Sukses

Pecahkan Rekor Orang Tertua, Nenek Ini Bagikan Rahasia Hidup Hingga Umur 110 Tahun

Nenek ini pecahkan rekor orang tertua di Malaysia

Liputan6.com, Jakarta Dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun, tentu tidak banyak orang mengalaminya. Banyak orang yang berusia senja dihadapkan dengan masalah kesehatan. Mulai dari penyakit usia senja, hingga berbagai penyakit komplikasi karena gaya hidup semasa muda.

Namun kini, sudah banyak orang mengikuti trend gaya hidup sehat. Selain untuk menjaga kesehatan, banyak pula yang ingin berumur panjang.

Di Malaysia baru-baru ini ada seorang nenek yang menerima sertifikat rekor. Mengutip dari Worldofbuzz, Kamis (1/4/2021) Nenek ini menerima Malaysia Book of Records (MBR) sebagai wanita dan orang tertua di Malaysia yang masih hidup.

Ia pun baru saja berulang tahun ke 110 pada 31 Maret kemarin. Dalam acara ulang tahunnya tersebut, ia menceritakan rahasianya hingga hidup sampai usia 110 tahun.

Berikut ulasan orang tertua bagikan rahasia hidup hingga umur 110 tahun yang Liputan6.com kutip dari Worldofbuzz, Kamis (1/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nenek bernama Annamah telah hidup selama 110 tahun

Pada ulang tahun ke 110, nenek Annamah merima Malaysia Book of Records sebagai wanita dan orang tertua di Malaysia. Hingga saat ini ia telah dikaruniai empat orang anak, 17 cucu dan empat orang cicit.

Ia tinggal di Batu Gajah, Perak Malaysia bersama keluarga besarnya tersebut. Sebelumnya, ia dilahirkan dan dibersarkan di Thachambadi, Tamil Nadu, India. Tapi sebelum Perang Dunia II, ia pun bermigrasi ke Malaysia dengan pengetahuan akan ramuan tradisional Tamil Siddha.

Di kediamannya, ia banyak terima tamu dan melayani jasa kebidanan, pijat refleksi dan tato. Ia juga kerap memberikan nasihat soal medis dan umur panjang serta jamu.

 

3 dari 3 halaman

Rahasia umur panjang nenek Annamah

Putranya, M. Subramaniam yang berusia 73 tahun, mengatakan kepada BERNAMA bahwa rahasia umur panjang dari nenek Annamah ialah puasa, meditasi dan herbal buatannya.

“Dia sangat konsisten dengan rutinitasnya untuk menjaga kesehatannya. Dia juga biasa berpuasa setiap hari Senin sebagai detoks, tetapi berhenti berlatih sekitar 15 tahun yang lalu. ” ungkap Subramaniam.

Annamah juga menjual jamu buatannya yang dikemas dan telah tersedia di pasar. Pada saat ini kondisi Annamah menggunakan kursi roda dan mata kirinya buta, tetapi ia masih dapat berbicara riang dalam bahasa Tamil dan Melayu. Selain itu, ingatannya akan masa lalu masih sangat tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini