Sukses

Pria Ini Beri Jasa Cukur Gratis untuk Gelandangan, Alasannya Bikin Haru

Alasan di balik jasa cukur gratis untuk gelandangan ini bikin haru.

Liputan6.com, Jakarta Berbuat kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya seperti yang dilakukan penata rambut asal Inggris yang berikan jasa potong rambut gratis untuk para gelandangan. Diketahui, pria dermawan tersebut bernama Joshua Coombes, seperti yang dilansir Liputan6.com dari Bright Side, Rabu (10/4/2019).

Joshua mungkin hanya berprofesi sebagai penata rambut. Tapi dirinya patut mendapat pujian atas kebaikannya memberikan semangat hidup kepada orang-orang yang kurang beruntung. Joshua mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi dari pengalamannya saat berkunjung ke New York.

Ia menyaksikan sesama penata rambut di sana yang juga memberikan jasa potong rambut gratis untuk para gelandangan. Karena pengalamannya itu, hati Joshua tergugah untuk melakukan hal yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak yang antri untuk dapatkan jasa cukur rambut gratisnya

Setiap sepulang kerja, Joshua akan keliling di jalanan dan menawarkan potong rambut gratis kepada para gelandangan. Biasanya, tiap harinya ia akan mendapat 7 pelanggan. Tak jarang, banyak yang mengantri untuk mendapatkan layanan spesial sekaligus gratis dari Joshua.

Rekannya, Matt Spracklen, sebagai fotografer akan mengabadikan foto sebelum dan sesudah untuk dijadikan koleksi pribadi. Menurut Joshua, tindakannya itu ia tujukan untuk menyadarkan orang-orang bahwa gelandangan patut untuk dihargai.

“dengan melakukannya di jalanan, sedikti demi sedikit orang mulai tersadar dan sejauh ini aku mendapat respons yang baik.” Ungkapnya pada Metro.

Sejauh ini, dirinya telah membagikan kemurahan hatinya pada hampir 100 orang gelandangan. Baginya, membangun hubungan antar manusia lebih terpuji ketimbang memberi mereka uang.

3 dari 3 halaman

Banyak pelajaran hidup yang Joshua petik

Joshua dan rekannya telah mengunjungi banyak kota dan berencana untuk bepergian lebih jauh lagi untuk berbagi kebaikan.

Di samping mengasah kemampuannya menata rambut, aksi amalnya itu sekaligus ia manfaatkan untuk memetik pelajaran hidup saat bertemu dengan orang-orang baru. Joshua berharap ia dapat menginspirasi banyak orang untuk berbelas kasih pada gelandangan dengan cara apapun yang mereka bisa. Ia mengimbuhkan,

“Mempraktikkan kebaikan tanpa mengharap imbalan membuatku tertampar. Aku hanya memanfaatkan waktu senggangku. Tapi ini adalah pengalaman hebat dan sangat berharga bagiku.”

Meski tidak dipungut biaya, hasil pekerjaan tangan Joshua pun tidak sembarangan. Pasalnya, transformasi penampilan para gelandangan sebelum dan sesudah dicukur sukses membuat orang pangling.

Joshua tak hanya memotong rambut kepala saja. Bahkan, berewok yang berantakan pun berhasil ia rapikan. Banyak wajah tampan dan cantik yang tersembunyi dari penampilan lusuh mereka.

Selain itu, di balik status mereka sebagai gelandangan, terdapat sosok diri yang menginspirasi yang tak jauh berbeda dengan orang-orang yang berpendidikan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini