Sukses

Viral Aksi Pencopet di Angkot Terekam Kamera, Ini 4 Klarifikasi Pengunggah

Aksi seorang pria yang mencoba melakukan pencopetan kepada salah satu penumpang di dalam angkot viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang pria yang mencoba melakukan pencopetan kepada salah satu penumpang di dalam angkot viral di media sosial.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang penumpang yakni pria lansia yang diduga akan dicopet, saat tas pelaku ditaruh di pangkuan si kakek. Mengetahui aksinya diketahui dan direkam, pemuda yang diduga akan mencopet itu melemparkan tas ke arah perekam video.

Suara wanita yang tak lain adalah si perekam video itu mengingatkan korban sambil merekam saat tas pelaku diletakkan di pangkuan sang kakek. "Pak, Pak, maaf permisi...," terdengar suara wanita itu dalam bahasa Sunda.

Aksi viral itu sempat diunggah di akun TikTok si perekam, namun saat ini sudah di take down. Namun, saat ini sudah banyak diunggah ulang oleh warganet. Salah satunya pemilik akun Twitter @__aih.

Keberanian wanita itu pun menuai pujian dari netizen. Sehingga banyak menimbulkan pertanyaan tentang kelanjutan dari aksi perekaman video viral tersebut. Seperti yang dilansir Liputan6.com dari laman Twitter @__aih, berikut klarifikasi dari si perekam video, Jumat (21/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Video telah di take down oleh TikTok.

Diketahui, wanita pengunggah video bernama Putri. Mulanya, video viral tersebut diunggah di media sosial TikTok-nya dengan akun @puttttt_01. Namun, video tersebut tiba-tiba lenyap dari TikTok. 

Warganet yang bertanya-tanya mengira kalau video tersebut dihapus oleh Putri. Namun setelah dikonfirmasi, rupanya video tersebut telah di take down oleh TikTok dengan alasan yang tidak disebutkan.

3 dari 6 halaman

2. Tak sengaja satu angkot dengan copet.

Lebih lanjut, Putri menjelaskan bahwa video tersebut direkam saat ia pulang magang kerja di Majalaya. Ia pulang dengan naik angkot yang kebetulan dinaiki juga oleh copet.

 

4 dari 6 halaman

3. Si copet mengikutinya turun.

Putri menceritakan kronologi kejadian tersebut. Peristiwa itu terjadi pada sore hari di bulan Ramadan. Saat itu angkot penuh sesak dengan ibu-ibu yang pulang dari pabrik dan penumpang yang pulang ngabuburit.

Saat copet beraksi, Putri mengaku tak ada yang berani melawan karena sebagian besar penumpang adalah wanita. Saat ia ketahuan merekam aksi pencopet tersebut, Putri mengaku takut karena si pencopet terus melihat kearahnya.

Banyak warganet yang penasaran apakah si kakek ikut turun saat Putri turun. Ternyata tidak. Ketika Putri turun dari angkot, yang ikut turun justru pencopet itu. Namun, Putri mengaku tidak terjadi suatu hal yang buruk karena ia turun tepat di pangkalan ojek, di mana banyak orang yang akan menolong jika terjadi sesuatu padanya.

5 dari 6 halaman

4. Putri baru mengetahui videonya viral dari tetangga.

6 dari 6 halaman

Tonton aksi pencopetnya berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini