Sukses

Fungsi NFC yang Tak Banyak Diketahui, Bisa untuk Transfer Data

NFC dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan membayaran secara nirkabel melalui smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Pesatnya perkembangan teknologi membuat segala macam kegiatan dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dari berkomunikasi, melakukan pembayaran, mencari hiburan, semua dapat dimiliki dalam satu genggaman tangan. 

Salah satu teknologi yang sangat populer untuk mendukung berbagai kegiatan digital adalah Bluetooth dan WiFi. Kedua teknologi ini memilik peran penting di smartphone. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna keduanya.

Namun, tahukan Anda ada satu teknologi konektivitas yang juga tak kalah canggih dari Bluetooth dan WiFi? Teknologi ini bernaman NFC. Saat ini sudah banyak smartphone yang menyematkan fitur NFC pada perangkatnya.

Disematkannya fitur ini bukanlah tanpa alasan. NFC dapat mempermudah penggunanya untuk berkirim data seperti foto atau gambar hingga melakukan membayaran secara nirkabel melalui smartphone.

Nah, apa sebenarnya NFC tersebut, bagaimana cara kerja, dan apa fungsi dari NFC? Berikut ulasan mengenai NFC yang berhasi Liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (27/3/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal NFC

NFC merupakan singkatan dari Near-field communication. NFC merupakan protokol Komunikasi jarak-dekat yang menghubungkan dua alat elektronik saling terhubung. NFC dibangun berdasarkan sistem RFID atau Radio Frequency Identification.

Tak seperti Bluetooth yang memungkinkan penggunanya berkirim data hingga jarak 10 meter. NFC dibangun cukup sederhana hanya dapat digunakan dalam jarak tak lebih dari 10 cm.

NFC menggunakan antena yang lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama. Inti dari fungsi NFC adalah menghubungkan dua perangkat dengan jarak yang sangat dekat bahkan hingga menempelkannya satu sama lain.

NFC bukanlah barang baru di dunia teknologi saat ini. NFC pertama kali dipatenkan pada 1983 silam. Paten pertama ini dikaitkan dengan singkatan "RFID" oleh Charles Walton.

Saat ini sudah banyak smartphone yang mendukung fitur NFC. Dengan NFC kemampuan konektivitas nirkabel semakin mudah dan aman.

3 dari 5 halaman

Cara kerja NFC

NFC menyediakan media terbaik bagi identifikasi protokol yang memvalidasi secara aman dalam transfer data. NFC memungkinkan pengguna untuk mengakses konten digital dan terhubung dengan perangkat elektronik lainnya hanya dengan menyentuh atau mendekatkan perangkat dalam jarak dekat.

Karena tersusun secara sederhana NFC menawarkan kecepatan transfer data 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s. Untuk dua perangkat yang berkomunikasi menggunakan NFC, satu perangkat harus memiliki alat pembaca NFC, yang pada dasarnya adalah sirkuit terintegrasi yang berisi data, terhubung ke antena, dapat dibaca dan ditulis oleh pembaca.

Ada dua mode operasi yang dicakup oleh protokol “NFC”, yaitu aktif dan pasif. Dalam modus aktif, kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data. Sedangkan pada modus pasif, hanya satu perangkat menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data.

Perangkat yang telah menggunakan cip NFC, seperti smartphone, akan menghasilkan layanan interaktif yang lebih mudah dan nyaman digunakan bagi konsumennya.

NFC yang digunakan pada smartphone, dapat mengubah smartphone menjadi alat pembayaran transaksi keuangan seperti halnya kartu kredit. Selain merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi, keunggulan lain NFC adalah dapat mengurangi biaya produksi kertas seperti biaya tiketing atau bukti pembayaran.

Indonesia sendiri sudah mulai mengadopsi teknologi berbasis NFC ini untuk metode pembayaran nirkabel seperti di beberapa toko dan swalayan dan akan dikembangkan untuk pelayanan pembayaran tol dan transportasi lain.

4 dari 5 halaman

Fungsi NFC: Mentransfer data dan Pembayaran Cashless

Setelah mulai mengenal NFC dan mengetahui cara kerjanya, Anda pasti sudah mulai mengetahui apa saja fungsi dari NFC. Meski tak sepopuler Bluetooth atau WiFi, NFC menawarkan berbagai keunggulan dalam penggunanya.

Fungsi NFC yang paling utama adalah menghubungkan dua perangkat dalam jarak yang sangat dekat. Berikut fungsi NFC yang dapat dimanfaatkan :

Mentransfer data

Fungsi NFC yang pertama adalah untuk mentransfer data layaknya Bluetooth atau WiFi. Anda dapat melakukan transfer data berupa foto atau file lain tanpa harus melakukan proses pairing seperti Bluetooth.

Cukup tempelkan atau dekatkan kedua perangkat satu sama lain, maka data akan ditransfer dengan aman. Namun, karena tingkat kecepatan transfer yang hanya berkisar 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s, proses transfer dalam kapasitas besar akan memakan waktu yang cukup lama.

Pembayaran Nirkabel atau Cashless

Saat ini berbagai layanan dompet elektronik sudah menggunakan sistem NFC untuk melakukan aktivitas pembayaran. Tak perlu kartu atau membuka lama aplikasi dompet digital, Anda dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan aman.

Cukup tempelkan smartphone pada perangkat NFC yang tersedia maka NFC akan memberi rincian data untuk proses pembayaran dengan cepat. Fungsi NCF ini sudah makin dimanfaatkan dalam kegiatan transaksi yang aman dan nyaman.

5 dari 5 halaman

Fungsi NFC : NFC tag, smart card dna game online

Berkoneksi dengan NFC Tag

NFC tag adalah perangkat NFC pasif yang menghubungkan suatu fitur dengan perangkat yang ber NFC. Misalnya, jika Anda memiliki NFC tag yang terpasang dirumah, Anda bisa menempelkan smartphone ke NFC tag untuk mengubah smartphone ke mode silent secara otomatis tanpa harus membuka smartphone.

NFC tag berguna untuk membuka aplikasi secara otomatis, menandai dan memberi tahu suatu lokasi, membuka tautan tertentu, dan berbagi informasi lain.

Akses Smart card

NFC juga mampu membaca data berbagai macam smart card. Anda dapat mengecek dan mengisi saldo uang elektronik, bahkan mengecek identitas e-ktp.

Bermain Game Online

NFC dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan beberapa pemain dalam game online ke suatu room dengan cepat. Dengan syarat, game tersebut sudah mendukung fitur NFC.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini