Sukses

Perjalanan Karier Rich Brian, Rapper Muda yang Bertemu Presiden Jokowi

Artis pertama Asia yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hiphop.

Liputan6.com, Jakarta Nama Rich Brian, musisi sedang naik daun. Rich Brian atau yang dulu lebih dikenal dengan Rich Chigga ini adalah rapper muda asal Indonesia. Baru-baru ini rapper bernama asli Brian Imanuel Soewarno menjadi perbincangan hangat. Diketahui pada Minggu (7/7/2019) Rich Brian menjadi tamu spesial Presiden Jokowi. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Rich membahas perkembangan musik di Tanah Air. Rapper kelahiran Jakarta 3 September 1999 itu mengaku baru pertama kali masuk Istana.

Saat bertemu dengan Presiden Jokowi, Rich Brian didampingi oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Brian juga mengaku diajak keliling Istana Bogor oleh Jokowi sebelum pertemuan di ruang kerja Presiden.

Triawan Munaf mengatakan Brian bisa menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia. Brian menorehkan rekor sebagai artis pertama Asia yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hiphop.

Rich Brian juga pernah masuk ke dalam daftar tahunan majalah ekonomi Forbes bertajuk ‘Forbes 30 Under 30’ di tahun 2018 yang merupakan apresiasi atas pencapaian karier anak-anak muda dunia dan pengaruhnya bagi sekitar mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Perjalanan Karier Rich Brian

Penyanyi berusia 19 tahun ini memulai kariernya sebagai seorang Youtuber dengan menelurkan single yang berjudul "Dat $tick", lagu ini cukup fenomenal karena berhasil dilihat oleh ratusan juta orang baik dari Indonesia sendiri maupun dari artis mancanegara.

Namanya semakin melambung ketika 88Rising membuat reaksi tentang single ‘Dat $tick’.

Single milik rich Brian ini dan mendapat review yang positif dari para rapper senior seperti Ghostface Killah, Desiigner, Tory Lanez, Jazz Cartier dan masih banyak lagi.

Mereka tidak percaya jika penyanyi ini masih berusia 16 tahun saat itu dan sudah memiliki aksen rap yang hebat. Dari sini lah Brian akhirnya di kontrak oleh label 88Rising.

Setelah sukses bersar dengan singlenya ‘Dat $tick’, Brian kemudian merilis singele keduanya, yang berjudul "Who That Be" di iTunes pada tanggal 9 Agustus 2016. Lagu ini diproduksi oleh Sihk. Kemudian ia juga merilis versi remix dari singelnya ‘Dat Stick’ dan berkolaborasi dengan Ghostface Killah dan Pouya.

3 dari 4 halaman

Memenangkan penghargaan di Indonesian Choice Awards ke-4

Di single ketiganya, "Seventeen" Rich Brian dengan cepat meraih satu juta kali tayang di YouTube dan SoundCloud. Mendapatkan respon luar biasa di dunia musik Amerika, Brian lalu mengadakan konser tur pertamanya pada bulan April 2017. Lalu Brian merilis single "Gospel" bersama dengan XXXTentacion dan Keith Ape.

Ini merupakan kolaborasi perdana mereka berdua dan lagu ini dirilis di 88rising. Video musik untuk single ini telah ditonton sebanyak 21 juta kali di YouTube hingga bulan Oktober 2017. Masih di tahun yang sama Brian juga memenangkan penghargaan di Indonesian Choice Awards ke-4 sebagai Breakthrough Artist of the Year pada bulan Mei 2017.

Setelah bergabung dengan 88Rising Brian membuat album Internasional pertamanya yang berjudul 'Amen' yang berisikan 12 lagu dengan hits single 'Glow Like That' di bulan Agustus 2017.

Untuk mempromosikan album ini 88Rising menaruh poster wajah pemuda Indonesia ini di bangku yang berada di area Times Square, Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Gelar tur keliling Amerika

Dia kemudian mengumumkan tur Amerika yang dimulai pada tanggal 9 September dan berakhir pada tanggal November 21 yang bertajuk "Come to My Party Tour". Pada tanggal 1 Januari 2018, Brian merilis "See Me" di saluran YouTube 88Rising dengan menggunakan nama panggung Brian.

Kemudian, pada tanggal 7 Januari 2018, ia secara resmi kembali mengganti nama panggungnya menjadi Rich Brian. Pada 26 Juni 2019, Brian merilis single terbarunya, "Yellow".  

Brian juga mengumumkan album studio keduanya yang bertajuk "The Sailor" yang akan dirilis pada 26 Juli. Tak hanya terkenal di Amerika, tiket tur konser Rich Brian di Eropa pun juga habis terjual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini