Sukses

8 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Kenali untuk Menjaga Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang mengandung kolesterol tinggi seringkali dihindari karena bisa jadi penyebab penyakit kronis. Namun sebenarnya tidak demikian. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh makanan dengan kolesterol tinggi ini. Jadi tetap penting bagi kamu mengetahui makanan yang mengandung kolesterol tinggi. 

Memang benar kelebihan kolesterol ini bukan sesuatu yang baik. Tetapi kekurangan kolesterol juga bukan sesuatu yang baik loh. Nah, makanan yang mengandung kolesterol tinggi ini tentu sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol rendah. Agar kadar kolesterol bisa normal kembali.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi seringkali diidentikan dengan daging dan makanan cepat saji. Padahal sebenarnya tidak selalu begitu. Perlu kamu ketahui juga, bahwa kadar kolesterol yang baik itu jika HDL lebih dari 60mg/dL, kemudian trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan untuk LDL kurang dari 100 mg/dL.

Setiap hari sebenarnya tubuh manusia membutuhkan kolesterol 200 mg, tidak lebih. Nah, jika kadar kolesterol sangat tinggi dampaknya pada tubuh juga tidak baik karena dapat menyebabkan stroke, obesitas, dan penyakit jantung coroner.

Kolesterol ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Dia membantu proses metabolisme, memproduksi empedu, vitamin D, hormon progesteron, esterogen, kortisol, dan testosteron. \

Dilansir dari laman Harvard Medial School, Rabu (1/4/2020) bahwa ada sekitar 20 persen kolesterol yang bisa didapatkan manusia dari makanan hewani. Tetapi manusia juga bisa menghasilkan kolesterol sendiri untuk menyeimbangkannya. Jadi tetap penting untuk mengetahui makanan yang mengandung kolesterol tinggi, agar tetap bisa mengontrolnya tanpa takut kelebihan atau bahkan kekurangan kolesterol.

Berikut penjelasan mengenai makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta manfaatnya bagi tubuh manusia yang sudah Liputan6.com, Rabu (1/4/2020) lansir dari berbagai sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

1. Steak

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah steak daging sapi. Dalam satu potong steak daging sapi terdapat sekitar 300 mg kolesterol. Namun bukan berarti bagi kalian yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi tidak diperbolehkan mengonsumsi steak loh.

Nah untuk bisa makan steak, akan lebih baik jika kamu mengganti daging sapi dengan daging domba. Karena daging domba ini memiliki kadar kolesterol lebih rendah, sekitar 100-150 mg.

2. Es Krim

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah es krim. Dalam satu cup es krim ternyata mengandung banyak sekali kadar kolesterol jika dibandingkan dengan roti donat dan burger loh.

Namun jika kalian yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan tetap ingin makan es krim, lebih baik batasi konsumsinya. Misalnya saja hanya mengonsumsi setengah atau bahkan seperempat cup es krim saja.

Lebih amannya, konsumsi buah yang kaya akan serat dan nutrisi sebagai hidangan penutupnya. Karena buah ini juga sangat rendah kalori. Jadi sangat aman jika kamu ingin mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

3. Keju dan Susu

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah keju dan susu. Selain memiliki kadar kolesterol tinggi ternyata keju dan susu juga memiliki kandungan lemak yang banyak.

Namun jangan salah, kalian yang memiliki kadar kolesterol tinggi juga masih bisa mengonsumsi keju dan susu. Namun pastikan keju dan susu tersebut memiliki kandungan lemak yang rendah ya.

4. Telur

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah telur. Maka tidak diperbolehkan ketika kalian sudah mengonsumsi telur tetapi kemudian juga mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi yang lain.

Meski demikian, telur ini memiliki kandungan protein sehat yang cukup banyak. Namun tidak diperkenankan juga jika kalian berlebihan dalam mengonsumsi telur. Sedangkan bagi penderita kolesterol tinggi, kalian masih diperbolehkan mengonsumsi telur dengan porsi 4-6 telur setiap minggunya.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

5. Makanan Laut

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah makanan laut atau seafood. Misalnya saja setiap 100 gr lobster memiliki 70 mg kolesterol. Bagi kalian yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa mengganti konsumsi makanan laut lain, seperti ikan. Pengolahannya pun bisa diganti dengan cara dikukus.

6. Jeroan

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah jeroan. Jeroan ini merupakan bagian dari isi perut dan organ hewan. Misalnya saja seperti usus, babat, atau juga otak. Karena bagian dari jeroan ini lebih banyak mengandung kolesterol jika dibandingkan dengan dagingnya.

7. Daging Bebek

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah daging bebek. Kadar kolesterol daging bebek ternyata lebih tinggi daripada kadar kolesterol pada daging ayam loh. Setidaknya dalam 100 gr daging bebek mengandung 80 mg kolesterol. Sedangkan dalam 100 gr daging ayam hanya mengandung 60 mg kolesterol.

Namun bukan berarti kalian yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak diperbolehkan mengonsumsi daging bebek. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan kulit pada daging bebek. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada daging bebek.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah makanan cepat saji. Misalnya saja seperti burger, pizza, hotdog, dan lain sebagainya. Dalam makanan cepat saji ini rata-rata mengandung 85-180 mg kolesterol dalam satu porsinya.

Belum lagi jika ditambahkan dengan minuman soda seperti coca cola dan kentang gorengnya, yang biasa dikonsumsi secara bersamaan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kolesterol bagi Tubuh Manusia

1. Produksi Vitamin D

Kolesterol ini ternyata bisa digunakan untuk memproduksi vitamin D oleh tubuh. Dengan cara mengubah kolesterol menjadi calcitriol yang kemudian akan disalurkan ke hati dan ginjal untuk bisa menghasilkan vitamin D.

Vitamin D ini kemudian akan berguna untuk melindungi tubuh dari sinar matahari. Kemudian menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dan juga membantu mengoptimalkan kerja sistem kekebakalan tubuh dan sistem saraf pada tubuh manusia.

2. Pembentukan Hormon

Kolesterol ini sebenarnya adalah bahan dasar dari pembuatan hormon. Seperti hormon testosteron, progesteron, estrogen, kortisol, dan aldosteron.

Selain berperan mengatur fungsi sistem reproduksi, juga membantu pengaturan pada tekanan darah, respon stres, dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh manusia.

3. Pembentukan Asam Empedu

Kolesterol ini ternyata bisa membantu pembentukan asam empedu yang dibentuk oleh hati. Asam empedu inilah yang kemudian akan berfungsi memecah lemak makanan agar bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi tubuh manusia.

4. Menjaga Fungsi Otak

Kolesterol ternyata bisa membantu menjaga fungsi otak. Karena peran dari kolesterol ini mampu melancarkan sambungan antar saraf yang disebut sinapsis. Dan hal ini berperan besar membantu memaksimalkan daya ingat pada otak manusia.

5. Pelindung Sel

Kolesterol ini bisa disebut sebagai pelindung sel yang paling kuat jika dibandingkan dengan lemak pelindung yang lain. Karena sifat kolesterol yang kaku, sehingga menjadi sangat ideal jika digunakan unruk menjaga keutuhan sel dalam tubuh manusia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS