Sukses

9 Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

Berikut ini cara membersihkan karpet bulu agar awet dan tetap nyaman digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan karpet bulu agar awet sering jadi kegiatan yang memusingkan bagi sebagian orang. Pasalnya, kondisi karpet dengan bahan berupa bulu-bulu tebal ini sering membutuhkan usaha lebih serta waktu pembersihan yang bisa menyita waktu.

Kendati sering dianggap pekerjaan yang sulit, namun sebenarnya cara membersihkan karpet bulu agar awet tidak sesulit yang dibayangkan. Tentunya, selama mengikuti cara membersihkan karpet bulu agar awet yang benar dan tepat.

Ada beberapa bahan yang digunakan supaya cara membersihkan karpet bulu agar awet dapat berjalan efektif dan efisien. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan tersebut umum ditemukan di sekitar. Namun, sebaik-baiknya cara membersihkan karpet bulu agar awet dipraktikkan, apabila tidak dilakukan secara konsisten dan rutin tentunya tidak akan memberi dampak yang maksimal.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara membersihkan karpet bulu agar awet yang tepat, Jumat (29/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

1. Jangan pakai sapu, bersihkan dengan kain

Cara membersihkan karpet bulu agar awet yang pertama yaitu jangan pakai sapu. Sapu yang ujungnya kasar bisa dengan mudah merusak karpet serta membuat bulu-bulunya lepas. Ada baiknya, jika memang ada kotoran yang menempel pada karpet bulu, cukup bersihkan saja dengan kain.

 

2. Gunakan sikat lembut atau vacuum cleaner

Cara membersihkan karpet bulu agar awet yang kedua bisa mulai dengan dibersihkan menggunakan bantuan sikat lembut atau vacuum cleaner. Tujuannya yaitu agar debu-debu dan kotoran yang menempel pada karpet bulu dapat dihilangkan dengan optimal.

Proses menghilangkan debu dengan sikat lembut atau vacuum cleaner harus dilakukan pada ke dua sisinya. Tapi ada baiknya gunakan ujung vacuum yang ditujukan khusus untuk bahan seperti bulu. Tentunya ketika dilakukan proses penggosokan tidak merusak bulu-bulu pada karpet tersebut.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

3. Cuci dengan digantung

Apabila masih belum merasa puas dengan kondisi kebersihan karpet, maka cara membersihkan karpet bulu agar awet selanjutnya bisa dengan mencucinya. Namun, pastikan karpet dicuci dalam keadaan digantung.

Pertama, bentangkan karpet dengan cara digantung di tempat jemuran yang dibuat dari bambu atau besi, tentu yang sudah diberi penyangga cukup kuat. Pasalnya, saat bulu-bulu karpet terkena air, akan berpotensi menambah bobot dari karpet bulu tersebut. Jika tempat menggantung tidak kuat, maka karpet bisa terjatuh dan justru kotor kembali.

Mengapa perlu dicuci dengan cara digantung? Sebab, mencuci dengan cara digantung ini juga akan membuat air yang digunakan dapat mengalir lebih cepat, dibanging mencucinya di lantai. Dengan begitu, karpet juga akan lebih cepat kering.

 

4. Pakai semprotan air

Kemudian, agar proses mencuci semakin maksimal, maka bisa lakukan cara membersihkan karpet bulu agar awet ini. Dengan menggunakan bantuan semprotan air, maka bisa percepat proses pembersihan kotoran pada karpet yang mungkin saja menempel.

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

5. Jangan jemur di bawah sinar matahari

Cara membersihkan karpet bulu agar awet ini bukan tanpa alasan. Cukup jemur karpet dengan cara diangin-anginkan saja dan jangan langsung terkena sinar matahari. Tujuannya agar bulu karpet tidak menjadi kasar.

Kemudian, pastikan juga lokasi untuk menjemur karpet ada di tempat yang sirkulasi udaranya baik, supaya karpet tidak bau. Serta, pastikan lokasi menjemur tidak berisiko terpapar debu dan kotoran dari kendaraan atau sumber lainnya.

 

6. Pakai cuka dan baking soda

Jika terdapat noda di atas karpet, cara membersihkannya cukup mudah. Cukup dengan menggunakan cuka yang sudah dicampur baking soda serta air. Kemudian bersihkan secara perlahan. Sebab, karpet bulu cenderung sensitif, serta apabila jenis deterjennya cukup keras berisiko untuk merontokkan bulu-bulu pada karpet.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

7. Campuran deterjen dan air

Apabila dengan cara sebelumnya noda masih belum menghilang, maka bisa mencoba cara membersihkan karpet bulu agar awet dnegan bantuan deterjen. Tapi yang perlu dicatat, jenis deterjen yang digunakan yaitu deterjen untuk pakaian bayi yang dicampur air.

Selanjutnya, tuang cairan pembersih sedikit demi sedikit. Kemudian bisa gosok secara perlahan menggunakan sikat halus atau menggunakan tangan sampai noda di karpet dapat menghilang.

Tapi ada hal yang perlu digaris bawahi. Ketika karpet terkena tumpahan yang memiliki warna seperti kuah soto atau kopi, jangan tunggu sampai kering. Sebab, hal ini akan menyulitkan noda yang menempel untuk dibersihkan.

 

8. Bedak bayi dan baking soda

Kemudian, jika masalahnya hanya ada pada aroma karpet yang tidak sedap, maka cara membersihkan karpet bulu agar awet bisa dengan bantuan bedak bayi dan baking soda. Caranya cukup dengan taburi karpet menggunakan bedak bayi atau bisa juga menggunakan baking soda. Lalu, diamkan selama 12 jam supaya aroma tidak sedap tersebut bisa terserap bedak dan baking soda ini. Jika sudah, maka jangan lupa untuk bersihkan sisa bahan tersebut menggunakan sikat lembut, atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner.

6 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karpet Bulu agar Awet

9. Rutin kibaskan karpet di luar ruangan

Mengingat karpet bulu rawan jadi sarang debu dan kotoran. Maka cara membersihkan karpet bulu agar awet bisa dengan kibaskan karpet bulu secara rutin 2-3 hari sekali. Tapi lakukan di luar ruangan, tentunya agar debu dan kotoran tidak masuk ke rumah.

 

10. Pakai jasa profesional

Jika memang berbagai cara membersihkan karpet bulu agar awet belum jug abisa dilakukan, mengingat banyaknya aktivitas padat, maka cara membersihkan karpet bulu agar awet yang paling baik dan bijak yaitu dengan menggunakan jasa profesional.

Memang perlu merogoh kocek untuk membersihkan karpet bulu kesayangan. Namun, setidaknya hal ini sebanding dengan hasil yang didapatkan. Jadi, selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini