah, Jojo langsung pergi ke desa sebelah yaitu desa M bersama dengan teman-temannya untuk melihat sebuah pertunjukkan musik.

Ketika melewati desa tetangga itulah Jojo melihat sebuah motor milik Pak Amin yang sedang berada didepan rumah.

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Tentang Solidaritas

1. "Baiklah kepada semua orang, tapi hanya sahabatilah orang-orang jujur yang mensyukuri kebersamaan denganmu."

2. "Kebahagiaan tercipta bukan hanya dari harta dan tahta, tapi sesederhana kebersamaan kita mampu membuatku menjadi makhluk yang paling bahagia."

3. "Kebersamaan adalah memahami. Maka yang tak sabar mendengar dan mengerti, harus sabar dengan sepi dan sendiri."

4. "Anda tidak bisa selalu menuntut solidaritas dari orang lain dan kemudian menolak untuk menunjukkannya sendiri." - Martin Schulz

5. "Kita tidak boleh takut pada solidaritas; lebih baik mari kita membuat semua yang kita miliki dan tersedia untuk Tuhan." - Paus Francis

6. "Kita harus mengedepankan solidaritas kemanusiaan, menghindari ketidakpedulian, dan berperan bersama masyarakat dalam penyelesaian masalah kekerasan." – Shakira

7. "Olahraga menjadi sangat penting saat ini karena dapat mendorong generasi muda untuk mengembangkan nilai-nilai penting seperti kesetiaan, ketekunan, persahabatan, berbagi dan solidaritas." - Paus Yohanes Paulus I

8. "Semua manusia membutuhkan pertolongan dan bergantung satu sama lain. Solidaritas manusia adalah kondisi yang diperlukan untuk berkembangnya setiap individu." - Erich Fromm

9. "Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."

10. "Keluarga adalah satu-satunya tempat kita belajar tentang arti sebuah kebersamaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.