Sukses

15 Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dapat Mengatasi Jerawat

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan cukup banyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan penting untuk diketahui. Beberapa minyak alami memang mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya minya argan. Mendengar minyak argan mungkin sedikit asing bagi sebagian orang, namun rupanya minyak alami satu ini kerap digunakan sebagai bahan dasar skincare. 

Minyak argan kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Minyak argan tidak memiliki tekstur yang lengket dan sulit meresap seperti kebanyakan minyak pada umumnya. Selain itu, minyak argan juga tidak memliki bau yang mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang. Tak heran jika manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan cukup banyak.

Selain buat kecantikan wajah, manfaat minyak argan juga bisa dirasakan untuk kecantikan rambut hingga kuku. Konon, minyak ini dipercaya menjadi rahasia kecantikan kulit dan rambut para wanita Timur Tengah.

Kandungan minyak argan yang baik untuk rambut sekarang dapat didapatkan dengan menggunakan HERBAL ESSENCES Argan Oil of Morocco Repair Shampoo, yang berfungsi menghidrasi dan menutrisi rambut menjadi lebih sehat dan terawat.

Sampo ini diformulasikan dengan 90% bahan alami yang berasal dari The Royal Botanic Gardens, Kew. Tidak hanya itu, produk dengan perpaduan aroma fizzy citrus, exotic spices, dan creamy vanilla ini bersifat cruelty free dan memiliki pH seimbang, sehingga aman untuk rambut berwarna.

Mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang minyak argan tentunya membuat kamu semakin mengetahui apa saja manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak alami satu ini tak boleh dilewatkan untuk merawat kecantikan kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan, Kamis (22/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Minyak Argan

Minyak alami satu ini mungkin sedikit asing di telinga sebagian masyarakat. Namun rupanya minyak satu ini sudah cukup sering digunakan sebagai bahan dasar skincare. Popularitas minyak argan yang notabene berasal dari Timur Tengah ini belum sebesar minyak-minyak lainnya, sebut saja minyak zaitun. Padahal, minyak argan punya segudang manfaat yang tak kalah dengan minyak zaitun.

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama Maroko. Minyak argan (argan oil) kerap dijuluki sebagai ‘emas cair’, mengingat khasiatnya yang begitu besar bagi tubuh, khususnya untuk melembabkan kulit yang telah dikenal sejak jaman sebelum masehi.  

Untuk mendapatkan minyaknya, buah harus dikeringkan dulu (biasanya di bawah sinar matahari), lalu kacangnya diekstraksi, dipecahkan, dan diperas, sehingga minyaknya keluar. Jumlahnya yang sangat sedikit dan pohon ini hanya dapat tumbuh di satu negara, sehingga minyak Maroko dianggap sebagai salah satu minyak langka. Itu menjelaskan mengapa menjadi terkenal dan harganya yang sangat mahal.

Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Inilah sebabnya, mengapa banyak perusahaan kosmetik menjadikan minyak argan sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik. Minyak argan juga telah lama digunakan sebagai bahan pangan dan obat tradisional.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan terbilang cukup banyak. Sebelum menelaah minyak argan untuk kecantikan, berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat minyak argan untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Manfaat minyak argan untuk kesehatan yang pertama yakni dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan berhasil mengungkapkan jika minyak argan mengandung senyawa polifenol, di mana senyawa ini efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat sebanyak 50 persen. Walaupun minyak argan tergolong minyak langka karena hanya dapat tumbuh di satu negera, namun manfaatnya luar biasa.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dapat mencegah penyakit jantung merupakan manfaat kedua yang bisa didapatkan dari minyak argan. Selain makanan, minuman, dan pola hidup sehat yang dapat mencegah penyakit jantung, minyak argan juga dapat mencegah penyakit jantung.

Khasiat minyak argan yang satu ini tak lepas dari kandungan asam oleat, yang mana zat ini memang memiliki andil dalam meminimalisir risiko penyakit jantung. Berdasarkan hasil sebuah studi, ditemukan fakta bahwasanya tingkat efektivitas minyak argan dalam mencegah penyakit jantung berbanding lurus dengan ‘saudaranya’ yakni minyak zaitun.

3. Penyakit Kulit

Minyak argan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit. Contoh penyakit kulit yang biasa ditemui adalah panu dan kurap. Penyebab panu dan kurap bisa disebabkan karena virus dan penularan dari orang lain. Untuk mengobati penyakit kulit ini menggunakan minyak argan tinggal dioleskan pada bagian panu dan kurap. Lakukan ini sebanyak satu kali dalam sehari hingga panu dan kurap menghilang dari kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan perlu untuk diketahui. Walaupun tidak sepopuler minyak zaitun, rupanya minyak argan juga cukup sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, tak heran jika minyak argan dijadikan pilihan untuk merawat kecantikan wajah hingga rambut.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan yang pertama yakni dapat dijadikan sebagai pelembab alami wajah. Minyak argan merupakan pelembab alami yang dapat dengan mudah terserap oleh kulit. Membuat kulit kita lebih lentur dan tidak mudah kering. Tuangkan 2 – 3 tetes minyak argan ke telapak tangan, gosok sampai merata. Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar minyak meresap, lalu bersihkan muka dengan sabun cuci muka.

2. Mengatasi Jerawat

Setiap orang tentunya memiliki permasalahan jerawat yang berbeda-beda. Ragam upaya tentunya dilakukan untuk mengatasi jerawat tersebut. Minyak argan bisa coba digunakan untuk mengatasi jerawat kamu. Khasiat minyak argan yang satu ini diperoleh dari kadar asam linoleate yang tinggi di dalamnya. Asam linoleat terbukti efektif mengatasi peradangan (inflamasi) pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, zat ini juga sekaligus berperan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai oleh munculnya kerutan pada kulit, hingga mengurangnya elastisitas serta tingkat kekencangan kulit. Manfaat minyak argan termasuk mencegah dan mengatasi penuaan dini pada kulit. Kandungan zat pada minyak argan dipercaya ampuh untuk merawat elastisitas kulit, pun meningkatkan resistensi kelembapannya sehingga kulit senantiasa tampil awet muda.

Sementara itu, khasiat minyak argan untuk menghilangkan kerutan pada kulit dikarenakan minyak ini juga efektif untuk mengatasi masalah pada kolagen dan elastin kulit, yang mana keduanya merupakan penyebab munculnya kerutan.

4. Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan selanjutnya yakni dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

5. Melembabkan Bibir

Minyak alami memang tak jarang dijadikan pilihan untuk mengatasi bibir kering. Selain minyak zaitun, minyak argan juga bisa digunakan untuk melemabapkan bibir kamu. Mengoleskan minyak argan pada bibir secara rutin dipercaya mampu menjaga kelembapan, pun kehalusan dan kelembutan bibir. Tak hanya itu, khasiat minyak argan termasuk untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

6. Menghilangkan Stretch Marks

Manfaat minyak argan selanjutnya yakni dapat menghilaghkan strech marks. Stretch marks adalah salah satu masalah pada kulit yang kerap dikeluhkan oleh para wanita, terutama mereka yang baru saja melahirkan secara Caesar. Ragam upaya tentunya akan dilakukan agar kembali membuat kulit menjadi mulus kembali.

Kandungan zat asam lemak omega-6 dan vitamin E pada minyak argan lantas menghasilkan khasiat minyak argan untuk mencegah dan mengatasi stretch marks pada kulit, terutama di area perut. Hal in karena kedua zat tersebut berfungsi untuk memproduksi kolagen, di mana kolagen ini nantinya bisa membuat kulit jadi lebih kuat sehingga bebas dari kemunculan stretch marks.

7. Menjaga Kecantikan Kuku

Kuku yang sehat tentunya idaman setiap orang, khususnya wanita. Tak sediki orang yang meluangkan waktu untuk melakukan perawatan kuku agar sehat dan tetap cantik. Kamu bisa memanfaatkan minyak argan guna menghasilkan kuku dan kutikul kuku yang sehat dan terlihat indah. Oleskan minyak argan ke kuku Anda secara merata. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin agar hasilnya benar-benar maksimal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Argan untuk Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan cukup banyak. Selain kesehatan dan kecantikan wajah, minyak argan jufa dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut.

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain melembapkan, minyak argan juga mampu mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala.

Vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil dalam minyak argan berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.

2. Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat minyak argan untuk rambut selanjutnya yakni dapat mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin E pada minyak argan dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat strukturnya. Terdapat penelitian yang juga menyatakan bahwa minyak argan mampu mencegah kerontokan rambut.

Namun, belum banyak penelitian yang membahas hal ini sehingga manfaat tersebut belum dapat dipastikan.

3. Memberikan Nutrisi Menjaga Kelembapan Rambut

Minyak argan kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya akan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut (kutikula), serta menjaga kelembapan rambut.

4. Menjadikan Rambut Halus

Memiliki rambut halus memang idaman setiap orang, khususnya wanita. Manfaat minyak argan untuk rambut selanjutnya yang bisa dirasakan adalah menjadikan rambut lebih halus. Minyak argan bisa berfungsi sebagai kondisioner untuk membuat rambut menjadi berkilau, halus, serta lebih mudah disisir dan diatur. Minyak argan juga baik digunakan untuk membantu mengatasi rambut kusut.

5. Mengatasi Rambut Kering

Kandungan vitamin E dan sejumlah nutrisi penting lainnya menjadikan minyak argan adalah solusi tepat bagi kamu yang ingin mengatasi masalah rambut kering secara alami. Bahkan, manfaat minyak argan untuk rambut juga bisa membuat rambut berkilau dan bebas dari kondisi rambut bercabang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.