Sukses

15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Bahan Rumahan

Gigi putih menunjukkan gigi sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan sederhana. Perubahan warna gigi mungkin kerap tidak disadari dan berlangsung secara bertahap. Gigi memang akan nampak menguning seiring bertambahnya usia.

Tetapi ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang dapat memperlambat proses ini. Meski produk pemutih gigi sudah banyak ditemukan, cara memutihkan gigi secara alami masih banyak digunakan.

Ada banyak pilih di rumah untuk cara memutihkan gigi secara alami. Cara memutihkan gigi secara alami ini memang tidak instan dan memerlukan waktu untuk mendapat hasil yang maksimal. Namun, cara memutihkan gigi secara alami cukup aman jika dilakukan dengan benar.

Berikut cara memutihkan gigi secara alami yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Minyak kelapa

Cara memutihkan gigi secara alami adalah dengan teknik oil puiling dengan minyak kelapa. Oil pulling adalah salah satu teknik perawatan mulut alternatif dari India. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oil pulling setiap hari mengurangi bakteri di mulut, bersamaan dengan plak dan radang gusi.

Caranya adalah dengan berkumur selama 15-20 menit dengan minyak kelapa. Minyak kelapa tinggi asam laurat yang dikenal karena kemampuannya mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Teknik oil puiling ini aman dilakukan setiap hari karena minyak kelapa tidak membuat gigi terkena asam atau bahan lain yang mengikis enamel.

Baking soda

Baking soda dapat membersihkan noda di permukaan gigi dengan lembut. Baking soda juga dapat membantu melawan bakteri. Ini menunjukkan bahwa baking soda dapat mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi. Karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan, penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air. Taruh pada sikat gigi dan sikatlah gigi dengan pasta tersebut. Lakukan 3 atau 4 kali dalam seminggu.

3 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Cuka sari apel

Cuka sari apel harus digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit untuk memutihkan gigi. Buat obat kumur dengan mencampurkan setengah sendok teh cuka sari apel dengan segelas.

Kumur larutan selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air dan sikat gigi. Penggunaan cuka sari apel ini juga tidak boleh terlalu sering. Cukup 2 hingga 3 kali seminggu.

Activated Charcoal

Arang aktif menyerap kotoran dan memutihkan gigi secara efektif dan cepat. Buka kapsul arang aktif dan taruh isinya di sikat gigi. Gosok gigi dengan lembut membentuk lingkaran kecil selama 2 menit. Berhati-hatilah terutama di area sekitar gusi karena bisa abrasif.

Kamu juga bisa mencampurkan arang aktif dengan sedikit air dan menjadikannya obat kumur. Kumur larutan ini selama 2 menit lalu keluarkan. Bilas mulut secara menyeluruh dengan air.

Karena punya sifat abrasif, penggunaan charcoal ini juga perlu dibatasi sama seperti cuka sari apel.

4 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat menghilangkan noda pada gigi. Lemon juga punya sifat antibakteri yang dapat membantu melawan mikroba mulut. Lemon bisa digosokkan secara langsung ke gigi dan dibiarkan selama 1 sampai 2 menit lalu bilas dengan berkumur. Kamu juga bisa berkumur dengan larutan air lemon setelah menyikat gigi.

Karena lemon bersifat asam, penggunaan lemon juga tidak boleh berlebihan. Lemon tidak boleh digunakan pada gigi sensitif atau gusi yang sedang teriritasi.

Stroberi

Selain lemon, kamu juga bisa menggunakan stroberi dalam cara memutihkan gigi secara alami. Asam malat ang ditemukan dalam stroberi dapat menghilangkan perubahan warna pada gigi.

Kamu bisa menghancurkan stroberi segar dan mencampurkannya dengan baking soda hingga membentuk pasta. Pasta ini digunakan untuk menyikat gigi. Sama seperti lemon yang bersifat asam, stroberi juga hanya bisa digunakan beberapa kali per minggu.

5 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Kulit jeruk

Kandungan asam kulit jeruk memutihkan gigi dan juga bertindak sebagai agen antimikroba. Siapkan kulit jeruk. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama satu atau dua menit. Sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi biasa.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung mineral seperti mangan dan kalium yang membantu memutihkan gigi. Potong kulit pisang menjadi potongan-potongan kecil. Ambil sepotong dan gosok bagian dalamnya pada gigi. Gosok dengan lembut ke seluruh gigi selama satu atau dua menit. Bilas mulut dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari atau setiap dua hari sekali.

6 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Kunyit

Sifat abrasif ringan dari kunyit membantu menghilangkan noda dari gigi. Kunyit juga membuat gigi dan gusi lebih kuat dan bebas dari mikroba penyebab gigi berlubang. Oleskan bubuk kunyit pada gigi. Biarkan selama 2-3 menit dan kemudian bilas mulut sampai bersih. Sikat dengan pasta gigi biasa setelahnya.

Daun jambu biji

Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah gigi seperti plak, infeksi, dan gusi bengkak. Flavonoid dan fenolnya menghilangkan stres oksidatif pada gigi yang bisa membuat gigi terlihat kuning.

Hancurkan daun jambu biji hingga membentuk pasta yang kasar. Gosokkan ini pada gigi dan biarkan selama satu atau dua menit. Bilas mulut dan gosok gigi seperti biasa. Ulangi ini setiap hari selama beberapa hari.

7 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu memutihkan gigi. Enzim ini akan membantu menghilangkan noda di permukaan gigi. Kamu bisa menggunakan pepaya muda yang mengandung lebih banyak papain pekat dan mengandung lebih sedikit gula. Caranya adalah cukup dengan mengunyahnya setiap hari.

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang juga dapat memutihkan gigi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan pada nanas, secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda gigi.

8 dari 8 halaman

Cara memutihkan gigi secara alami

Batasi makanan yang bisa menyebabkan noda di gigi

Agar gigi tak nampak kuning, batasi makanan dan minuman pemicunya. Kopi, anggur merah, soda, dan buah beri hitam terkenal dapat menodai gigi. Jika memungkinkan, minumlah minuman yang diketahui dapat menodai gigi dari sedotan untuk mencegah kontak langsung dengan gigi. Selain itu, gosok gigi segera setelah mengonsumsi salah satu makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada gigi.

Batasi gula

Cara memutihkan gigi secara alami yang tak kalah penting adalah mengurangi asupan gula. Pola makan tinggi gula mendukung pertumbuhan Streptococcus mutans, jenis bakteri utama yang menyebabkan plak dan radang gusi. Ini semua bisa menyebabkan noda di gigi. Saat mengonsumsi makanan manis, pastikan untuk segera menyikat gigi.

Penuhi asupan kalsium

Beberapa perubahan warna gigi disebabkan oleh pengikisan email dan mengekspos dentin di bawahnya yang berwarna kuning. Memenuhi asupan kalsium bisa mencegah pengikisan enamel gigi. Makanan kaya kalsium, seperti susu, keju, dan brokoli, dapat membantu melindungi gigi dari risiko terkikisnya enamel gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.