Sukses

35 Makanan Khas Nusantara Beserta Daerah Asalnya, Menggugah Selera

Makanan khas nusantara terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas nusantara terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang unik. Bahkan, setiap daerah memiliki lebih dari satu makanan khas yang enak dan wajib kamu coba.

Melihat fakta tersebut, tidak heran kuliner Indonesia bisa terkenal ke seluruh dunia. Hal ini juga tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam berbagai makanan tersebut. Jelajah kuliner tentunya menjadi salah satu wisata yang sangat menarik.

Makanan khas nusantara dapat kamu temukan berdasarkan daerah asalnya. Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri dengan berbagai macam cita rasa. Dengan bahan dan rempah-rempah hasil alam sendiri, tidak heran makanan Indonesia terkenal di seluruh dunia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020) tentang makanan khas nusantara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara di Indonesia Bagian Barat

Mie Aceh

Makanan khas nusantara dari Aceh ini memiliki tekstur yang tebal dan dicampur dengan irisan daging serta bumbu-bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh biasanya disajikan dengan digoreng, direbus atau ditumis. Selain itu juga bisa disajikan dengan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.

Bika Ambon

Walaupun namanya Bika Ambon, namun makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utara dan biasanya banyak dijual di Kota Medan sebagai oleh-oleh. Kue berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan manis.

Rendang

Makanan khas nusantara dari Sumatera Barat ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Makanan dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa serta bumbu rempah selama berjam-jam ini memang begitu terkenal. Rasanya yang gurih dan juga nikmat, sukses membuat makanan khas daerah Sumatera Barat ini begitu disukai banyak orang.

Gulai Belacan

Gulai Belacan merupakan makanan khas nusantara dari Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

Otak-otak

Makanan khas nusantara lainnya berasal dari daerah Kepulauan Riau, yaitu otak-otak. Makanan tradisional yang terbuat dari bahan utama seafood ini merupakan makanan hasil laut yang diolah dan dibungkus dengan daun pisang.

Gulai Ikan Patin

Makanan khas nusantara dari Jambi ini memiliki keunikan dari cara memasaknya. Cara memasaknya dicampur dengan daging buah durian yang sudah terfermentasi atau biasa disebut tempoyak. Namun terkadang tempoyak bisa digantikan dengan santan.

Pendap

Pendap merupakan makanan khas daerah Bengkulu. Makanan ini berbahan dasar ikan yang dibumbui dengan bumbu khusus yang beraneka ragam.

Pempek

Makanan khas daerah Sumatera Selatan ini sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Makanan ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu. Dilengkapi dengan kuah cuko atau cuka yang begitu menggoda selera membuat banyak orang menggemarinya.

Mie Bangka

Makanan khas nusantara dari daerah Bangka ini tentu saja berbahan dasar mi. Dihidangkan dengan mencampurkannya dengan kuah yang terbuat dari bumbu ikan, udang, atau cumi, dan ditaburi dengan kecambah serta mentimun.

Seruit

Seruit merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari Lampung. Makanan ini terbuat dari ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal terasi atau tempoyak atau mangga. Jika kamu sedang berkunjung ke Lampung, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner satu ini.

3 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara di Pulau Jawa dan Bali

Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan makanan khas nusantara dari Banten yang terbuat dari ikan bandeng. Keistimewaan sate bandeng ini adalah tak memiliki duri dan tekstur daging yang empuk.

Kerak Telor

Makanan khas nusantara selanjutnya sudah cukup terkenal, yaitu kerak telor. Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan makanan yang sering ditemui di Jakarta ini. Ya, kerak telor menjadi salah satu kuliner khas Jakarta yang selalu sukses menggoda selera.

Serabi

Serabi merupakan makanan khas nusantara dari Jawa Barat yang memiliki rasa manis. Terbuat dari tepung beras yang di panggang. Kini serabi juga sudah dilengkapi dengan berbagai topping yang lezat menggoda.

Gudeg

Makanan khas nusantara dari Jogja ini harus kamu cicipi. Gudeg merupakan sayur dari nangka muda yang dimasak dengan santan dengan proses yang lama. Gudeg biasa disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan juga sambal krecek yang nikmat tiada dua.

Rujak Cingur

Makanan khas Nusantara dari Jawa Timur, ada rujak cingur yang sangat terkenal. Rujak ini adalah campuran dari sayur dan buah-buahan yang disirami dengan bumbu petis.

Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan makanan khas nusantara dari Bali. Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

4 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara di Pulau Kalimantan

Kerupuk Basah

Meski namanya kerupuk, kamu tidak akan menemukan rasa renyah dari kerupuk yang merupakan makanan khas nusantara dari Kalimantan Barat satu ini. Kerupuk basah lebih terlihat seperti otak-otak atau pempek yang bisa dimakan langsung atau digoreng dengan cocolan saus kacang yang membuatnya semakin lezat. Bentuknya lonjong seperti sosis, tetapi lebih panjang dan lebih besar. Kerupuk basah terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan belida yang merupakan salah satu ikan khas dari Kalimantan Barat.

Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan khas nusantara dari daerah Kalimantan Selatan. Soto Banjar terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, biasanya ditambahkan perkedel dan kentang rebus.

Juhu Singkah

Juhu Singkah merupakan makanan khas masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Makanan ini memiliki bahan dasar umbut rotan yang dicampur dengan ikan betook.

Ayam Cincane

Di Kalimantan Timur khususnya Samarinda, ada makanan yang sangat khas, yaitu Ayam Cincane. Ya, makanan ini berbahan dasar ayam yang diberi bumbu berwarna merah yang menggoda selera.

Kepiting Soka

Kepiting soka merupakan makanan khas daerah Kalimantan Utara. Ya, kamu bisa memakan semua bagian kepiting ini hingga cangkangnya. Karena keseluruhan dari kepiting soka ini begitu lunak.

Bingke

Bingke merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari telur dan tepung, dan bisa kamu temui di Kota Pontianak. Kue Bingke ini juga divariasikan dengan tambahan tambahan lain seperti keju, coklat, bahkan durian.

5 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara di Pulau Sulawesi

Sup Ikan Jantung Pisang

Makanan khas nusantara ini berasal dari Sulawesi Tengah. Makanan ini terbuat dari ikan yang dijadikan sup. Memiliki cita rasa yang pedas dan segar. Patut kamu coba.

Sup Konro

Sup konro merupakan makanan khas daerah Sulawesi Selatan. Namun saat ini sudah menjadi masakan andalan buat orang-orang Indonesia. Sup Konro merupakan sup iga sapi yang disajikan dengan kuah berwarna coklat.

Lapa-lapa

Lapa-lapa merupakan makanan khas daerah Sulawesi Tenggara. Memiliki cita rasa yang gurih, dan sangat cocok disantap bersama ikan asin.

Binte Biluhuta

Makanan ini khas dari daerah Gorontalo. Makanan ini biasa dikenal dengan sebutan Milu Siram. Makanan ini terbuat dari jagung yang disiram dengan bumbu khas daerah dan dicampur dengan udang, belimbing sayur serta topping pelengkap lainnya.

6 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara di Indonesia Bagian Timur

Ayam Taliwang

Makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat ini berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

Catemak Jagung

Kalau di Nusa Tenggara Timur ada Catemak Jagung. Makanan khas nusantara ini berbahan dasar jagung, biasanya disajikan sebagai penutup makanan.

Gohu Ikan

Untuk bagian Maluku Utara, memiliki makanan khas daerah yaitu Gohu Ikan. Merupakan makanan yang berbahan dasar ikan tuna mentah, yang dicampur dengan bumbu gohu.

Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar ini berasal dari Papua Barat. Berbeda dengan ikan bakar pada umumnya, karena ikan bakar ini memiliki bumbu khusus yang memberikan sensasi rasa berbeda di lidah.

Kue Sagu

Kue sagu atau Bagea adalah makanan khas dari Papua Tengah. Terbuat dari tepung sagu, yang memiliki tekstur cukup keras saat digigit namun jika sudah di dalam mulut kue ini akan melunak.

Papeda

Papeda adalah makanan khas nusantara dari Papua yang terbuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur makanan berubah menjadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu terasa hambar. Sebagai pelengkap, makanan khas daerah Papua ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

7 dari 7 halaman

Makanan Khas Nusantara Lainnya

Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah makanan khas nusantara yang sudah sangat populer di Asia.  Sesuai dengan namanya, cara membuat nasi goreng adalah dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu tambahan, seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, dan ditambah dengan telur dadar.

Gado-Gado

Makanan khas nusantara lainnya adalah gado-gado. Nama tersebut menggambarkan apa yang ada di dalam menu makanan ini. Terdiri dari sayur-sayuran, seperti kacang panjang, bayam, jagung, toge, timun, tempe, kentang, dan telur, semuanya dicampur dalam satu piring yang kemudian diberi saus kacang.

Soto

Menu makanan yang berkuah ini biasanya disajikan dengan kaldu ayam yang sudah dibumbui kunyit. Itu kenapa kuah soto identik dengan warna kuning.Selain itu, soto juga dilengkapi dengan daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong, telur rebus, nasi, dan bawang merah. Menu pendampingnya ada dua, nasi atau bihun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini