Sukses

6 Momen Nora Alexandra Jalani Tradisi Potong Gigi, Didampingi Jerinx SID

Tradisi potong gigi juga disebut Metatah atau Mepandes atau Mesanggih.

Liputan6.com, Jakarta Nama Nora Alexandra tengah santer diperbincangkan publik. Usai kabar lamarannya pada 27 Mei lalu, Nora Alexandra tak lama lagi akan melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih, Jerinx SID.

Seperti diketahui, keduanya telah melakukan pemotretan foto prewedding. Perempuan blasteran Swiss-Indonesia itu bahkan telah menjalani tradisi potong gigi yang biasa dilakukan masyarakat Bali. Lewat akun Instagram pribadinya, Nora Alexandra membagikan secara langsung video prosesi potong gigi yang ia jalani.

Dalam video berdurasi satu menit tersebut, Nora Alexandra tampak ayu mengenakan busana adat Payas Agung. Selain dikenal potong gigi, tradisi ini juga disebut Metatah. Biasanya juga disebut dengan Mepandes atau Mesanggih.

Kendati demikian, bukan berarti gigi akan dipotong hingga habis, melainkan hanya dikikir agar rapi. Dalam tradisi Hindu Bali, menatah gigi bertujuan untuk menghilangkan keburukan pada diri dalam wujud bhuta, kala, pisaca, raksasa.

Selama prosesi, Jerinx tampak gagah memakai kemeja putih mendampingi calon istri. Selengkapnya, berikut ini 6 momen Nora Alexandra saat menjalani tradisi potong gigi, seperti yang telah Liputan6.com himpun dari akun Instagram @ncdpapl, Sabtu (10/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nora Alexandra mulai menjalani tradisi potong gigi dalam balutan pakaian adat Payas Agung serta riasan makeup yang cantik.

3 dari 7 halaman

2. Jerinx SID tampak setia berada di sisi Nora selama prosesi potong gigi berlangsung.

4 dari 7 halaman

3. Tradisi potong gigi dilangsungkan ketika seorang anak sudah beranjak dewasa.

5 dari 7 halaman

4. Selain itu, tradisi ini juga diartikan sebagai pembayaran utang orangtua kepada anak karena sudah bisa menghilangkan keenam sifat buruk dari diri manusia.

6 dari 7 halaman

5. Upacara potong gigi juga disebut dengan istilah Upacara Manusa Yadnya.

7 dari 7 halaman

6. Gigi yang telah dipotong lalu diletakkan di atas kain berwarna cokelat kekuningan yang didoakan bersama dengan sepiring sesaji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini