Sukses

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan, Kaya Antioksidan Hingga Tingkatkan Kesuburan

Lengkuas merupakan salah satu rempah andalan di berbagai kudapan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda menyantap rendang, mungkin Anda pernah terkecoh dengan potongan rempah yang menyerupai daging. Saat digigit rasanya keras dan pahit, kekesalan pun tak terbendung. Potongan rempah inilah yang biasa dikenal dengan lengkuas, fungsi lengkuas sudah pasti menambah kesedapan rendang yang dimakan. 

Lengkuas merupakan salah satu rempah andalan di berbagai kudapan Indonesia. Lengkuas merupakan herbal yang berasal dari keluarga jahe dengan genus Alpinia. Cita rasa lengkuas dapat ditemui dalam masakan Cina, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Fitur kulit lengkuas cenderung lebih pucat dan lebih halus dari jahe dan daging yang cukup berserat. Selain penggunaannya yang luas dalam memasak, minyak lengkuas memegang peranan penting dalam pengobatan tradisional di Asia. Lengkuas biasanya diresepkan oleh ahli herbal dan ahli homeopati karena membawa banyak manfaat kesehatan.

Satu porsi (64 gram) lengkuas mengandung 2 gram serat makanan dan 45 kalori. kandungan lengkuas ini juga meliputi sumber sodium, flavonoid, vitamin A dan C, zat besi, dan beberapa phytochemical seperti Beta-Sitosterol, quercetin, Emodin, dan Galangin.

Lengkuas memiliki sejuta manfaat ketika dikonsumsi. Berikut mafaat lengkuas bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com lansir dari Naturalfoodseries, Senin(8/4/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Lengkuas dikenal untuk mengeluarkan racun dari tubuh juga meningkatkan sirkulasi darah. Hasilnya adalah lebih banyak nutrisi masuk ke jaringan kulit. Sifat antioksidan dari lengkuas mampu menghentikan radikal bebas dalam merusak kulit, sehingga menjaga kekenyalan kulit.

Para peneliti dari Cina menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol, quercetin, dan galanin. Peneliti Korea juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas secara substansial mengurangi kolesterol dan Trigliserida.

3 dari 7 halaman

Menyembuhkan luka bakar dan menyuburkan rambut

Jus lengkuas bekerja baik pada luka bakar kulit. Ketika dioleskan secara topikal pada daerah yang terkena, lengkuas dapat menyembuhkan secara cepat dalam menyembuhkan luka bakar.

Anda juga bisa mengoleskan irisan lengkuas segar pada area yang terbakar 3 - 4 kali setiap hari sampai mengurangi bekas luka. Meskipun mungkin perlu beberapa waktu (biasanya 6 - 12 minggu), Anda akan melihat perubahannya.

Lengkuas juga dapat digunakan pada kulit kepala sebagai bahan untuk pertumbuhan rambut karena mampu meningkatkan sirkulasi darah. Untuk rambut yang mulai menipis, jus lengkuas yang dikombinasikan dengan minyak jojoba menjadi obat yang bagus.

4 dari 7 halaman

Lancarkan pencernaan dan hilangkan mual

penggunaan lengkuas sejak dulu dan paling umum adalah untuk mengobati sakit perut, terutama dalam budaya Asia dan pengobatan Ayurvedic. Kandungan lengkuas juga berfungsi baik dalam menyembuhkan muntah, diare, dan juga cegukan.

Dengan mengunyah beberapa daging lengkuas segar, Anda dapat mengurangi dan bahkan menyembuhkan mual. Minyak yang terkandung di lengkuas dapat menenangkan saraf Anda.

Wanita hamil yang biasanya mengalami mual di pagi hari harus mencoba ramuan ini. Minum irisan lengkuas yang diseduh dengan madu dan air hangat juga bisa meredakan mual di pagi hari.

5 dari 7 halaman

Meningkatkan Fungsi Kognitif dan mengurangi demam

Fungsi Kognitif

Sebuah komponen yang ada di lengkuas memberi efek perlindungan kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas juga dapat membantu mengurangi beberapa jenis degenerasi otak yang berkaitan dengan usia. Selain itu, fitonutrien dalam lengkuas juga dapat menekan aktivitas TNF-alpha, yang dapat membantu memerangi depresi.

Mengurangi Demam Ringan

Lengkuas dikombinasikan dengan Sambiloto adalah obat tradisional yang bagus untuk sakit yang banyak diderita setelah mengalami demam.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil 5 - 6 lembar daun sambiloto, campur dengan 1/2 lengkuas berukuran besar dan rebus dalam secangkir air sampai berkurang separuhnya. Minumlah larutan ini 2 hingga 3 kali sehari.

Sebuah komponen yang ada di lengkuas memberi efek perlindungan kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas juga dapat membantu mengurangi beberapa jenis degenerasi otak yang berkaitan dengan usia. Selain itu, fitonutrien dalam lengkuas juga dapat menekan aktivitas TNF-alpha, yang dapat membantu memerangi depresi.

 

6 dari 7 halaman

Anti-Kanker dan Anti-HIV

Ini mungkin manfaat lengkuas yang paling mengesankan. Faktanya rempah-rempah ini mengandung banyak zat antioksidan dan anti-inflamasi, rempah ini dapat membantu menurunkan kerusakan DNA yang dibawa oleh komponen beracun dan radikal bebas lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker menurut percobaan yang dilakukan dengan orang yang menderita kanker payudara dan paru-paru.

Komponen anti kanker yang paling efektif adalah flavonoid yang dikenal sebagai galanin, yang memodulasi aktivitas enzim dan menghancurkan genotoksisitas.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak polisakarida dari lengkuas memiliki efek stimulasi pada sistem retikuloendotelial dan meningkatkan jumlah sel limpa dan eksudat peritoneum, yang memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat memperkecil infeksi HIV yang disebabkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh.

7 dari 7 halaman

Meningkatkan jumlah sperma

Lengkuas dikenal untuk merangsang kesuburan pria. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 di Iranian Journal of Reproductive Medicine menyimpulkan bahwa akar lengkuas meningkatkan motilitas dan jumlah sperma, dan juga dapat meningkatkan kesehatan umum sperma.

Sebuah studi serupa yang diterbitkan dalam Public Library of Science pada tahun 2014 menyatakan bahwa jumlah sperma yang bergerak mengalikan tingkat plasebo sebanyak tiga kali ketika 34 pria sehat mengonsumsi ekstrak buah delima dan rimpang lengkuas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.