Sukses

Berlebih Konsumsi Minuman Energi, Ini Akibatnya!

Sayangnya, bila minuman energi dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh minuman ini sangat membahayakan kesehatan.

Minuman energi saat ini sangat populer di kalangan anak muda, karena kebanyakan percaya bahwa minuman ini membantu tetap terbangun ketika harus begadang untuk belajar atau bekerja.

Sayangnya, bila minuman energi dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh minuman ini sangat membahayakan kesehatan. Karena itu, sebaiknya minumlah bila memang betul-betul membutuhkan.

Seperti ditulis pada laman Healthmeup, Selasa (17/12/2013) minuman berenergi bila dikonsumsi berlebihan dapat berdampak negatif, antara lain :

1. Insomnia

Minuman energi dapat memberikan energi ekstra sepanjang malam. Tapi pada akhirnya seseorang juga akan sulit tidur dan menderita insomnia.

2. Memengaruhi suasana hati

Studi menunjukkan bahwa sering konsumsi kafein dapat menurunkan kadar serotonin (hormon yang membuat seorang senang) dalam tubuh. Serotonin ini juga sering dikaitkan dengan depresi dan mood yang buruk.

3. Obesitas

Minuman berenergi mengandung setara 13 sendok gula. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh seseorang turun, pembusukan gigi dan menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Nyeri badan

Efek lainnya dari minuman energi adalah membuat stres organ Anda. Bila Anda pikir akan mendapat energi ekstra setelah minum minuman berenergi, mungkin tenaga Anda telah habis, sehingga otomastis akan memaksa semua organ tubuh juga akan bekerja ekstra.

(Fit/Abd)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini