Sukses

Tips Sederhana bagi Wanita yang Ingin Hamil

Selain mendatangi dokter dan meminum vitamin, tips sederhana ini bisa membantu wanita yang mempersiapkan kehamilan.

Selain mendatangi dokter dan meminum vitamin, tips sederhana ini bisa membantu Anda mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum menyambut kedatangan anggota baru di keluarga Anda seperti dikutip Magforwomen, Selasa (14/1/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Check-up

Sebelum hamil, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda cukup sehat untuk membawa kehidupan baru di dalam diri Anda.

Selama kunjungan prakehamilan, sejumlah tes dan pemeriksaan seperti papsmear, STD, dan tes skrining lainnya, tes darah, tes tiroid, serta tes AIDS bisa dilakukan bersama dengan pemeriksaan berat badan, payudara, serta perut.

Check up prenatal juga membantu Anda mengetahui riwayat kesehatan Anda serta menjauhi obat-obatan yang tak diperlukan lagi.
3 dari 6 halaman


2. Minum tablet asam folat

Minum pil asam folat menurunkan kemungkinan cacat lahir seperti spina bifida. Minum asam folat 400 mcg setiap harinya biasanya direkomendasikan dokter, setidaknya satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama Anda.

Akan lebih baik meminum asam folat sesuai saran dokter Anda. Vitamin A juga penting bagi tubuh sebelum kehamilan. Jadi, jika Anda minum multivitamin, pastikan Anda memeriksa label konten. Terlalu banyak minum Vitamin A juga bisa membahayakan Anda.
4 dari 6 halaman


3. Meninggalkan kebiasaan tidak sehat

Sekarang saat yang tepat menghentikan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkoho, dan mengonsumsi obat-obatan. Ini bisa menyebabkan keguguran, kelahiran pramatur, dan berat badan bayi rendah. Konsumsi alkohol juga mengakibatkan sejumlah masalah termasuk cacat lahir.

Jika Anda kesulitan menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, berbicaralah dengan dokter Anda untuk mendapat bantuan.
5 dari 6 halaman


4. Ikuti pola makan sehat

Ingat, ketika Anda hamil, bayi Anda juga mengambil nutrisi dari tubuh Anda. Jadi, persiapkan tubuh Anda dengan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kehamilan yang sehat. Dari buah-buahan organik hingga sayuran segar, makanan gandum, makanan berkalsium seperti susu dan yogurt, serta kacang-kacangan dan daging. Anda harus makan semua makanan bergizi bahkan sebelum hamil.
6 dari 6 halaman


5. Gerakkan tubuh Anda

Tubuh Anda harus sehat sebelum kehamilan. Jadi, cara terbaik adalah menjaga kebugaran. Lakukan olahraga ringan sekitar 30 menit, seperti jalan kaki atau bersepeda atau berenang.

Selain menjaga kebugaran, olahraga juga bisa membantu Anda menghilangkan stres yang bisa mengganggu Anda ketika bersiap-siap menjadi ibu.

(Mel/*)

Baca Juga:

7 Cara Mengobati Flu Ibu Hamil Tanpa Obat Kimia
Demi Otot Anak, Ibu Hamil Jangan Abaikan Vitamin D



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini