Sukses

16 Penyebab Sariawan yang Umum Terjadi, Kerap Diabaikan

Sariawan bisa dipicu banyak faktor.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak penyebab sariawan. Kondisi ini sangat umum terjadi. Sariawan bisa terjadi di bibir, lidah, atau gusi. Sariawan bisa tampak seperti luka putih atau kuning dan dikelilingi oleh jaringan lunak yang merah dan meradang.

Meskipun sebagian besar tidak berbahaya, sariawan bisa sangat tidak nyaman. Sariawan membuat seseorang sulit makan, minum, dan menyikat gigi. Maka dari itu penting mengetahui penyebab sariawan. 

Penyebab sariawan bisa bervariasi dari orang ke orang. Namun, ada beberapa penyebab sariawan umum dan beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu atau memperparah sariawan.

Penyebab sariawan bisa berkisar ringan hingga kondisi serius. Mengetahui penyebab sariawan bisa membantu menentukan perawatan yang tepat.

Berikut 14 penyebab sariawan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(16/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Menggosok gigi terlalu kuat

Menggosok gigi terlalu kuat bisa mengiritasi gusi dan dinding mulut. Ini bisa menyebabkan luka yang berujung pada sariawan. Penggunaan jenis sikat gigi juga berpengaruh. Sebaiknya, hindari penggunaan sikat gigi berbulu kasar untuk mencegah penyebab sariawan ini.

Penggunaan kawat gigi

Penggunaan kawat gigi, terutama jika masih baru juga kerap menjadi penyebab sariawan. Gesekan dari kawat gigi ke bibir atau dinding mulut bisa menimbulkan lesi yang menyebabkan sariawan.

3 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi atau obat kumur dengan kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) dapat menyebabkan sariawan dan meningkatkan angka kekambuhan sariawan. SLS merupakan bahan pembusa dalam pasta gigi dan obat kumur. SLS mengeringkan jaringan mulut, membuatnya rentan terhadap iritan.

Makan makanan pedas atau asam

Makanan pedas atau asam kerap kali menjadi penyebab sariawan. Makanan pedas atau asam bisa meningkatkan tekanan pada jaringan di dalam mulut. Jika berlebihan, makanan-makanan ini bisa mengiritasi mulut dan menjadi penyebab sariawan.

4 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Mulut kering

Sariawan juga bisa menjadi tanda mulut kering. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar ludah di mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga mulut tetap basah. Ini bisa membuat mulut mudah teriritasi dan menjadi sariawan.

Sensitivitas atau alergi pada makanan

Sariawan juga bisa jadi hasil dari sensitivitas atau alergi pada makanan. Selain menimbulkan rasa gatal di kulit, alergi juga menjadi penyebab sariawan. Makanan yang bisa menimbulkan alergi seperti telur, makanan laut, dan kacang.

5 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Anemia

Anemia bisa menimbulkan gejala berupa sariawan. Ini terjadi karena peredaran darah tergangu, penyebabkan oksigen tidak tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh termasuk kulit. Kulit yang kekurangan oksigen bisa memicu peradangan seperti sariawan.

Anemia disebabkan oleh kurangnya tingkat zat besi yang menyebabkan luka, serta bisul di mulut. Juga menimbulkan kekeringan di sekitar mulut, dan tenggorokan.

Menggigit lidah atau bagian dalam pipi

Sering menggigit lidah atau bagian dalam pipi juga bisa menyebabkan sariawan. Perilaku ini biasanya dilakukan saat sedang gugup, stres, atau cemas. Jadi penting untuk mengendalikan kebiasaan ini untuk mencegah sariawan.

6 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Kekurangan nutrisi

Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bila ada kekurangan dalam nutrisi seperti vitamin B12, vitamin C, dan zat besi sariawan bisa timbul dengan mudah. Kekurangan seng, zat besi, atau kalsium juga dapat memicu atau memperburuk sariawan.

Perubahan hormon

Penyebab sariawan selanjutnya adalah ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini paling sering dialami wanita. Perubahan hormonal selama kehamilan, pubertas, dan menopause bisa menyebabkan sariawan.

7 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Asam lambung

Asam lambung juga bisa jadi salah satu penyebab sariawan. Jika asam lambung naik ke kerongkongan dan menuju mulut, asam ini bisa mengganggu kesehatan mulut. Asam lambung bisa menyebabkan erosi enamel gigi dan sariawan. Naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan peradangan.

Infeksi

Infeksi bisa menjadi penyebab sariawan yang cukup serius. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Infeksi bisa menyebabkan peradangan dan sariawan yang parah.

8 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Stres

Stres atau kecemasan bisa menjadi pengaruh potensial dari sariawan. Salah satu hipotesis, yang dinyatakan dalam makalah yang diterbitkan dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, adalah bahwa orang lebih cenderung menggigit pipi atau bibir saat cemas atau stres. Ini bisa menyebabkan trauma pada mulut yang dapat menjadi penyebab sariawan.

Masalah kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang terlalu lemah atau terlalu kuat bisa meningkatkan risiko peradangan. Sistem kekebalan tubuh yang terganggu bisa menyerang sel-sel sehat di mulut. Ini bisa menjadi penyebab sariawan.

9 dari 9 halaman

Penyebab sariawan

Kondisi kesehatan tertentu

Sariawan juga dapat terjadi karena kondisi dan penyakit tertentu, seperti penyakit celiac atau intoleransi pada gluten, penyakit radang usus, penyakit autoimun, dan HIV/AIDS.

Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan sariawan karena efek samping yang ditimbulkan. Obat yang dapat menyebabkan sariawan termasuk aspirin, beta-blocker, obat kemoterapi, penicillamine, obat sulfa, dan fenitoin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.