Sukses

5 Ciri-Ciri WA Diblokir Paling Jelas dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik

Ciri-ciri WA diblokir akan terlihat dari indikator tanda centang saat mengirim pesan, tampilan foto profil pengguna, dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui ciri-ciri WA diblokir paling jelas bukan sesuatu yang sulit. Ciri-ciri WA diblokir akan terlihat dari indikator tanda centang saat mengirim pesan, tampilan foto profil pengguna yang memblokir, hingga pengguna yang tidak bisa ditambahkan ke grup.

Beberapa ciri-ciri WA diblokir tidak bisa dijadikan patokan pasti karena tandanya mirip dengan aktivitas sebagian kecil pengguna WhatsApp. Maka untuk memastikan ciri-ciri WA diblokir paling jelas dan aman bisa gunakan akun WhatsApp lain untuk melakukan tes.

Bila sudah mengetahui ciri-ciri WA diblokir paling jelas, bagaimana cara mengatasinya? Bagi yang merasa harus segera bisa menghubungi pengguna yang memblokir, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Mulailah menghubunginya melalui grup, mengganti nomor telepon WhatsApp, dan menghapus akun lama.

Agar lebih jelas, berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri WA diblokir paling jelas dan cara mengatasinya dari berbagai sumber, Kamis (8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri WA Diblokir Paling Jelas

1. Mengirim Pesan Hanya Centang Satu dengan Durasi yang Lama

Ciri-ciri WA diblokir paling jelas bisa dilihat dengan memeriksa centang pengiriman. Centang biru WhatsApp adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah pesan Anda telah dikirim dan apakah sudah dibaca. Ini merupakan petunjuk mengetahui ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

Satu tanda centang abu-abu berarti pesan telah dikirim, dua tanda centang abu-abu berarti pesan telah diterima dan dua tanda centang biru berarti pesan telah dibaca. Jika telah diblokir, ciri-ciri WA diblokir paling jelas biasanya pengguna hanya akan melihat satu centang abu-abu. Itu karena pesan akan dikirim, tetapi WhatsApp tidak akan mengirimkannya ke kontak tersebut.

Bisa jadi, ini mungkin pengguna tersebut telah kehilangan ponsel mereka atau tidak dapat terhubung ke Internet. Tetapi bersamaan dengan langkah pertama, Anda bisa memastikan ciri-ciri WA diblokir paling jelas dengan membandingkan melalui WhatsApp teman Anda yang lain.

Jika teman yang lain mendapatkan centang dua abu-abu atau biru saat mengirim pesan pada orang yang memblokir, sementara Anda masih mendapat centang satu, sudah dipastikan bahwa kontak WhatsApp-mu telah diblokir dan ini ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

2. Tidak Bisa Melihat Foto Profil Asli Pengguna

Ciri-ciri WA diblokir paling jelas selanjutnya adalah tidak bisa melihat foto profilnya. Jika mereka mengubah gambar profil mereka, Anda masih akan melihat fotonya yang lama atau bahkan tidak ada foto sama sekali.

Namun, ada beberapa pengguna yang jarang mengubah profil mereka yang membuat Anda lebih mudah mengenali ciri-ciri WA diblokir paling jelas. Bagi pengguna yang terbiasa tidak memakai foto profil Whatsapp akan sulit ditelusuri menggunakan cara ini.

Untuk lebih pasti, bandingkanlah tampilan profilnya dari WhatsApp teman Anda yang lain. Bila konfirmasinya menunjukkan ciri-ciri WA diblokir paling jelas, maka jangan berharap lebih!

3. Tidak Muncul Terakhir Dilihat

'Last seen' atau 'terakhir dilihat' merupakan status di mana atau kapan seseorang menggunakan WhatsApp. Jika status sedang online di WhatsApp berarti kontak tersebut sedang membuka WhatsApp dan terhubung ke Internet.

“Last seen atau terakhir dilihat” di WhatsApp mengacu pada terakhir kali kontak menggunakan WhatsApp. Melalui pengaturan privasi aplikasi, pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat melihat 'last seen' mereka. Pengguna WhatsApp harus mencatat bahwa mereka tidak dapat bersembunyi online.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak dapat melihat 'last seen' pengguna lain. Mereka mungkin telah mengatur pengaturan privasi mereka untuk menyembunyikan informasi ini atau sebaliknya, mungkin Anda telah menetapkan pengaturan privasi untuk tidak membagikan 'last seen'.

Tak adanya 'last seen atau terakhir dilihat' padahal biasanya ada dan lama tak bisa dihubungi maka ini ciri-ciri WA diblokir paling jelas. Untuk memastikannya lagi ciri-ciri WA diblokir paling jelas, Anda bisa membandingkan tampilan 'Last seen' orang yang terindikasi memblokir di WhatsApp sendiri dengan WhatsApp orang lain.

Minta teman Anda untuk membuka WhatsApp, pastikan bahwa teman Anda juga memiliki kontak dari orang yang terindikasi memblokir Anda. Setelah itu lihat apakah 'last seen' muncul atau tidak. Jika muncul, dipastikan ini merupakan ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri WA Diblokir Paling Jelas

4. Saat Melakukan Panggilan Berkali-kali Tidak Berdering

Ciri-ciri WA diblokir paling jelas keempat adalah tidak bisa ditelepon atau melakukan panggilan. Melakukan panggilan baik itu panggilan suara maupun video merupakan salah satu cara yang sangat ampuh mengetahui ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

Jika panggilan masih berdering atau bahkan diangkat, tandanya Anda belum diblokir. Berbeda jika panggilan tersebut tidak terhubung maka ini ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

Meski bergitu, ada juga kemungkinan pengguna tersebut tidak tersambung Wi-Fi atau data selular untuk dapat menerima panggilan, Anda bisa memeriksanya beberapa kali agar mendapat kepastian. Bila perlu, lakukan panggilan dengan akun WhatsApp yang berbeda untuk memastikan ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

5. Tidak Bisa Menambahkan Pengguna ke Grup

Ciri-ciri WA diblokir paling jelas terakhir adalah tidak bisa mengundang pengguna tersebut ke grup. Mulailah dengan membuat obrolan baru dalam bentuk grup dan menambahkan beberapa teman ke dalamnya. Jika teman-teman yang lain dapat dengan mudah dimasukkan maka ini bukanlah masalah.

Sekarang coba tambahkan kontak yang memiliki ciri-ciri WA diblokir paling jelas. Jika dapat menambahkannya ke grup, artinya Anda belum diblokir. Berbeda jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa Anda tidak memiliki otorisasi untuk menambahkannya, maka sudah pasti ini ciri-ciri WA diblokir paling jelas.

Meskipun ini mungkin merupakan kesalahan teknis atau error, jika Anda dapat menambahkan orang lain sementara pada saat yang sama tidak dapat melihat apakah pemblokir yang dicurigai sedang online atau dapat menelepon atau mengirim pesan kepada mereka, maka hampir dapat dipastikan bahwa Anda telah diblokir.

Bila masih ragu dengan ciri-ciri WA diblokir paling jelas ini, lakukan percobaan beberapa saat setelah gagal menambahkan pengguna tersebut. Agar lebih maksimal, tambahkan pengguna tersebut di grup dengan akun WhatsApp yang berbeda. Niscaya dengan cara tersebut ciri-ciri WA diblokir paling jelas bisa dimengerti.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WA Diblokir

1. Chat Lewat Grup WhatsApp

Kalau Anda dan orang yang memblokir termasuk ke dalam satu grup yang sama, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berkomunikasi. Soalnya, dalan sistem grup di WhatsApp, akun yang bukan merupakan admin grup tidak bisa memblokir atau mengeluarkan seseorang sembarangan. Dengan memanfaatkan hal ini, Anda masih bisa tetap berkomunikasi dengan orang tersebut tanpa takut akunmu kembali diblokir lagi.

2. Ganti Nomor Telepon

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti nomor WhatsApp. Sebelum mengganti nomor WhatsApp, Anda perlu backup semua data kontak dan perpesanan lainnya yang ada di akun WhasApp lama.

Kalau sudah, Anda bisa membuat akun WhatsApp baru dengan menggunakan nomor baru. Setelah akun baru Anda jadi, maka Anda sudah bisa kembali berkomunikasi dengan orang yang memblokir Anda.

3. Menghapus Akun WhatsApp

Cara terakhir ini memang cukup berisiko. Soalnya cara ini dapat menghapus semua data kontak dan pesan di WhatsApp Anda selama ini. Cara ini bisa dilakukan saat Anda benar-benar tidak memiliki kesempatan dengan cara pertama dan kedua.

Menghapus akun WhatsApp pun cukup mudah. Cukup klik tanda tiga titik yang terdapat di sisi kanan atas WhatsApp. Selanjutnya klik Setelan > Akun > Hapus Akun.

Setelah akun terhapus, Anda bisa membuat WhatsApp baru dengan membuka aplikasi WhatsApp lalu pilih Akun WhatsApp baru. Anda cukup melanjutkan tahap berikutnya yaitu dengan klik Setuju dan Lanjutkan > Lanjut > Pembuatan WhatsApp. Saat WhatsApp Anda sudah kembali seperti semula, maka Anda sudah bisa kembali berkirim pesan kepada kontak yang telah memblokirmu sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini