Sukses

Kelebihan Berat Badan, Waspada Nyeri Lutut

Ketika sedang asyik berlari atau berjalan menaiki anak tangga, seringkali merasakan nyeri pada bagian lutut.

Ketika sedang asyik berlari atau berjalan menaiki anak tangga, seringkali merasakan nyeri pada bagian lutut. Nyeri lutut anterior bermula dari depan dan tengah lutut, dan ini merupakan sumber rasa sakit yang umum. Lantas, apakah penyebab dari nyeri lutut itu sendiri?

Ahli Bedah Ortopedi dari Mount Elizabeth Hospital, Dr Michael Soon, mengatakan bahwa kondisi umum dapat dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu tendonitis dan chondromalacia patela.

"Tendonitis itu peradangan tendon pada lutut, sedangkan chondromalacia patela merupakan pelunakan tulang rawan pada tempurung lutut," kata Michael dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (17/1/2014)

Seiring waktu, lanjut Michael, cedera tendon berlebihan berakibat lutut bergantung pada kekuatan yang tidak biasa, dan pelunakan tulang rawan terjadi ketika tulang rawan rusak dari beban yang tidak biasa.

Penyebab umum nyeri lutut anterior yang disebabkan karena cedera berlebihan, dapat meliputi kelainan kaki datar, malalignment dari lutut pada tulang paha (terutama pada wanita), ketegangan dari otot-otot sekitar sendi lutut, kelebihan berat badan dan kegiatan berlebihan yang menyebabkan terlalu banyaknya stres pada lutut, seperti saat sedang maraton.

Dilanjutkan Michael, kekuatan yang bekerja di sendi lutut untuk menopang badan kita, dapat beberapa kali lebih besar dari berat badan ketika sedang berlari atau menaiki tangga.

"Oleh karena itu, bukan suatu kebetulan jika tulang rawan yang menutupi tempurung lutut merupakan yang paling tebal dalam tubuh manusia," kata Michael melanjutkan

(Adt/Mel)

Baca juga:

Kenapa Wanita Jepang Ingin Suaminya Pipis Berlutut?
Coba Sendiri Pijat Kaki Agar Bayi Bisa Cepat Jalan
Ditemukan, Bagian Tubuh Manusia Baru di Lutut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini