Sukses

Ilmuwan Inggris Ciptakan Teknik Terbaru Radioterapi Kanker

Ilmuwan di Inggris menciptakan alat radioterapi terbaru yang diklaim aman dan tidak mengganggu organ tubuh lainnya.

Bila sebelumnya diketahui bahwa radiologi bisa memberikan efek samping seperti kulit kemerahan, timbul gelembung, hingga ulkus, maupun efek lanjutan seperti pengerutan jaringan atau pendarahan yang disebabkan oleh bermacam faktor. Kini, ilmuwan di Inggris menciptakan alat radioterapi terbaru yang diklaim aman dan tidak mengganggu organ tubuh lainnya.

Seperti dikutip laman Mirror, Jumat (27/12/2013), para ilmuwan dari Institute of Cancer Research and Royal Marsden Hospital di London mengatakan bahwa secara umum prosedurnya sama hanya teknik yang diberikan cukup berbeda. Teknik ini disebut juga teknik revolusioner yang menggunakan sistem dynamic couch rotation volumetric modulated arc yang melibatkan pasien berputar dan dikendalikan sistem komputer.

"Teknik ini bisa memangkas risiko berbahaya bagi pasien dalam mengecilkan tumor atau mengobatinya. Dengan teknik ini, para dokter mengatakan, jumlah kanker payudara berkurang sebesar 53 persen dan tumor otak juga berkurang hingga 77 persen," jelas pemimpin studi Dr James Bedford.

James menambahkan, pengobatan dengan teknik ini hanya memakan waktu beberapa menit dan lebih nyaman bagi pasien.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.